Kesehatan – Bisril.Info https://bisril.info Tutorial, Handphone, Ramalan & Peliharaan Thu, 11 Aug 2022 03:15:49 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.1.1 https://bisril.info/wp-content/uploads/2021/12/cropped-LOGO-BSRL-1-32x32.png Kesehatan – Bisril.Info https://bisril.info 32 32 Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami https://bisril.info/badan-terlalu-kurus/ https://bisril.info/badan-terlalu-kurus/#respond Thu, 11 Nov 2021 13:37:08 +0000 https://bisril.info/?p=1163 bisril.info – Tidak semua orang bertubuh kurus jauh lebih sehat, lho. Ternyata orang yang memiliki berat badan kurang juga berisiko sama dengan orang obesitas. Beberapa gangguan seperti anemia, gangguan kesuburan hingga tulang rapuh menjadi risiko bagi yang bertubuh terlalu kurus. Nah, berikut beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk menambah berat badan. Surplus Kalori Jika …

The post Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Tidak semua orang bertubuh kurus jauh lebih sehat, lho. Ternyata orang yang memiliki berat badan kurang juga berisiko sama dengan orang obesitas. Beberapa gangguan seperti anemia, gangguan kesuburan hingga tulang rapuh menjadi risiko bagi yang bertubuh terlalu kurus.

Nah, berikut beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk menambah berat badan.

Surplus Kalori

Jika untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori yang dimakan, maka Kamu harus mengasup lebih banyak kalori kalau ingin menambahnya. Untuk mengetahui jumlah kalori harian coba hitung menggunakan kalkulator kalori atau klik tautan  berikut. Selanjutnya, tambah 500 – 1000 kalori per hari dari total kebutuhan harian.

Kebutuhan kalori harian dapat berubah setiap harinya tergantung jumlah aktivitas yang dilakukan.

Makan Dengan lebih Sering

Jika Kamu ingin menambah berat badan, harus makan lebih sering tapi dalam porsi kecil. Kalau biasanya makan 2-3 kali sehari, cobalah untuk makan sehari 5-6 kali.

Namun, bukan berarti harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan tinggi gula, lho.  Kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Sehingga berat menjadi cepat naik tanpa menimbulkan penyakit.

Perbanyak Konsumsi  Protein dan Karbohidrat

Mengonsumsi lebih banyak protein dan karbohidrat dapat efektif menambah berat badan secara alami. Kamu bisa mengonsumsi bersamaan sumber protein dengan sumber karbohidrat seperti  kentang, nasi, singkong, jagung dan juga tepung.

 

Berolahraga Latihan Beban

Olahraga bukan hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi juga bisa menaikkan, lho, misalnya dengan latihan angkat beban. Angkat beban dapat mengencangkan otot-otot.

Tahukah Kamu? Untuk menambah berat badan, Kamu harus meningkatkan massa otot tubuh. Menaikkan berat badan dengan meningkatkan massa otot jauh lebih baik daripada massa lemak.

Kamu bisa latihan beban dengan lebih rutin. Dan jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup setelah berolahraga agar pertumbuhan otot menjadi lebih optimal. Sehingga tubuh bukan sekadar gemuk tapi juga berotot.

 

Konsumsi Madu dan Susu

Susu juga merupakan salah satu asupan yang dapat menambah berat badan pilihlah jenis susu full cream. Selain mengonsumsi susu, Kamu juga bisa menambah dengan  selingan madu. Mengonsumsi madu secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menambah nafsu makan yang otomatis berat badan pun bertambah.

Itulah beberapa cara yang dapat dicoba untuk menambah berat badan secara alami. Coba ikuti panduan di atas, ya!

