More share buttons
Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

7 Cara Mengatasi Baterai HP Boros

bisril.info – Sebagai perangkat multifungsi, HP memang menjadi barang yang wajib kamu miliki saat ini. Selain untuk berkomunikasi, keberadaan HP juga sebagai sarana melepas penat dari segala rutinitas harian.

Saking pentingnya dalam kehidupan sehari-hari, seolah ada yang kurang jika tidak memegang HP dalam sekejap saja. Namun, penggunaan HP dalam jangka panjang juga dapat menimbulkan beberapa permasalahan. Salah satunya adalah baterai HP boros dan tidak awet.

Kamu tentu menerka-nerka apa yang menjadi penyebab baterai cepat habis/ boros padahal sudah berkapasitas besar, bukan?

Apa Sih Penyebab Baterai Boros?

Berikut beberapa penyebab kenapa baterai cepat boros, antara lain:

Sinyal Yang Buruk

Penyebab pertama adalah sinyal yang buruk. Sinyal yang kurang bagus akan membuat kerja ponsel kamu semakin berat. Di mana HP akan mencari pemancar sinyal yang terdekat dengan keras.

Selain membuat baterai cepat habis, menyalakan data di lokasi yang susah sinyal juga dapat memicu HP mengalami overheat.

Izin Akses Lokasi Pada Suatu Aplikasi

Tanpa kamu sadari, beberapa aplikasi yang meminta izin pengaktifan lokasi dapat membuat baterai boros. Pasalnya HP akan bekerja keras untuk terus berusaha memancarkan sinyal lokasi.

Fitur Sinkronisasi Menyala

Fitur sinkronisasi di setiap HP memang penting guna melakukan back up data secara otomatis ke Google Drive atau Cloud. Namun fitur ini ternyata membuat baterai boros.

Terlalu Banyak Notifikasi

Tidak menampik, notifikasi dari aplikasi yang kamu unduh seringkali membuat kesal, bukan? Faktanya, notifikasi yang menumpuk tidak hanya membuat kesal, tetapi juga dapat menyebabkan baterai boros.

Lantas bagaimana cara mengatasi permasalah baterai HP yang boros?

Cara Mengatasi Baterai HP Boros Tanpa Aplikasi Tambahan

Kamu bisa memperhatikan beberapa cara atau tips di bawah ini untuk menghemat penggunaan baterai. Terlebih ketika listrik padam atau tidak ada waktu untuk mengisi ulang daya HP,

Baca Juga  Lupa Pola Kunci Layar HP? Begini 5 Cara Membukanya

Mematikan Fitur-Fitur Yang Kurang Penting

Fitur GPS, Bluetooth di HP memang penting, namun kamu hanya sesekali saja menggunakannya. Nah, jika tidak mendesak dan ingin menghemat baterai, sebaiknya matikan fitur-fitur tersebut dan nyalakan kembali ketika membutuhkan.

Mengaktifkan Fitur Power Saving Mode

Bagi kamu yang mempunyai HP keluaran baru, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur power saving mode, kan? Nah, fitur ini akan membatasi konsumsi daya dengan mengatur kecerahan layar, koneksi internet hingga lokasi.

Nah kamu dapat menghemat penggunaan baterai dengan cara ini.

Menggunakan Dark Mode

Dark Mode mudah kamu temui pada HP keluaran baru, yang membuat tampilan layar menjadi lebih gelap.  Meski tampilan layar menjadi lebih gelap, dengan latar hitam tapi ternyata Dark Mode dapat menghemat penggunaan baterai, loh.

Untuk menemukan fitur ini, coba buka pengaturan dan pilihlah menu tampilan.

Tidak Menggunakan Widget dan Live Wallpaper

Cara mengatasi baterai HP yang boros berikutnya adalah mematikan fitur live wallpaper atau widget bergerak. Meski tampilan HP menjadi menarik dengan fitur ini, namun imbasnya baterai boros.

Jadi, matikan saja fitur live wallpaper untuk HP kamu.

Pilih Aplikasi Versi Lite

Cara lain untuk mengatasi baterai HP yang boros yaitu dengan mengunduh dan memasang aplikasi versi lite.  Tidak ubahnya aplikasi utama, aplikasi versi lite juga mempunyai fitur-fitur dasar yang sama.

Kelebihan aplikasi versi lite adalah dapat menghemat penggunaan baterai dan juga tidak memakan banyak data. Selain itu, tampilannya juga lebih simpel ketimbang aplikasi utama.

Menonaktifkan Lokasi

Ada sebagian aplikasi yang membutuhkan akses lokasi, seperti aplikasi ojek online, google maps dll. Agar baterai HP lebih hemat, cobalah untuk mengatur izin akses lokasi ketika menjalankan aplikasi saja.

Baca Juga  Tutorial Mudah Mendaftar Google AdSense

Clear Cache

Google Play juga turut andil dalam menghabiskan baterai, namun keberadaannya cukup penting di perangkat HP. Sehingga kamu tidak dapat menghapusnya begitu saja.

Jika ingin menghemat penggunaan baterai, coba masuk ke menu dan setting aplikasi. Kemudian pilih aplikasi yang jarang kamu gunakan. Klik clear cache guna menghemat daya.

Perlukah Menginstall Aplikasi Penghemat Baterai?

Pada dasarnya kamu tidak perlu mengunduh atau memasang aplikasi penghemat baterai. Mengapa? Alih-alih menghemat daya, aplikasi ini justru dapat memperberat kerja HP. Tentu tidak efektif bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Cobalah cara-cara di atas untuk mengatasi permasalahan baterai HP yang boros, ya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x