More share buttons
Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

File Hilang Dari Memori HP? Intip 4 Cara Mudah Mengembalikannya Berikut

bisril.info – Kamu pasti kesal jika file foto atau video tiba-tiba hilang dari memori HP, kan? Apalagi foto atau video yang belum sempat Kamu publish di sosial media.

Pada dasarnya, ada beberapa kemungkinan mengapa file tersebut hilang tiba-tiba. Pertama, file tertutup oleh file lain. Kedua, memori card terserang virus. Kemungkinan ketiga adalah kamu tak sengaja menghapus file-file tersebut.

Jangan kuatir, artikel kali ini akan membagikan trik mudah mengembalikan file yang hilang dari memori HP.  Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, simak!

Cara Mengembalikan File Hilang Dari Memori HP

Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa untuk mengembalikan semua data yang hilang dari memori HP tidak dapat kamu lakukan secara manual. Kamu membutuhkan bantuan aplikasi lain berupa tools atau software yang khusus untuk mengembalikan data-data hilang.

Berikut sederet software yang dapat kamu gunakan, seperti :

DiskDigger

Untuk pengguna HP android silakan download aplikasi DiskDigger dari PlayStore. Aplikasi ini berfungsi untuk me-recovery semua file foto/ video yang telah terhapus, baik dari memory internal maupun eksternal.

Nah, jika kamu menggunakan versi PRO maka dapat mengembalikan data-data selain foto atau video. Menarik, bukan?

Cara kerjanya : kamu cukup menekan tombol “Start Basic Photo Scan” maka sistem akan otomatis melakukan scanning beberapa file yang terhapus. Setelah proses scan selesai, maka file foto yang telah terhapus dapat muncul kembali.

Kamu hanya perlu memilih foto-foto mana yang akan kamu recovery, lalu klik “Recover”. Menariknya, kamu dapat menyimpan file yang pulih kembali.

Rescan Media

Kunjungi PlayStore untuk mengunduh dan memasang aplikasi Rescan Media. Aplikasi ini akan meminta kamu untuk scanning beberapa file yang terdapat di memory card.

Baca Juga  Ingin Menaikkan Traffic Website? Coba 10 Cara Berikut Ini

Diamkan beberapa waktu sampai file yang telah hilang muncul kembali. Pilih dan simpan file yang kamu inginkan.

Recuva

Recuva merupakan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengembalikan file hilang dari memory card.

Ketimbang aplikasi lainnya, Recuva mempunyai beberapa kelebihan, yaitu dapat mengembalikan foto, video, dokumen atau file lainnya yang telah terhapus. Kamu hanya perlu menggunakan aplikasi ini dari PC.

Selanjutnya kamu bisa menghubungkan aplikasi ini dengan memory card. Kemudian, klik “Recover”. Tapi, untuk memulihkan semua data memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Tapi tenang, jika kamu ingin proses pengembalian data yang lebih cepat maka pilih file apa saja yang kamu inginkan.

Setelah proses pemulihan data-data selesai, Recuva akan menampilkan beberapa file yang telah terhapus. Cukup pilih file mana saja yang benar-benar kamu inginkan. Sesimpel itu, loh!

Menggunakan Explorer atau File Manager

Explorer/ File Manager merupakan sebuah aplikasi yang menampilkan file-file di memory eksternal secara terperinci.

Kemudian, kamu bisa membuka folder yang memuat gambar/ foto. Cari file yang berekstensi .nomedia.

Nah, jika kamu menemukan yang seperti itu, maka segera hapus file tersebut. Jika merasa sudah menghapus semua file .nomedia, coba hidupkan kembali HP kamu. Maka semua foto yang tadinya hilang akan muncul kembali.

Kok File Tetap Tidak Kembali, Mengapa?

Setelah mencoba beberapa cara di atas, namun file tetap tidak dapat kamu kembalikan. Mengapa demikian?  penyebabnya adalah File sudah lama hilang, namun kamu tak menyadarinya, dan telah tertimpa oleh yang baru.

Lain cerita jika file tersebut masih baru beberapa saat terhapus/hilang. Kemungkinan untuk mengembalikan file tersebut masih besar.

Tips Agar File Tidak Mudah Hilang Dari Memory HP

Nah, untuk mengantisipasi file tidak dapat ter-recovery seperti harapan, maka lakukan back up data secara rutin agar file tetap aman terjaga. Silakan back up data dan simpan di Google Drive.

Baca Juga  7 Cara Mengatasi Baterai HP Boros

Seperti yang kamu ketahui, Google Drive merupakan sebuah aplikasi besutan Google yang mampu menampung file secara online. Sehingga, kamu tetap dapat mengaksesnya sekalipun dari memory card sudah hilang/ terhapus.

 

Begitulah 4 cara mengembalikan file yang hilang dari memory HP. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x