 

Artikel yang lain :

  1. Tips Cara Hilangkan Jerawat Secara Alami
  2. 4 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Obat-obatan

The post Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/badan-terlalu-kurus/feed/ 0
Catat, 5 Tanda Pasien Isoman Harus Segera Dibawa Ke Rumah Sakit https://bisril.info/5-tanda-pasien-isoman-harus-segera-dibawa-ke-rumah-sakit/ https://bisril.info/5-tanda-pasien-isoman-harus-segera-dibawa-ke-rumah-sakit/#respond Sat, 31 Jul 2021 04:34:44 +0000 https://bisril.info/?p=1565 bisril.info – Setelah kabar virus corona varian Delta masuk ke Indonesia, Pasien Isoman memang kasus terkonfirmasi covid-19 melonjak drastis. Hingga pemerintah pun mengambil kebijakan untuk melakukan PPKM darurat level 4. Selain itu, lonjakan kasus ini juga menyebabkan rumah sakit penuh. Sehingga tidak sedikit penderita covid-19 yang bergejala ringan memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. …

The post Catat, 5 Tanda Pasien Isoman Harus Segera Dibawa Ke Rumah Sakit appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Setelah kabar virus corona varian Delta masuk ke Indonesia, Pasien Isoman memang kasus terkonfirmasi covid-19 melonjak drastis. Hingga pemerintah pun mengambil kebijakan untuk melakukan PPKM darurat level 4.

Selain itu, lonjakan kasus ini juga menyebabkan rumah sakit penuh. Sehingga tidak sedikit penderita covid-19 yang bergejala ringan memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Meskipun melakukan isolasi mandiri di rumah, pasien covid tetap harus terus memantau kondisi kesehatannya. Dan segera mendatangi rumah sakit jika tak kunjung membaik. Kapan pasien isoman perlu pergi ke rumah sakit?

Nah, artikel kali ini akan menjelaskan tanda-tanda pasien covid-19 harus segera ke rumah sakit. Cek ulasan lengkapnya berikut!

Tanda Pasien Covid-19 Harus Segera Ke Rumah Sakit

Bagi kamu yang sedang menjalani isolasi mandiri, coba perhatikan beberapa tanda bahaya berikut ini:

Mulai Muncul Gangguan Sesak Napas

Apakah kamu merasakan napas dengan frekuensi lebih dari 24 kali/menit atau kesulitan napas, meski hanya berjalan di dalam rumah?

Jika demikian, maka segera larikan ke rumah sakit untuk mengurangi pemburukan. Sebab, tanda tersebut menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami gejala awal sesak napas.

Saturasi Oksigen Kurang Dari 93

Bagi pasien positif covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah memang harus rajin mengecek kadar saturasi oksigen dalam tubuh.

Biasanya kondisi kekurangan oksigen juga dapat terlihat dari kaki tangan yang mulai terasa dingin, detak jantuk berdegup lebih cepat dan sesak napas.

Baik pasien berusia dewasa atau anak-anak, jika saturasi oksigen berada di bawah 93 maka segera bawa ke rumah sakit/ klinik kesehatan terdekat. Agar mendapatkan bantuan oksigen tambahan.

Merasakan Nyeri Di Bagian Dada

Pasien  covid-19 juga dapat mengalami rasa nyeri di bagian bawah tulang dada, karena  berbagai hal. Salah satu penyebabnya adalah karena batuk yang terlalu keras sehingga membuat otot-otot tertarik.

Nyeri dada juga dapat menjadi gejala dari pneumonia. Sehingga jika pasien isolasi mandiri merasakan hal ini, segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demam Tinggi Selama Tiga Hari Berturut-turut

Jangan ragu membawa pasien isolasi mandiri yang mengalami demam tinggi lebih dari 38 derajat selama tiga hari ke RS.

Mengalami Diare Akut

Salah satu tanda virus covid-19 mulai menyerang adalah penderita juga mengalami diare. Apabila diare mulai bertambah parah sebaiknya segera ke RS agar mendapatkan perawatan untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan cairan.

Hilang Kesadaran

Tanda lain yang perlu kamu waspadai adalah mulai hilang kesadaran. Hal ini dapat terjadi karena pasien yang melakukan isolasi mandiri kekurangan nutrisi.

Maka segera kunjungi fasilitas kesehatan yang berada terdekat dari rumah tinggal kamu.

