More share buttons
Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha

bisril.info – Tak terasa, sebentar lagi umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha atau lebaran kurban. Tak ubahnya perayaan Idul Fitri, lebaran kurban pun banyak santapan makanan, terutama berbahan daging kambing/ sapi yang menggugah selera.

Olahan menu daging kambing atau sapi, seperti gulai, soto, rendang, tongseng memang membangkitkan selera makan. Sayangnya, jika kamu mengonsumsi terlalu banyak makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Berikut beberapa gangguan yang lazimnya muncul pasca lebaran Idul Adha, seperti:

Gangguan Kesehatan Pasca Idul Adha

Meningkatnya Kadar Kolesterol Jahat

Daging kambing/ sapi memang lebih afdol jika mengolah menggunakan santan, seperti gulai, tongseng atau rendang. Padahal, santan mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, dan dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Tahukah kamu? Santan mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi. Dalam segelas santan terkandung sebesar 57 gram lemak, di mana  yang 50 gram merupakan lemak jenuh.

Bisa kamu bayangkan, bukan? Seberapa banyak lemak jenuh yang akan menumpuk di dalam darah.

Akibatnya, kenaikan kadar kolesterol jahat pun tak dapat kamu hindari serta memicu gangguan kesehatan lainnya.

Hipertensi

Berkembang mitos di masyarakat bahwa  memakan daging kambing dapat meningkatkan tekanan darah /hipertensi. Benarkah demikian?

Faktanya, daging kambing ternyata mempunyai kandungan lemak dan kolesterol yang rendah ketimbang daging merah lainnya.

Bahkan, menyadur dari laman klikdokter.com, daging kambing mempunyai komposisi gizi yang tinggi. Lantas apa yang menyebabkan asumsi daging kambing penyebab hipertensi?

Ternyata, kesalahan dalam pengolahan daging kambing yang menjadi pemicu hipertensi> Seperti  terlalu banyak garam, minyak, atau bersantan.  Hidangan khas lebaran Idul Adha memang selalu identik dengan olahan daging kambing yang gurih dan bersantan.

Baca Juga  Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

Unsur NaCl di dalam garam merupakan elektrolit yang mengatur air dalam tubuh. Jika mengonsumsi makanan yang banyak mengandung natrium,  maka semakin banyak air yang mengendap di dalam darah. Inilah yang menjadi faktor penyebab tekanan darah naik.

Itulah alasannya kamu perlu membatasi mengonsumsi hidangan lebaran.

Asam Urat

Salah satu pantangan makanan bagi penderita asam urat adalah makanan dengan kandungan yang tinggi akan purin. Nah, perlu kamu ketahui bahwa daging kambing dan sapi mempunyai kandungan purin yang tinggi.

Oleh karena itu, kamu perlu waspada akan risiko asam urat saat lebaran Idul Adha nanti. Pastikan kamu tidak berlebihan saat mengonsumsi daging kambing, agar kadar asam urat tetap terkendali.

Gangguan Pencernaan dan Usus

Berlebihan saat mengonsumsi daging kambing / sapi ternyata juga menyebabkan gangguan pencernaan. Gejala awal bahwa kamu berlebihan mengonsumsi daging adalah pusing dan mual. Mengapa demikian?

Selain mengandung lemak jenuh yang tinggi, di dalam santan juga terdapat karbohidrat yang mengalami proses fermentasi. Oleh karena itulah, jika mengonsumsi santan berlebihan dapat mengalami gangguan pencernaan.

Di samping itu, mengonsumsi daging secara berlebihan juga mengakibatkan sembelit, karena kekurangan asupan serat.

Dehidrasi

Sebuah penelitian dari University Of Connecticut, menghasilkan sebuah temuan bahwa mengonsumsi terlalu banyak protein dapat membuat kerja ginjal semakin berat. Tak heran jika kamu akan lebih sering kencing.

Jika mengonsumsi banyak daging namun tidak mengimbangi dengan asupan air putih yang cukup, maka dapat menyebabkan dehidrasi.

Tips Sehat Saat Idul Adha

Merujuk pada bahaya gangguan kesehatan yang dapat muncul pasca Idul adha, maka kamu perlu melakukan langkah preventif.

  • Kamu bisa membatasi jumlah asupan daging yang masuk ke dalam tubuh, dengan menghitung kalori harian.
  • Usahakan tidak makan olahan daging kambing secara berlebihan.
  • Imbangi dengan mengonsumsi sayur dan buah
  • Ganti santan dengan bahan yang lebih sehat, seperti kemiri, susu cair, susu kedelai, dll.
  • Usahakan tetap olahraga ringan
  • Tidak menghangatkan olahan daging bersantan secara berulang kali
Baca Juga  Amankah Berhubungan Seks Saat Menstruasi? Ini Faktanya

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang rawan muncul pasca Idul Adha. jangan ragu untuk kunjungi dokter jika mengalami gejala yang mengarah pada gangguan kesehatan di atas.  Semoga pemaparan di atas dapat bermanfaat, ya!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x