.
Wajib Coba, 10 Cara Agar HP Tidak Cepat Panas
Pada dasarnya, HP memang mengeluarkan panas secara alami. Namun Kamu tetap perlu waspada ketika terasa sangat panas ketika digenggam. Ada banyak penyebab smartphone menjadi panas saat dipegang. Umumnya, penyebab HP panas di bagian atas adalah penggunaan yang berlebihan. Agar tidak terjadi dampak buruk pada ponsel, sebaiknya Kamu memperhatikan beberapa cara agar HP tidak cepat panas berikut ini.

Wajib Coba, 10 Cara Agar HP Tidak Cepat Panas

bisril.info – Pada dasarnya, HP memang mengeluarkan panas secara alami. Namun Kamu tetap perlu waspada ketika terasa sangat panas ketika digenggam. Ada banyak penyebab smartphone menjadi panas saat dipegang. Umumnya, penyebab HP panas di bagian atas adalah penggunaan yang berlebihan. Agar tidak terjadi dampak buruk pada ponsel, sebaiknya Kamu memperhatikan beberapa cara agar HP tidak cepat panas berikut ini.

10 Cara Agar HP Tidak Cepat Panas

Tahukah Kamu? Bahwa berselancar di sosial media, maupun bermain game dapat menjadi pemicu penyebab HP panas di bagian atas. Dampaknya, membuat performa ponsel pun menjadi menurun.

Oleh karena itulah, perhatikan beberapa cara berikut untuk mencegah agar HP tidak cepat panas. Antara lain:

1. Selalu Menggunakan Charger Original

Seringkali disepelekan, penggunaan charger turut berperan penting dalam mengatasi HP yang panas.  Sebagian orang terkadang memutuskan membeli charger murah ketimbang yang orisinal. Alasannya, tentu saja karena harga jauh lebih ramah di kantong.

Padahal membeli charger murahan dapat memberikan kerusakan pada ponsel Kamu, salah satunya adalah membuat HP menjadi cepat panas. Jadi, jika charger bawaan rusak, sebaiknya belilah yang asli.

2. Hindari Menggunakan HP Saat Mengisi Daya

Cara HP tidak panas yang kedua adalah tidak mengoperasikan ponsel ketika sedang mengisi daya. Mengapa demikian? Jika Kamu sering melakukannya, maka dapat menyebabkan baterai panas dan ponsel tak berumur panjang.

Risiko terburuknya adalah ponsel dapat meledak. Jadi, hindari pemakaian ponsel sambil mengisi daya, termasuk menelepon atau berkirim pesan.

3. Bersihkan Ponsel Dari Debu

Cara HP tidak panas selanjutnya adalah membersihkan dari debu yang mungkin menempel di boot. Sebab, debu yang menempel pada HP dapat menutupi keluarnya suhu panas. Tidak heran jika terasa panas saat Kamu genggam.

Baca Juga  iPhone tidak bisa dicharge? Begini cara mengatasinya

Jadi, Kamu bisa membersihkan sela-sela ponsel yang berpotensi terkena debu menggunakan cotton buds.

4. Istirahatkan Ponsel Sejenak

Bermain game atau mengutak atik sosial media terkadang membuat lupa waktu, tanpa tersadar hal ini memicu ponsel menjadi cepat panas, loh.

Oleh karena itu beri jeda waktu beberapa saat untuk mengistirahatkan ponsel, sebelum memainkannya kembali.

5. Menginstall Aplikasi Pendingin HP

Cara lain untuk mencegah HP menjadi panas adalah memasang aplikasi pendingin HP. Saat ini, ada banyak pilihan aplikasi yang dapat Kamu unduh dan gunakan secara gratis. Misalnya, Cool Master, Cooler CPU dan lainnya.

Aplikasi ini cukup dapat membantu mendinginkan dan menjaga suhu smartphone.

6. Pasang Aplikasi Untuk Menghapus Cache

Tidak menampik bahwa HP memiliki file berupa sampah, seperti cache atau cookies. Apabila Kamu mengabaikan hal ini, maka dapat berakibat buruk pada RAM dan prosesor HP.

Oleh karena itu, Kamu perlu memasang aplikasi penghapus sampah seperti Clean Master atau lainnya. Aplikasi ini dapat membantu mengidentifikasi sampah dan menghapusnya otomatis.

7. Tutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Perlu Kamu ketahui, bahwa aplikasi yang sedang berjalan namun tidak Kamu gunakan dapat membuat HP menjadi panas. Sebab, hal ini dapat memperberat kerja HP.

8.  Hapus Beberapa File Yang Berat

Saat ini, banyak game atau aplikasi yang mempunyai kapasitas penyimpanan besar. Apabila HP-mu hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang pas-pasan, sebaiknya hapus beberapa file berat.

9.  Hindari Percikan Air

Percikan air dapat menjadi penyebab HP panas di bagian atas dan mengakibatkan kerusakan fatal. Apabila ponsel milik Kamu tidak mempunyai fitur water resistant sebaiknya hindari bermain HP di pinggir kolam, atau kamar mandi.

Baca Juga  Apk Mengubah Video Menjadi Mp3 Termudah dan Terbaik

10.  Tidak menyalakan WiFi Secara Nonstop

Sebaiknya mulai sekarang cobalah untuk mematikan koneksi WiFi jika tidak menggunakan internet. Sebab, jika Kamu meremehkannya, WiFi akan terus mencari jaringan, sehingga membuatnya cepat panas.

Akhir Kata

Demikianlah informasi terkait dengan 10 cara agar HP tidak cepat panas yang wajib Kamu coba. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya! Selamat mencoba.

Artikel yang lain :

  1. HP ngeHang atau Lemot? Begini Cara Memperbaikinya
  2. File Hilang Dari Memori HP? Intip 4 Cara Mudah Mengembalikannya Berikut
  3. Lupa Pola Kunci Layar HP? Begini 5 Cara Membukanya
  4. 7 Cara Mengatasi Baterai HP Boros
  5. HP Sering Mati Sendiri? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya Berikut
  6. 5 Tips Menghubungkan HP Ke TV
  7. Begini 5 Tutorial Memperbaiki HP Mati Total

About Bisril Hafiz

Check Also

Apk Pencari Lagu Terbaik yang Mudah Digunakan untuk Smartphone

Apk Pencari Lagu Terbaik yang Mudah Digunakan untuk Smartphone

bisril.info – Saat ingin mencari lagu namun tidak mengetahui judul dan penyanyinya, apk pencari lagu …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x