Wajah dan Bibir Kebiruan

Kondisi wajah dan bibir yang membiru merupakan gejala hipoksia atau kekurangan oksigen. Jadi, apabila terlihat perubahan warna kebiruan pada area wajah, sebaiknya segera mendatangi rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan yang lebih terkontrol.

Batuk Tak Kunjung Sembuh

Tanda lain yang perlu kamu waspadai ketika melakukan isolasi mandiri di rumah adalah batuk yang tak kunjung sembuh, atau justru semakin parah. Segeralah mencari pertolongan medis terdekat.

Ingat! Selalu Konsultasi Dengan Dokter Selama Isolasi Mandiri

Melakukan isolasi mandiri terkadang memang menjadi pilihan bagi pasien positif covid-19 yang tidak menunjukkan gejala berat. Namun tetap perlu menghubungi dokter secara rutin untuk sekadar melaporkan kondisi kesehatan terkini, agar tetap terpantau.

Jangan lupa, tetap mengonsumsi makanan yang bergizi, mencukupi kebutuhan air putih serta ikuti semua anjuran dokter.

Semoga info tentang tanda-tanda pasien isolasi harus segera ke rumah sakit di atas dapat bermanfaat. Salam selalu sehat, ya!

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

 

The post Catat, 5 Tanda Pasien Isoman Harus Segera Dibawa Ke Rumah Sakit appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/5-tanda-pasien-isoman-harus-segera-dibawa-ke-rumah-sakit/feed/ 0
Hati-Hati, Bahaya Konsumsi Vitamin C Berlebihan https://bisril.info/hati-hati-bahaya-konsumsi-vitamin-c-berlebihan/ https://bisril.info/hati-hati-bahaya-konsumsi-vitamin-c-berlebihan/#respond Tue, 27 Jul 2021 12:53:30 +0000 https://bisril.info/?p=1535 bisril.info – Sejak pandemi mewabah di Indonesia awal tahun 2020 lalu, vitamin C menjadi populer di kalangan obat-obatan lainnya. Selain menyehatkan, manfaat vitamin C juga dapat meningkatkan kekebalan imun tubuh yang banyak orang butuhkan saat pandemi. Namun tahukah kamu? Mengonsumsi terlalu banyak vitamin C justru berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa saja bahaya konsumsi vitamin C …

The post Hati-Hati, Bahaya Konsumsi Vitamin C Berlebihan appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Sejak pandemi mewabah di Indonesia awal tahun 2020 lalu, vitamin C menjadi populer di kalangan obat-obatan lainnya. Selain menyehatkan, manfaat vitamin C juga dapat meningkatkan kekebalan imun tubuh yang banyak orang butuhkan saat pandemi.

Namun tahukah kamu? Mengonsumsi terlalu banyak vitamin C justru berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa saja bahaya konsumsi vitamin C berlebihan?

Bahaya Konsumsi Vitamin C Berlebihan

Adapun bahaya mengonsumsi vitamin C secara berlebihan antara lain:

Picu Gagal Ginjal

Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh tidak akan menumpuk, melainkan keluar dalam bentuk oksalat bersamaan dengan urine. Namun, ada beberapa kasus, oksalat terikat dengan mineral dan membentuk kristal, kemudian berubah menjadi batu ginjal.

Risiko ini dapat terjadi jika kamu mengonsumsi vitamin C lebih dari 2000 mg/ hari dalam jangka panjang.

Gangguan Pencernaan

Bahaya lain dari mengonsumsi vitamin C secara berlebihan adalah mengalami gangguan pada pencernaan, seperti diare. Jadi, jika kamu mengalami diare setelah mengonsumsi vitamin C sebaiknya kurangi dosisnya atau hentikan sementara waktu.

Beberapa ahli juga mengungkapkan bahwa kelebihan konsumsi vitamin C juga dapat memicu naiknya asam lambung.

Kelebihan Zat Besi

Kondisi kelebihan vitamin C dapat menyebabkan hemokromatosis atau kelebihan zat besi. Sebab, peran vitamin C adalah menyerap mineral zat besi.

