More share buttons
Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Bagaimana Cara Memperbaiki Touchscreen HP? Cek Jawabannya Di Sini

Mempunyai perangkat smartphone yang full layar sentuh ternyata membutuhkan kehati-hatian extra dalam penggunaanya. Sebab,  ada beberapa alasan touchscreen HP menjadi nge-lag atau bermasalah. Salah satu penyebabnya adalah HP sering terbentur atau terjatuh.

Tentu saja, touchscreen yang eror atau tidak responsif membuat panik. Namun, sebelum membawa ke service center, cobalah beberapa cara mengatasi touchscreen rusak  di bawah ini.

Memeriksa Penggunaan RAM

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika touchscreen tiba-tiba tidak merespon atau eror adalah memeriksa penggunaan RAM HP kamu. Pasalnya, penggunaan RAM yang terlampui tinggi dapat menjadi salah satu sebab touchscreen nge-lag.
Please leave a feedback on thisx

Caranya:

  • Buka menu “Setting” pada HP kamu
  • Kemudian pilih “ Developer Options”.
  • Selanjutnya scroll ke bawah dan pilih “Running Service”. Dari menu ini, kamu dapat mengetahui resource RAM pada semua aplikasi yang sedang berjalan.

Nah, perlu kamu ketahui, bahwa ada sebagian merek HP yang menu Developer Options-nya tersembunyi. Jika HP kamu demikian, maka kamu harus mengaktifkan  Developer Options terlebih dahulu. Caranya:

  • Carilah menu “About Phone” pada bagian pengaturan HP.
  • Silakan pilih “Build Number” dan klik sebanyak 7 kali.
  • Selanjutnya, kembalilah ke menu setting, maka akan muncul “Developer Options”.

Mengaktifkan GPU 2D Rendering

Langkah kedua untuk mengatasi touchscreen error adalah mengaktifkan GPU 2D Rendering. Cara ini dapat kamu coba ketika penyebab touchscreen nge-lag karena transisi HP yang buruk.

Untuk mengaktifkan GPU 2D Rendering, kamu juga perlu masuk ke menu “Developer Option”, kemudian pilih “Force GPU Rendering”.

Please leave a feedback on thisx
Baca Juga  HP Sering Mati Sendiri? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya Berikut

Melakukan Kalibrasi Layar

Kali ini untuk mengatasi masalah touchscreen yang bermasalah adalah dengan mengkalibrasi layar sentuh. Namun, cara ini membutuhkan bantuan aplikasi kalibrasi. Kamu bisa mengunduh dari PlayStore.

Setelah aplikasi kalibrasi terpasang, silakan pilih opsi “Calibrate”. Lakukan uji coba dengan menyentuh beberapa bagian pada layar.

Aplikasi kalibrasi akan menampilkan tingkat akurasi setiap sentuhan. Apabila proses selesai maka akan muncul “Calibration Successfully”, lanjutkan dengan klik “OK”, dan “Restart” Hp kamu.

1
Please leave a feedback on thisx

Melepaskan SIM Card

Cara lain untuk mengatasi touchscreen yang tidak responsif adalah dengan melepaskan SIM Card.

Matikan HP kamu, dan keluarkan SIM Card maupun Memory Card (jika ada). Kemudian nyalakan kembali HP dan cek apakah layar telah berfungsi dengan normal kembali atau belum.

Apabila layar telah berfungsi secara normal, maka kamu bisa memasukkan kembali SIM Card.

Please leave a feedback on thisx

Melepas Pelindung Layar

Saat ini, ada banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk melindungi layar dari benturan, misalnya menggunakan screen guard / pelindung layar. Namun, panel plastik/ kaca yang menjadi bahan utama pada screen guard dapat menghambat sinyal sentuhan.

Nah, cobalah untuk melepas pelindung layar tersebut atau menggantinya dengan yang baru.

Menggunakan Aplikasi “Multitouch Tester”

Aplikasi lain yang cukup membantu untuk mengatasi permasalah pada touchscreen adalah “Mulititouch Tester”.

Caranya:

  • Download aplikasi Multitouch Tester dari Play Store
  • Ikuti semua perintah dari aplikasi tersebut.
Please leave a feedback on thisx

Lakukan Factory Reset

Cara terakhir untuk mengatasi touchscreen yang bermasalah adalah dengan melakukan factory reset. Langkah ini dapat menghilangkan beberapa data, oleh karena itu sebelum mencoba sebaiknya lakukan back up terlebih dahulu.

Baca Juga  Jangan panik, Ini Dia 8 Cara Efektif Mengatasi HP Kemasukan Air

Sebagai catatan, lakukanlah reset factory dapat kamu lakukan ketika kamu telah mencoba cara-cara yang lain, ya!

Demikianlah cara-cara memperbaiki touchscreen yang rusak. Karena banyak faktor yang dapat menyebabkan layar sentuh tak berfungsi optimal, maka pilih cara-cara di atas sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba!

 

 

 

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Bisril Channel
Bisril Channel
4 months ago

Good

Bisril Channel
Bisril Channel
4 months ago
Kali ini untuk mengatasi masalah touchscreen yang bermasalah adalah dengan mengkalibrasi layar sentuh. Namun, cara ini membutuhkan bantuan aplikasi kalibrasi.…" Read more »

Bisa ni

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x