.
6 Tips Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami
Nyeri haid merupakan salah satu hal wajar yang wanita alami menjelang atau saat menstruasi. Di dalam dunia kesehatan, kata lain nyeri haid adalah dismenore, yang terbagi menjadi dua yaitu dismenore primer dan sekunder. Dismenore primer merupakan nyeri haid yang umum terjadi di siklus menstruasi wanita.

6 Tips Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

bisril.info – Nyeri haid merupakan salah satu hal wajar yang wanita alami menjelang atau saat menstruasi. Di dalam dunia kesehatan, kata lain nyeri haid adalah dismenore, yang terbagi menjadi dua yaitu dismenore primer dan sekunder. Dismenore primer merupakan nyeri haid yang umum terjadi di siklus menstruasi wanita.

Gejala nyeri haid yang pada umumnya dirasakan oleh wanita adalah kram di sekitar perut bawah. Karena prosesnya alami dan wajar memang tidak perlu Kamu khawatirkan, meski terkadang mengganggu kegiatan sehari-hari. Lantas bagaimana cara mengatasi nyeri haid secara alami agar tidak ketergantungan dengan obat?

6 Tips Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat-obatan/ Alami

Sebagian wanita yang mengalami nyeri haid biasanya mengonsumsi obat-obatan khusus untuk meredakan rasa sakit. Namun ada beberapa perawatan alami yang dapat Kamu coba.

Melansir dari laman halodoc, berikut beberapa perawatan rutin yang dapat meredakan kram perut akibat nyeri haid, antara lain:

Olahraga Ringan

Ada sebagian orang yang sengaja menghindari olahraga karena termakan mitos.  Padahal pada nyatanya olahraga ringan justru dapat mengurangi rasa sakit akibat nyeri haid.

Adapun jenis olahraga yang dapat Kamu lakukan adalah jalan santai atau yoga. Dengan berolahraga ringan, Kamu juga dapat melepaskan hormon endorfin.  Endorfin merupakan hormon pereda stress dan rasa sakit.

Akupuntur

PLOS One telah mempublikasikan sebuah hasil penelitian yang menyebutkan bahwa akupuntur dapat meredakan nyeri haid. Perawatan akupuntur dapat membuat rileks dan mengurangi peradangan.

Pijatan

Pijatan lembut di sekitar perut dapat merelaksasi otot-otot panggul, sehingga nyeri akibat kram pun dapat sedikit berkurang. Kamu bisa menggunakan minyak khusus pijat, lotion atau minyak kelapa.

Mengoleskan Minyak Esensial

Belakangan penggunaan essential oil sedang marak, bahkan ada sebuah penelitian pada dua kelompok remaja. Dari hasil penelitian tersebut, yaitu campuran minyak esensial lavender, cengkeh, mawar dan kayu manis ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat nyeri haid.

Baca Juga  Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Minum Jahe Hangat

Nah, cara lain untuk mengatasi kram perut akibat nyeri haid adalah dengan meminum minuman hangat, seperti jahe hangat/ STMJ. Yang perlu Kamu hindari ketika nyeri haid adalah minuman teh, kopi  atau yang mengandung tinggi gula.

Pasalnya, minuman tersebut dapat memperparah rasa sakit. Mengapa demikian? Sebut saja teh dan kopi  yang mengandung kafein. Di mana kafein dapat menyebabkan gangguan tidur, lambung dan permasalahan kesehatan lainnya.

Mandi Air Hangat

Cara mengurangi rasa sakit akibat nyeri haid lainnya adalah dengan mandi air hangat. Tidak perlu menyangkal, mandi air hangat memang membuat tubuh menjadi lebih rileks. Air hangat yang mengenai area perut dapat meredakan kram dan mengendorkan otot-otot yang tegang.

Waspadai Nyeri Haid Yang Tidak Normal

Nyeri haid memang wajar pada wanita, namun Kamu tetap perlu khawatir jika intensitas rasa sakitnya bertambah parah. Kondisi ini biasanya menjadi penanda adanya suatu gangguan kesehatan lainnya. Seperti endometriosis, radang panggul, dan fibroid rahim.

Penyebab dari nyeri haid dengan intensitas parah biasanya karena terdapat penyempitan pada serviks/ leher rahim. Dan Kamu membutuhkan bantuan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui secara pasti penyakit apa yang Kamu derita.

Apalagi jika mengalami gejala seperti :

  • Nyeri haid berlebihan dengan muntah, mual / diare selama tiga siklus berturut-turut
  • Merasakan nyeri di area panggul meskipun tidak sedang menstruasi
  • Tidak mempan sekalipun mengonsumsi obat pereda nyeri
  • Rasa sakit setiap kali berhubungan intim
  • Keluar flek darah di luar siklus menstruasi

Jadi, jangan tunda-tunda untuk segera konsultasi ke dokter, ya ketika mengalami gejala tersebut! Semoga paparan tentang nyeri haid di atas dapat bermanfaat.

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

About Bisril Hafiz

Check Also

Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha

Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha

bisril.info – Tak terasa, sebentar lagi umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha atau …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x