Jika kelebihan zat besi maka akan menyebabkan kerusakan jaringan tubuh yang lain.

Mengalami Ketidakseimbangan Nutrisi

Bahaya konsumsi vitamin C berlebihan yang lain adalah nutrisi yang terserap oleh tubuh menjadi tidak seimbang.

Memicu Kondisi Osteofit

Kondisi Osteofit merupakan suatu kondisi penonjolan tulang di persendian/ tulang tepi. Kondisi ini tentu saja akan menimbulkan rasa nyeri dan kurang nyaman.

salah satu penyebab kondisi osteofit adalah kelebihan mengonsumsi vitamin C.

Berapa Dosis Aman Konsumsi Vitamin C?

Berikut ini merupakan parameter yang dapat kamu gunakan sebagai pedoman sebelum mengonsumsi vitamin C berdasar jenis kelamin dan usia.

Laki-Laki

  • Rentang usia 1-3 tahun : hanya 15 mg / hari
  • Rentang usia 4 8 tahun : hanya 25 mg/ hari
  • Rentang usia 9-13 tahun : 45 mg/ hari
  • Usia 14-18 tahun : 75 mg/ hari
  • Usia 19 ke atas : 90 mg/ hari

Perempuan

  • Rentang usia 1-3 tahun : hanya 15 mg / hari
  • Rentang usia 4 8 tahun : hanya 25 mg/ hari
  • Rentang usia 9-13 tahun : 45 mg/ hari
  • Usia 14-18 tahun : 65 mg/ hari
  • Usia 19 ke atas : 75 mg/ har
  • Perempuan hamil usia 19 tahun ke atas : 85mg
  • Perempuan yang menyusui dengan usia 19 ke atas : 120 mg

Jika kamu memperhatikan dosis konsumsi vitamin C dengan  benar maka akan mendapatkan lebih banyak manfaat, misalnya:

  1. Dapat membantu percepat pemulihan luka, karena fungsi vitamin C adalah membentuk jaringan kolagen.
  2. Memberikan efek antioksidan yang mampu menangkal beberapa radikal bebas penyebab penyakit
  3. Membantu menyerap zat besi non-heme, sehingga dapat mencegah anemia
  4. Mengonsumsi vitamin C dengan dosis yang tepat juga dapat memperbaiki mood
  5. Membantu mengurangi rasa letih
  6. Vitamin C juga mampu membantu meregenerasi sistem imun serta melindungi jantung.

Pada dasarnya tanpa suplemen tambahan, kamu pun bisa mendapatkan vitamin C yang maksimal dari buah dan sayuran. Seperti, jeruk, jambu biji, mangga, brokoli, paprika atau bayam.

Namun jika tubuhmu membutuhkan suplemen tambahan vitamin C, karena hamil atau sakit.  Maka tetap harus mengonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, untuk mendapatkan dosis dan merek suplemen yang tepat sesuai kebutuhanmu.

Demikianlah informasi tentang bahaya konsumsi vitamin C berlebihan. Semoga bermanfaat!

 

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

The post Hati-Hati, Bahaya Konsumsi Vitamin C Berlebihan appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/hati-hati-bahaya-konsumsi-vitamin-c-berlebihan/feed/ 0
Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19 https://bisril.info/tips-meningkatkan-saturasi-oksigen-bagi-pasien-covid-19/ https://bisril.info/tips-meningkatkan-saturasi-oksigen-bagi-pasien-covid-19/#respond Sat, 24 Jul 2021 05:10:51 +0000 https://bisril.info/?p=1527 bisril.info – Seiring dengan melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 belakangan ini, dan berita kematian yang seolah tiada henti. Meningkatkan Saturasi Oksigen Tentu saja memaksa kamu agar lebih aware dan tanggap akan gejala penyakit ini. Salah satu, gejala fatal adalah penurunan kadar oksigen di dalam darah yang dapat menyebabkan  sesak napas hingga kematian. Meningkatkan Saturasi Oksigen Penting …

The post Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19 appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Seiring dengan melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 belakangan ini, dan berita kematian yang seolah tiada henti. Meningkatkan Saturasi Oksigen Tentu saja memaksa kamu agar lebih aware dan tanggap akan gejala penyakit ini.

