More share buttons
Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

HP Sering Mati Sendiri? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya Berikut

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada HP android adalah tiba-tiba mati sendiri atau menghidupkan ulang (restart). Tentu saja, pengguna yang awam dengan HP akan panik jika berhadapan dengan kondisi ini.

Tenang saja, artikel kali ini akan mengupas tuntas cara mengatasi HP yang tiba-tiba mati sendiri. Yuk, simak!

Penyebab HP Suka Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab HP tiba-tiba mati sendiri. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab HP suka mati sendiri dan cara mengatasinya.

Kebanyakan File Sampah

Tahukah kamu? Bahwa setiap aplikasi yang terpasang di HP akan memproduksi sampah/cache setiap kali kamu jalankan. File sampah/cache tujuannya mempermudah pengguna saat mengakses suatu aplikasi. Jadi, kamu tak perlu repot log in setiap kali ingin menggunakan aplikasi.

Namun file cache yang terus menumpuk dapat menyebabkan masalah pada HP, seperti mati sendiri atau lainnya. Salah satu indikasi jika HP kebanyakan file cache yaitu HP mulai lemot dan mudah ngelag.

Itulah alasannya, mengapa kamu perlu membersihkan file cache secara berkala. Caranya pun cukup mudah, yaitu:

  • Buka pengaturan, pilih aplikasi manager
  • Kemudian pilih/ buka aplikasi yang sering kamu gunakan. Lalu klik clear cache.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk menghapus cache, seperti CCleaner, Clean Master atau lainnya.

Baterai Drop

Terkadang kondisi baterai yang ngedrop juga dapat menjadi penyebab dari HP mati sendiri. Permasalahan baterai drop biasanya terjadi pada HP yang sudah berusia lama.

Tanda baterai ngedrop adalah prosentasenya yang cepat turun sekalipun telah terisi penuh. Apabila hal ini yang kamu alami, maka cukup lakukan kalibrasi HP. Caranya :

  1. Isi kembali daya HP hingga 100% dalam kondisi menyala. Kemudian matikan HP.
  2. Charge kembali HP dalam kondisi mati  kurang lebih 1-2 jam. Selanjutnya nyalakan HP kembali dalam kondisi charger masih terpasang.
  3. Selanjutnya nyalakan HP dan lepaskan dari chargernya. Akan terlihat kondisi baterai telah benar-benar penuh.
  4. Gunakan HP hingga baterai habis atau mati total. Kemudian diamkan selama 15 menit.
  5. Setelah itu, isi baterai kembali dalam kondisi HP mati. Tunggulah hingga prosentase 100%
  6. Nyalakan HP tanpa mencabut charger. Dan HP siap kamu gunakan seperti biasanya.
Baca Juga  Ingin Menaikkan Traffic Website? Coba 10 Cara Berikut Ini

Dengan cara ini, kamu bisa memperbaiki chip pada baterai yang eror.

HP Overheat

Pernahkah kamu merasakan HP yang panas saat sedang memainkannya? Jika pernah, artinya HP kamu sedang berada dalam kondisi overheat.

Overheat merupakan penanda bahwa HP telah bekerja cukup keras. Perlu kamu ketahui, suhu normal HP saat menjalankan program/ aplikasi adalah 40 derajat. Apabila lebih dari itu, kemungkinan besar HP dapat mati dengan tiba-tiba secara otomatis.

Jika kamu mengabaikan peringatan overheat dan tetap menjalankan HP, maka ponsel rawan korsleting/terbakar.  Oleh karena itu, perhatikan tips berikut ini untuk mengatasi HP yang overheat.

  • Gunakan mode hemat agar ponsel tidak terlalu keras bekerja. HP keluaran baru mempunyai fitur mode hemat. Dan lazimnya kecerahan cahaya juga menurun, bahkan baterai pun menjadi lebih hemat pemakaian.
  • Matikan WIFI, GPS atau bluetooth karena ketiga fitur tersebut membuat kinerja ponsel menjadi lebih berat.
  • Pilih cover case dengan bahan yang tepat, mempunyai sirkulasi yang baik dan mampu mengeluarkan panas.
  • Hindari bermain HP saat sedang mengisi daya
  • Hapus aplikasi yang memakan memori RAM

Chipset dan Memori RAM Penuh

Penyebab lain HP mati sendiri adalah memori RAM yang terlalu penuh dan penggunaan chipset/CPU yang tinggi. Ketika CPU kamu gunakan dalam jangka waktu panjang dan tinggi (bermain games) biasanya ponsel akan mati otomatis.

Jika kondisi ini kamu abaikan maka dapat  mengakibatkan komponen di dalam HP menjadi rusak.

Oleh karena itu, kamu harus menghindari pemakaian HP dengan durasi terlalu lama. Selain itu juga,  batasi jumlah aplikasi yang kamu jalankan dalam satu waktu. Jika memungkinkan, hapus aplikasi-aplikasi yang jarang kamu gunakan.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab yang terjadi jika HP mati sendiri, semoga tips tentang cara-cara mengatasinya dapat bermanfaat dan membantu. Selamat mencoba!

Baca Juga  8 Cara Memaksimalkan SEO Paling Efektif

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x