Panduan Melakukan Isolasi Mandiri Bagi Penderita Covid-19 Tanpa Gejala

bisril.info – Isolasi Mandiri Belakangan ini, kasus covid-19 di Indonesia kembali meninggi, bahkan per 9 Juli 2021 bertambah 38.124 kasus baru. Angka yang cukup mencengangkan dan mengkhawatirkan.

Berita di media menyebutkan bahwa sudah banyak RS yang menutup akses untuk pasien baru karena penuh. Sehingga banyak tenaga medis yang menyarankan bagi penyintas covid-19 tanpa gejala berat agar melakukan isolasi mandiri saja di rumah.

Namun, penderita covid-19 tak boleh asal melakukan isolasi mandiri. Sebab, Kementerian Kesehatan telah membuat panduan yang aman ketika melakukan isolasi mandiri.

Begini Panduan Isolasi Mandiri

Melansir dari laman kawalcovid.19 terdapat beberapa hal menjadi rambu-rambu ketika melakukan isolasi mandiri di rumah sesuai dengan WHO.

Penggunaan Ruangan

Sebaiknya penderita covid-19 menggunakan area ruangan yang berbeda dengan anggota keluarga yang negatif. Pilih ruangan dengan ventilasi udara yang baik, agar aliran keluar masuknya udara tetap ada.

Selalu menjaga jarak dengan anggota keluarga lain yang tidak terpapar, minimal 2 meter. Jika fasilitas di rumah memadai, penderita covid-19 juga harus menggunakan kamar mandi yang terpisah.

Namun, jika terpaksa menggunakan kamar mandi bersamaan, pastikan untuk mensterilkan semua alat mandi, kran, gagang pintu dengan semprotan desinfektan.

Penggunaan Alat Makan

Pasien juga sebaiknya tetap beraktivitas di dalam kamar, termasuk ketika makan. Sebisa mungkin untuk mengurangi kontak dengan anggota keluarga lainnya.

Pasien harus mempunyai peralatan makan sendiri, dan menjaga agar anggota keluarga lain tidak menggunakannya. Pada saat mencuci peralatan makan, harus menggunakan sabun dan membilasnya dengan air panas.

Orang yang mencuci peralatan makan pun harus menggunakan sarung tangan sekali pakai. Setelah itu, selalu gunakan masker dan rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir atau hand sanitizer.

Baca Juga  5 Rahasia Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Pria

Pakaian Kotor

Sprei, selimut, dan baju pasien covid juga perlu perhatian khusus. Pada saat mencuci, rendam terlebih dahulu dengan air panas dan deterjen.

Selanjutnya, proses mencucinya pun tersendiri dan tidak bersamaan dengan pakaian dari penghuni rumah yang lain.

Periksa Suhu Tubuh dan Saturasi Oksigen Secara Berkala

Pasien covid-19 tetap harus selalu mengontrol suhu tubuh dan saturasi oksigen, sebagai langkah antisipasi jika mengalami penurunan kesehatan.

Lakukan hal ini setiap pagi dan malam, dan pastikan suhu tubuh tidak lebih dari 38 derajat celcius, serta saturasi tidak kurang dari 92.

Berjemur di Pagi Hari

Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan berjemur di pagi hari selama 10-15 menit.

Tidak Menerima Tamu

Pasien covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri harus menolak tamu yang datang berkunjung.

Jika terpaksa berinteraksi dengan penghuni di rumah, maka pastikan tidak saling menyentuh, atau membuka masker.

Melakukan Penyemprotan Desinfektan Secara Rutin

Berbagai perlengkapan pasien yang sedang isolasi mandiri di rumah harus selalu dalam kondisi steril. Oleh karena itu, perlu melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin kepada semua peralatan.

Untuk mencegah penyebaran virus, maka kemasi semua sampah-sampah bekas pakai pasien dalam kantong tertutup sebelum membuangnya.

Berapa Lama Waktu Ideal Untuk Isolasi Mandiri?

Untuk menentukan berapa lama waktu isolasi mandiri memang tidak sama antara satu pasien dengan lainnya, tergantung dengan gejalanya.

  • Jika pasien covid tanpa gejala, maka cukup melakukan isolasi mandiri selama 10 hari sejak terkonfirmasi positif.
  • Untuk pasien covid dengan gejala ringan, maka waktu isolasi mandiri adalah 10 hari dengan menambah 3 hari. Untuk memastikan telah bebas dari demam dan gangguan pernapasan.
  • Namun ada beberapa orang yang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sejak terkonfirmasi atau berinteraksi erat dengan pasien covid-19.
Baca Juga  Hobi Main Game Online? Ikuti Tips Menjaga Kesehatan Mata Berikut Ini!

Jika  setelah 14 hari masih merasakan gejala demam dan gangguan pernapasan, maka pasien dapat menambah masa isolasi mandiri.

Agar lebih yakin, pasien covid-19 dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter apakah masa isolasi mandiri sudah selesai atau perlu tambah hari.

Itulah beberapa panduan yang perlu kamu perhatikan pada saat melakukan isolasi mandiri. Jangan lupa tetap lakukan olahraga ringan, dan mengonsumsi beberapa vitamin serta tidur cukup, agar kondisi badan tetap fit. Stay safe

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

About Bisril Hafiz

Check Also

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19

bisril.info – Seiring dengan melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 belakangan ini, dan berita kematian yang seolah …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x