Salah satu, gejala fatal adalah penurunan kadar oksigen di dalam darah yang dapat menyebabkan  sesak napas hingga kematian. Meningkatkan Saturasi Oksigen Penting sekali bagi pasien covid-19 untuk memantau tingkat saturasi oksigen setiap kali.  Demi mencegah hal-hal buruk terjadi.

Saturasi oksigen merupakan nilai kadar oksigen di dalam darah. Untuk mengetahui saturasi oksigen, kamu bisa menggunakan alat oximeter atau melakukan analisis gas darah.

Cara Mengukur Saturasi Oksigen

Terdapat dua cara yang dapat kamu gunakan untuk mengukur saturasi oksigen, yaitu :

  1. Analisis gas darah

Cara ini merupakan metode pengukuran dengan mengambil sampel darah dari pembuluh arteri. Hasilnya sangat akurat, namun tidak dapat kamu lakukan secara mandiri. Kamu harus datang ke RS atau meminta bantuan tenaga medis yang profesional.

Hasil pengukuran menggunakan analisis gas darah mempunyai istilah PaO2.

  1. Oximeter

Cara kedua untuk mengetahui saturasi oksigen adalah menggunakan alat oximeter. Kamu hanya perlu menjepit jari di alat tersebut.

Kamu bisa memantau kadar oksigen menggunakan oximeter di mana saja. Bahkan WHO menyarankan agar setiap rumah memiliki oximeter.

Istilah untuk hasil pengukuran saturasi oksigen menggunakan oximeter adalah SpO2

Nilai Saturasi Oksigen

Berikut ini pedoman kadar oksigen pada orang normal dengan kondisi paru-paru yang sehat, yaitu:

  • PaO2 berada di kisaran 80-100 mmHg
  • SpO2 berada di angka 95 – 100%

Sementara itu, pada orang dengan riwayat penyakit paru-paru harus mempunyai nilai saturasi oksigen SpO2 88 – 92%.

Kategori kadar oksigen rendah jika berada di bawah 80 mmHg menggunakan analisis gas darah atau di bawah 94% jika menggunakan oximeter.

Orang dengan nilai saturasi rendah menunjukkan gejala sesak napas, batuk, detak jantung cepat, kulit membiru, nyeri dada dan sakit kepala.

Itulah gunanya pasien penyintas covid-19 perlu mengetahui nilai saturasi oksigennya. Demi memantau perkembangan kesehatannya, apakah memerlukan tambahan bantuan oksigen atau tidak.  Terlebih lagi, bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen

Melansir dari situs resmi RSUD Kota Malang, cara meningkatkan saturasi oksigen adalah dengan melakukan teknik proning. Teknik proning merupakan salah satu teknik pernapasan dengan menekan gejala pemburukan.

Berikut langkah-langkah teknik proning yang dapat kamu lakukan sebagai pertolongan pertama untuk meningkatkan saturasi oksigen.

  1. Pastikan ruangan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Kemudian berbaringlah tengkurap. Kamu bisa mengganjal leher, panggul dan kaki dengan bantal tipis. Lakukan posisi ini selama 30 menit.
  2. Posisikan tubuh berbaring menghadap ke kanan, selama 30 menit. Gunakan ganjal bantal di leher, pinggang dan di antara paha. Usahakan posisi tangan berada di samping bantal.
  3. Kemudian, duduk bersandar dengan kaki lurus, selama 30 menit. Bersandarlah pada tumpukan bantal agar lebih nyaman.
  4. Selanjutnya, posisikan tubuh berbaring menghadap ke kiri, selama 30 menit. Dengan ganjalan bantal di leheir, pinggang dan di antara paha. Posisi ini merupakan kebalikan dari posisi kedua.
  5. Kembalilah ke posisi awal, tengkurap dengan ganjalan bantal di area leher, panggul dan kaki. Lakukan juga selama 30 menit.

