More share buttons
Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Cara Mudah Flashing Atau Reset Hp Ke Pabrikan

Salah satu cara untuk memperbaiki smartphone yang ngehang atau lemot adalah dengan melakukan factory reset atau flashing. Oleh karena itulah, kamu perlu mengetahui cara mudah flashing atau reset ke pabrikan.

Bagaimana tutorialnya? Cek selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Cara Flashing Atau Reset ke Pabrikan Langsung Menggunakan HP

Sebelum melakukan reset atau flashing, pastikan semua data telah ter-back up. Selain itu pastikan pula bahwa kondisi baterai penuh, serta tombol power dan volume atas berfungsi dengan baik.

Apabila merek HP kamu adalah Samsung, Xiaomi, Vivo dan Asus, maka langkah pertamanya adalah menekan bersamaan tombol power+volume atas. Lalu tahan beberapa saat.

Sementara, untuk HP bermerek OPPO maka tekan tombol power dan volume bawah, kemudian tahan.

Ketika HP berhasil masuk mode recovery, maka fungsi touchscreen tak lagi dapat kamu operasikan.  Untuk memilih menu kamu bisa menggunakan tombol volume atas/ bawah dan power sebagai ganti tombol enter/ OK.

Selanjutnya ikuti instruksi di bawah ini:

  • Pilih menu Wipe Data/ factory reset

Menu wipe data berfungsi untuk menghapus serta mengembalikan kondisi HP seperti sedia kala/ bawaan pabrik.

  • Konfirmasi

Kamu perlu mengkonfirmasi ulang, untuk melanjutkan proses flashing.

  • Menunggu Proses Reset

Tunggulah prosesnya sampai selesai, biasanya sekitar 15 menit. Namun lamanya proses berbeda, tergantung merek HP masing-masing.

  • Restart HP

Cara selanjutnya adalah melakukan restart HP. pilih menu “reboot system”.

Dengan menyelesaikan langkah-langkah di atas, maka HP kamu akan kembali pada kondisi bawaan pabrik.

Cara Flashing Atau Reset HP ke Pabrikan Melalui PC

Berikut panduan melakukan flashing atau reset HP dari PC yang mudah kamu praktekkan. Namun sebelumnya, kamu perlu aplikasi tambahan misalnya aplikasi ODIN, Firmware/ ROM yangs sesuai dengan tipe HP dan aplikasi android USB Driver.

  • Unduh dan pasang aplikasi tambahan tersebut
Baca Juga  HP Sering Mati Sendiri? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya Berikut

Silakan unduh dan pasang aplikasi tersebut pada PC kamu. Tapi sebelumnya, pastikan baterai HP terisi minimal 60%. Guna mencegah HP kehabisan di tengah proses flashing berlangsung. Dan pastikan pula, kuota data atau koneksi WIFI lancar.

  • Matikan HP

Berikutnya, tekan tombol power untuk beberapa detik. Dan pastikan kondisi HP benar-benar mati.

  • Masuk Downloading ROM

Kemudian, tekan tombol power+home+volume down secara bersamaan.  Tunggu hingga masuk download mode. Lepaskan tombol yang kamu tekan sebelumnya,

  • Buka Aplikasi ODIN

Lalu, silakan buka aplikasi ODIN yang telah kamu pasang tadi. Sambungkan HP ke komputer menggunakan USB. Lazimnya, aplikasi ODIN akan mendeteksi secara otomatis.

  • Konfigurasi Aplikasi ODIN

Klik pada bagian PDA, cari dan pilih file ROM/ firmware. Format biasanya adalah md5, namun jika masih berbentuk archive maka kamu harus mengekstraknya terlebih dahulu.

Tunggulah beberapa saat hingga seluruh file masuk ke dalam aplikasi ODIN. Silakan klik “Start” dan mulailah proses flashing HP kamu.  Apabila muncul tanda berwarna hijau di pojok kiri atas, maka segera cabut kabel USB.

  • Masuk Recovery Mode

Selanjutnya tekan tombol power+home+volume up beberapa detik. Apabila merasakan getaran dari HP, segera lepas tombol power dan tahan home+volume up hingga masuk ke menu recovery mode.

Gunakan tombol home untuk OK dan volume up/ down untuk memilih menu. Kemudian, pilih wipe data/factory reset. Klik reboot system, dan tunggulah beberapa saat hingga proses selesai. Kemudian restart HP.

 

Itulah dua opsi yang dapat kamu gunakan untuk flashing atau reset HP ke pabrikan. Jika cara kedua sedikit rumit, maka coba cara pertama saja yang langsung dari HP. Selamat mencoba.

 

Baca Juga  Lupa Pola Kunci Layar HP? Begini 5 Cara Membukanya
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Bisril Hafiz
Bisril Hafiz
4 months ago

Good

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x