More share buttons
Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Catat, 5 Tanda Pasien Isoman Harus Segera Dibawa Ke Rumah Sakit

bisril.info – Setelah kabar virus corona varian Delta masuk ke Indonesia, memang kasus terkonfirmasi covid-19 melonjak drastis. Hingga pemerintah pun mengambil kebijakan untuk melakukan PPKM darurat level 4.

Selain itu, lonjakan kasus ini juga menyebabkan rumah sakit penuh. Sehingga tidak sedikit penderita covid-19 yang bergejala ringan memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Meskipun melakukan isolasi mandiri di rumah, pasien covid tetap harus terus memantau kondisi kesehatannya. Dan segera mendatangi rumah sakit jika tak kunjung membaik. Kapan pasien isoman perlu pergi ke rumah sakit?

Nah, artikel kali ini akan menjelaskan tanda-tanda pasien covid-19 harus segera ke rumah sakit. Cek ulasan lengkapnya berikut!

Tanda Pasien Covid-19 Harus Segera Ke Rumah Sakit

Bagi kamu yang sedang menjalani isolasi mandiri, coba perhatikan beberapa tanda bahaya berikut ini:

Mulai Muncul Gangguan Sesak Napas

Apakah kamu merasakan napas dengan frekuensi lebih dari 24 kali/menit atau kesulitan napas, meski hanya berjalan di dalam rumah?

Jika demikian, maka segera larikan ke rumah sakit untuk mengurangi pemburukan. Sebab, tanda tersebut menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami gejala awal sesak napas.

Saturasi Oksigen Kurang Dari 93

Bagi pasien positif covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah memang harus rajin mengecek kadar saturasi oksigen dalam tubuh.

Biasanya kondisi kekurangan oksigen juga dapat terlihat dari kaki tangan yang mulai terasa dingin, detak jantuk berdegup lebih cepat dan sesak napas.

Baik pasien berusia dewasa atau anak-anak, jika saturasi oksigen berada di bawah 93 maka segera bawa ke rumah sakit/ klinik kesehatan terdekat. Agar mendapatkan bantuan oksigen tambahan.

Merasakan Nyeri Di Bagian Dada

Pasien  covid-19 juga dapat mengalami rasa nyeri di bagian bawah tulang dada, karena  berbagai hal. Salah satu penyebabnya adalah karena batuk yang terlalu keras sehingga membuat otot-otot tertarik.

Baca Juga  Apa Itu Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)?

Nyeri dada juga dapat menjadi gejala dari pneumonia. Sehingga jika pasien isolasi mandiri merasakan hal ini, segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demam Tinggi Selama Tiga Hari Berturut-turut

Jangan ragu membawa pasien isolasi mandiri yang mengalami demam tinggi lebih dari 38 derajat selama tiga hari ke RS.

Mengalami Diare Akut

Salah satu tanda virus covid-19 mulai menyerang adalah penderita juga mengalami diare. Apabila diare mulai bertambah parah sebaiknya segera ke RS agar mendapatkan perawatan untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan cairan.

Hilang Kesadaran

Tanda lain yang perlu kamu waspadai adalah mulai hilang kesadaran. Hal ini dapat terjadi karena pasien yang melakukan isolasi mandiri kekurangan nutrisi.

Maka segera kunjungi fasilitas kesehatan yang berada terdekat dari rumah tinggal kamu.

Wajah dan Bibir Kebiruan

Kondisi wajah dan bibir yang membiru merupakan gejala hipoksia atau kekurangan oksigen. Jadi, apabila terlihat perubahan warna kebiruan pada area wajah, sebaiknya segera mendatangi rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan yang lebih terkontrol.

Batuk Tak Kunjung Sembuh

Tanda lain yang perlu kamu waspadai ketika melakukan isolasi mandiri di rumah adalah batuk yang tak kunjung sembuh, atau justru semakin parah. Segeralah mencari pertolongan medis terdekat.

Ingat! Selalu Konsultasi Dengan Dokter Selama Isolasi Mandiri

Melakukan isolasi mandiri terkadang memang menjadi pilihan bagi pasien positif covid-19 yang tidak menunjukkan gejala berat. Namun tetap perlu menghubungi dokter secara rutin untuk sekadar melaporkan kondisi kesehatan terkini, agar tetap terpantau.

Jangan lupa, tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, mencukupi kebutuhan air putih serta ikuti semua anjuran dokter.

Semoga info tentang tanda-tanda pasien isolasi harus segera ke rumah sakit di atas dapat bermanfaat. Salam selalu sehat, ya!

Baca Juga  Inilah 5 Jenis Masker Terbaik Untuk Mencegah Terpapar Virus COVID-19

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x