Jika saturasi oksigen tidak bertambah secara signifikan maka segera datang ke RS untuk mendapatkan penanganan tambahan / bantuan oksigen.

Demikianlah tips meningkatkan saturasi oksigen bagi penderita covid-19. Semoga membantu.

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

 

The post Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19 appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/tips-meningkatkan-saturasi-oksigen-bagi-pasien-covid-19/feed/ 0
Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha https://bisril.info/gangguan-kesehatan-yang-sering-muncul-pasca-idul-adha/ https://bisril.info/gangguan-kesehatan-yang-sering-muncul-pasca-idul-adha/#respond Tue, 20 Jul 2021 02:58:43 +0000 https://bisril.info/?p=1503 bisril.info – Tak terasa, sebentar lagi umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha atau lebaran kurban. Tak ubahnya perayaan Idul Fitri, Gangguan Kesehatan  lebaran kurban pun banyak santapan makanan, terutama berbahan daging kambing/ sapi yang menggugah selera. Olahan menu daging kambing atau sapi, seperti gulai, soto, rendang, tongseng memang membangkitkan selera makan. Sayangnya, jika …

The post Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha appeared first on Bisril.Info.

]]>

bisril.info – Tak terasa, sebentar lagi umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha atau lebaran kurban. Tak ubahnya perayaan Idul Fitri, Gangguan Kesehatan  lebaran kurban pun banyak santapan makanan, terutama berbahan daging kambing/ sapi yang menggugah selera.

Olahan menu daging kambing atau sapi, seperti gulai, soto, rendang, tongseng memang membangkitkan selera makan. Sayangnya, jika kamu mengonsumsi terlalu banyak makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Berikut beberapa gangguan yang lazimnya muncul pasca lebaran Idul Adha, seperti:

Gangguan Kesehatan Pasca Idul Adha

Meningkatnya Kadar Kolesterol Jahat

Daging kambing/ sapi memang lebih afdol jika mengolah menggunakan santan, seperti gulai, tongseng atau rendang. Padahal, santan mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, dan dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Tahukah kamu? Santan mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi. Dalam segelas santan terkandung sebesar 57 gram lemak, di mana  yang 50 gram merupakan lemak jenuh.

Bisa kamu bayangkan, bukan? Seberapa banyak lemak jenuh yang akan menumpuk di dalam darah.

Akibatnya, kenaikan kadar kolesterol jahat pun tak dapat kamu hindari serta memicu gangguan kesehatan lainnya.

Hipertensi

Berkembang mitos di masyarakat bahwa  memakan daging kambing dapat meningkatkan tekanan darah /hipertensi. Benarkah demikian?

Faktanya, daging kambing ternyata mempunyai kandungan lemak dan kolesterol yang rendah ketimbang daging merah lainnya.

Bahkan, menyadur dari laman klikdokter.com, daging kambing mempunyai komposisi gizi yang tinggi. Lantas apa yang menyebabkan asumsi daging kambing penyebab hipertensi?

Ternyata, kesalahan dalam pengolahan daging kambing yang menjadi pemicu hipertensi> Seperti  terlalu banyak garam, minyak, atau bersantan.  Hidangan khas lebaran Idul Adha memang selalu identik dengan olahan daging kambing yang gurih dan bersantan.

Unsur NaCl di dalam garam merupakan elektrolit yang mengatur air dalam tubuh. Jika mengonsumsi makanan yang banyak mengandung natrium,  maka semakin banyak air yang mengendap di dalam darah. Inilah yang menjadi faktor penyebab tekanan darah naik.

Itulah alasannya kamu perlu membatasi mengonsumsi hidangan lebaran.

Asam Urat

Salah satu pantangan makanan bagi penderita asam urat adalah makanan dengan kandungan yang tinggi akan purin. Nah, perlu kamu ketahui bahwa daging kambing dan sapi mempunyai kandungan purin yang tinggi.

Oleh karena itu, kamu perlu waspada akan risiko asam urat saat lebaran Idul Adha nanti. Pastikan kamu tidak berlebihan saat mengonsumsi daging kambing, agar kadar asam urat tetap terkendali.

