More share buttons
Share on Pinterest
Share with your friends










Submit

Jangan panik, Ini Dia 8 Cara Efektif Mengatasi HP Kemasukan Air

bisril.info – Siapa sih yang enggak panik saat perangkat smartphone kesayangan terkena / kemasukan air? Seperti yang semua orang tahu, smartphone yang terkena air memang rawan rusak dan berisiko mati total.

Tenang saja, artikel kali ini akan memberi tips untuk mengatasi HP yang kemasukan air sebelum membawa ke service center.  Apa saja itu?

Cara Mengatasi HP Yang Kemasukan Air

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebagai tindakan pertama sesaat HP terkena air. Terlebih jika HP yang kamu punya tidak berbekal kemampuan dan sertifikasi  tahan air.

Segera Evakuasi HP dari Air

Langkah penting yang perlu kamu lakukan jika HP jatuh ke dalam genangan air atau terkena cipratan air adalah mengevakuasinya. Segera angkat atau selamatkan HP sebelum air mulai merembes masuk. Sebab air dapat masuk melalui celah speaker, lubang charger dan sebagainya.

Selain itu, kamu perlu melepas cover case, agar air dapat lebih cepat keluar.

Jangan Menyalakan HP Untuk Beberapa Saat

Tips kedua, jangan pernah coba-coba untuk menghidupkan / menyalakan HP ketika masih basah.

Tidak menampik, terkadang kepanikan membuat seseorang berusaha untuk menyalakan HP langsung ketika terkena air. Demi sekadar memastikan HP masih berfungsi normal atau tidak.

Tindakan seperti ini justru membuat HP berisiko mati total. Sebab dapat mengakibatkan korsleting dan komponen di dalam HP menjadi rusak.

Melepaskan SIM Card dan Memory Card

Tips ketiga, segera lepas SIM card dan memory eksternal. Hal ini perlu kamu lakukan guna mencegah terjadinya kerusakan pada bagian tersebut. Apabila jenis baterai bukan tanam, maka lepaskan juga.

Mengeringkan Keseluruhan Bagian HP

Langkah keempat adalah mengeringkan bagian-bagian HP secara menyeluruh. Mulailah dari LCD, sebab bagian ini yang paling rentan rusak.

Baca Juga  Cek 5 Cara Menaikkan Jam Tayang Youtube

Perlu kamu ketahui, bahwa LCD merupakan filamen lunak yang secara umum tidak tahan dengan kelembaban air. Itulah sebabnya, jika LCD terkena sedikit cipratan air akan terlihat spot hitam.

Keringkan semua komponen tersebut dengan tisu atau handuk lembut. Gunakan bahan apapun yang lembut dan mudah menyerap air. Jangan sekali-kali menjemur HP di bawah sinar matahari langsung, sebab bisa merusak LCD.

Mengubur Di Dalam Beras

Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok bagi orang Indonesia. Selain itu, beras juga dapat kamu gunakan untuk merendam HP yang terkena air.

Mengapa? Karena banyak orang mempercayai bahwa beras dapat menyerap air lebih cepat. Caranya pun cukup mudah, yaitu mengubur HP di dalam beras selama 2 sampai 3 hari. Jangan lupa untuk meletakkan HP ke dalam kantong plastik sebelum merendamnya di dalam beras.

Pastikan semua air yang masuk ke dalam HP telah terserap oleh beras. Setelah itu, kamu bisa mencoba untuk kembali menyalakan HP,

Menggunakan Silica Gel

Ternyata selain beras, kamu juga bisa menggunakan silica gel yang bersifat menyerap kelembaban air. Penggunaan silica gel memang sudah tidak asing di berbagai perangkat elektronik. Tujuannya silica gel yaitu untuk mencegah kondensasi.

Jangan Mengeringkan Pakai Hair Dryer

Tips terakhir, jangan mengeringkan HP yang kemasukan air dengan hair dryer. Sebab konsep kerja hair dryer sama dengan  matahari  yaitu mengeluarkan panas yang tinggi. Panas yang terlalu tinggi dapat menaikkan komponen-komponen listrik.

Jangan Menggoyang-goyangkan HP

Salah satu hal yang patut kamu hindari adalah menggoyang-goyangkan HP. Alih-alih mengeluarkan air, tindakan ini justru membuat air semakin masuk dan dapat menyerang hardware.

 

Itulah paparan tentang cara mengatasi HP yang kemasukan air, sehingga tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Kapan Harus Mendatangi Service Center? Jika cara-cara di atas yang kamu coba tidak membuahkan hasil maka dengan terpaksa kamu harus membawanya ke pusat servis.

Baca Juga  Begini 5 Tutorial Memperbaiki HP Mati Total

Semoga informasi di atas cukup membantu. Selamat mencoba!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x