More share buttons
Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Lupa Pola Kunci Layar HP? Begini 5 Cara Membukanya

bisril.info – Ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk melindungi HP dan menjaga kerahasiaan data atau sekadar privasimu. Kamu bisa menggunakan penguncian dengan pola, kombinasi angka bahkan sidik jari.

Namun ada kalanya kamu lupa pola atau kata sandi pengunci layar HP karena satu dan lain hal. Jangan panik, berikut beberapa tips atau cara yang dapat kamu coba untuk membuka pola kunci layar HP yang lupa.

Cara Membuka Pola Kunci Layar Yang Lupa

Pertama, Menggunakan Fitur Forgotten Password/ Fitur Lupa Pola

Cara pertama untuk membuka pola kunci layar HP adalah dengan bantuan fitur forgotten password. Fitur ini akan muncul secara otomatis jika kamu berulang kali mencoba pola yang salah.

Kamu hanya perlu memasukkan akun Gmail beserta sandinya. Kemudian akan muncul jendela baru untuk mengatur pola kunci layar yang baru.

Kedua, Menggunakan Android Device Manager (Find My Device)

Cara kedua untuk membuka pola kunci layar HP adalah dengan menggunakan android device manager/ Find My Device.

Jika mencoba cara ini, maka kamu membutuhkan laptop dan koneksi internet. Silakan buka situs Android Device Manager/ Find My Device. Kemudian masukkan akun gmail yang tersinkron dengan HP.

Setelah berhasil masuk, pilih menu “secure device” untuk mengubah kata sandi di dalam ponsel.

Ketiga, Menggunakan Fitur Smart Lock

Salah satu fitur canggih yang terdapat di android 5.0 ke atas adalah smart lock. Smart lock berguna untuk memudahkan penggunanya membuka kunci ponsel secara otomatis.

Dengan fitur smart lock, kamu dapat tetap membuka kunci jika ponsel berada di saku atau sekitar rumah kamu.  Di fitur ini, kamu bisa mengatur tempat terpercaya, perangkat terpercaya dan pengenalan wajah atau deteksi tubuh.

Baca Juga  File Hilang Dari Memori HP? Intip 4 Cara Mudah Mengembalikannya Berikut

Jika ponsel mendeteksi kamu berada di lokasi terpercaya, maka kunci layar akan terbuka otomatis. Namun kondisi lock screen akan kembali terkunci setelah 4 jam tidak tersentuh.

Keempat, Reboot Safe Mode Android

Cara lain untuk membuka kunci layar karena lupa pola dan kata sandi, yaitu gunakan safe mode. Safe mode merupakan salah satu fitur dasar android. Caranya :

  1. Tekan dan tahan tombol power secara bersamaan selama beberapa detik, tunggulah sampai muncul opsi “power off” atau “restart
  2. Pilih dan tahan menu “power off” hingga muncul notifikasi masuk ke Reboot to Safe Mode. kemudian ketik “OK”
  3. Ponselmu akan restart otomatis dan masuk ke safe mode. Dengan demikian, kamu dapat melakukan unlock pengunci layar
  4. Berikutnya, masuk kembali dengan melakukan restart. Maka layar pun tidak terkunci lagi.

Kelima, Menggunakan Android Debug Bridge

Android DEbug Bridge (ADB) merupakan sebuah alat line yang memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan perangkat android. Sebelum menggunakan cara ini, sebaiknya unduh aplikasi ADB di PC/ laptop serta mengaktifkan menu USB Debugging.

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan:

  1. Memasang aplikasi ADB di PC/ Laptop.
  2. Selanjutnya hubungkan HP ke laptop menggunakan kabel data USB hingga terhubung.
  3. Jika aplikasi ADB telah terpasang, otomatis akan muncul perintah dari direktori. Ketikkan perintah adb shell rm/data/system/gesture.key
  4. Kemudian tekan enter dan reboot ponsel.
  5. Seketika lockscreen akan hilang dan kamu pun dapat mengakses HP kembali.

Itulah 5 cara membuka pola kunci layar HP jika kamu lupa. Coba dan sesuaikan dengan fitur yang tersedia di tipe ponsel kamu, ya. Untuk menghindari kasus yang sama terulang kembali, maka kamu bisa menggunakan kombinasi fitur-fitur keamanan yang ada. Semoga membantu, ya!

Baca Juga  Cara Mudah Flashing Atau Reset Hp Ke Pabrikan
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x