More share buttons
Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

HP ngeHang atau Lemot? Begini Cara Memperbaikinya

bisril.info – Sebagai generasi Z kita memang harus melek teknologi, minimal bisa mengoperasikan HP. Ya, seperti yang banyak orang ketahui, saat ini HP sudah menjadi salah satu barang kebutuhan primer.

Rasanya ada yang kurang jika tidak memainkan HP, entah untuk bersosial media, mengobrol dengan orang lain atau belanja online. Namun adakalanya HP tiba-tiba ngehang atau lemot, dan kondisi ini pasti membuat kesal, bukan?

Nah, artikel kali ini akan memberikan tips atau cara memperbaiki HP yang ngehang atau lemot. Seperti apa ulasannya? Yuk, simak!

Alasan Hp Tiba-tiba Ngehang Atau Lemot

Berikut beberapa kemungkinan penyebab HP ngehang atau lemot, yaitu :

Overload RAM

Alasan pertama yang menjadi penyebab HP ngehang adalah RAM ( Random Access Memory) penuh/ overload. RAM merupakan ruang penyimpanan utama. Oleh karena itu, jika kamu banyak memasang aplikasi maka kinerja SoC akan semakin berat.

Memori Internal Penuh

Alasan kedua, karena memori internal (ROM) penuh. Perlu kamu ketahui, RAM dan ROM dua hal yang berbeda. ROM merupakan ruang penyimpanan data-data internal yang tidak dapat kamu ubah/ hapus.

Sederhananya, ROM merupakan tempat penyimpanan aplikasi bawaan HP saat pertama kali kamu beli. Oleh karena itulah, terkadang HP membutuhkan tambahan memory card untuk menyimpan data-data seperti foto atau video agar ROM tidak penuh.

Terlalu Banyak Virus

Alasan ketiga adalah terlalu banyak virus yang tanpa kamu sadari masuk ke HP saat mengunduh aplikasi baru atau mengakses link.

Virus-virus inilah yang menyebabkan performa HP menurun, sehingga menyebabkan ngehang atau lemot.

Terlalu Banyak File Cache

Tahukah kamu? File cache ternyata terus bertambah setiap kali kamu menjalankan aplikasi di HP. Ketika file cache ini terus menumpuk di memori internal, maka HP dapat ngehang atau lemot kinerjanya.

Baca Juga  Jangan panik, Ini Dia 8 Cara Efektif Mengatasi HP Kemasukan Air

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Memperbaiki HP Ngehang atau Lemot

Menghapus Sebagian Aplikasi

Apakah kamu sering memasang aplikasi yang sedang viral, kemudian tidak lagi membukanya dalam waktu yang cukup lama? Jika iya, maka mulailah untuk menghapus aplikasi yang jarang kamu buka atau jalankan.

Sebab, aplikasi-aplikasi tersebut akan memakan memori. Sebaiknya kamu pasang aplikasi sesuai kebutuhanmu. Pilih dan hapus aplikasi yang tidak lagi kamu buka.

Tidak Membuka Banyak Aplikasi Sekaligus

Kebiasaan buruk banyak pengguna HP adalah tidak menutup aplikasi dan hanya meminimalisir saja. Padahal kebiasaan menjalankan banyak aplikasi dapat membuat HP ngehang atau lemot.

Jadi,matikan atau tutup aplikasi yang telah tidak terpakai.

Hapus Cache Memori Internal Secara Berkala

Kamu bisa mulai membiasakan diri untuk memeriksa cache pada setiap aplikasi dan mengosongkannya secara berkala.

Silakan klik pada pengaturan HP, kemudian cari menu manajemen aplikasi dan pilih masing-masing aplikasi. Kemudian hapus atau kosongkan cache.  Cara ini dapat memperingan kinerja HP.

Perbarui Sistem Android Secara Berkala

Bagi pengguna HP android, jangan lupa untuk memperbarui sistem secara berkala. Sebab sistem pengoperrasian pada suatu HP tidak sempurna, tidak heran jika sering mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembaharuan.

Meski memakan waktu lama, namun jangan abaikan notifikasi tersebut. Kamu bisa mengatur waktu pembaharuan saat tengah malam, sehingga keesokan harinya kondisi HP sudah ter-update.

Lakukan Factory Reset

Cara terakhir untuk memperbaiki HP ngehang atau lemot adalah mengembalikan pengaturan sesuai bawaan pabrik atau Factory Reset. Langkah Ini merupakan jalan terakhir apabila HP masih saja ngehang setelah mencoba berbagai cara di atas.

Namun sebelum melakukan factory reset, pastikan kamu sudah mem-back up seluruh data-data penting dan memindahkan ke memori eksternal atau media lainnya.

Baca Juga  HP Sering Mati Sendiri? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya Berikut

Sebab, setelah kamu mengembalikan ke pengaturan pabrik, semua data yang tersimpan di memori internal akan hilang. Hanya akan menyisakan aplikasi bawaan pabrik saja.

Demikianlah paparan tentang cara memperbaiki HP ngehang atau lemot yang mudah kamu lakukan. Selamat mencoba

 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x