Gangguan Pencernaan dan Usus

Berlebihan saat mengonsumsi daging kambing / sapi ternyata juga menyebabkan gangguan pencernaan. Gejala awal bahwa kamu berlebihan mengonsumsi daging adalah pusing dan mual. Mengapa demikian?

Selain mengandung lemak jenuh yang tinggi, di dalam santan juga terdapat karbohidrat yang mengalami proses fermentasi. Oleh karena itulah, jika mengonsumsi santan berlebihan dapat mengalami gangguan pencernaan.

Di samping itu, mengonsumsi daging secara berlebihan juga mengakibatkan sembelit, karena kekurangan asupan serat.

Dehidrasi

Sebuah penelitian dari University Of Connecticut, menghasilkan sebuah temuan bahwa mengonsumsi terlalu banyak protein dapat membuat kerja ginjal semakin berat. Tak heran jika kamu akan lebih sering kencing.

Jika mengonsumsi banyak daging namun tidak mengimbangi dengan asupan air putih yang cukup, Gangguan Kesehatan maka dapat menyebabkan dehidrasi.

Tips Sehat Saat Idul Adha

Merujuk pada bahaya gangguan kesehatan yang dapat muncul pasca Idul adha, maka kamu perlu melakukan langkah preventif.

  • Kamu bisa membatasi jumlah asupan daging yang masuk ke dalam tubuh, dengan menghitung kalori harian.
  • Usahakan tidak makan olahan daging kambing secara berlebihan.
  • Imbangi dengan mengonsumsi sayur dan buah
  • Ganti santan dengan bahan yang lebih sehat, seperti kemiri, susu cair, susu kedelai, dll.
  • Usahakan tetap olahraga ringan
  • Tidak menghangatkan olahan daging bersantan secara berulang kali

Itulah beberapa gangguan kesehatan yang rawan muncul pasca Idul Adha. jangan ragu untuk kunjungi dokter jika mengalami gejala yang mengarah pada gangguan kesehatan di atas.  Semoga pemaparan di atas dapat bermanfaat, ya!

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

The post Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/gangguan-kesehatan-yang-sering-muncul-pasca-idul-adha/feed/ 0
8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Isolasi Mandiri di Rumah https://bisril.info/8-cara-menjaga-kesehatan-mental-ketika-isolasi-mandiri-di-rumah/ https://bisril.info/8-cara-menjaga-kesehatan-mental-ketika-isolasi-mandiri-di-rumah/#respond Tue, 13 Jul 2021 11:37:04 +0000 https://bisril.info/?p=1323 bisril.info – Seiring lonjakan kasus covid-19, Isolasi Mandiri di Rumah tak sedikit masyarakat yang menjadi khawatir, takut hingga memunculkan pikiran-pikiran negatif.  Terlebih  angka penyebaran covid-19 tak lagi terbendung, dan banyak RS penuh. Tak sedikit yang akhirnya memilih untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Namun, melakukan isoman yang minim interaksi dengan orang lain, hal-hal negatif …

The post 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Isolasi Mandiri di Rumah appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Seiring lonjakan kasus covid-19, Isolasi Mandiri di Rumah tak sedikit masyarakat yang menjadi khawatir, takut hingga memunculkan pikiran-pikiran negatif.  Terlebih  angka penyebaran covid-19 tak lagi terbendung, dan banyak RS penuh.

Tak sedikit yang akhirnya memilih untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Namun, melakukan isoman yang minim interaksi dengan orang lain, hal-hal negatif pasti sering terlintas di pikiran. Baik itu kecemasan yang berhubungan dengan penyakit, hingga rasa bosan dan frustasi pasti muncul di pikiran.

Padahal, ketika isolami mandiri kita harus sehat secara fisik tetapi juga mental agar cepat pulih dan beraktivitas seperti sedia kala.

Nah, berikut beberapa tips guna menjaga kesehatan mental tetap stabil ketika sedang isoman di rumah.

Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Isolasi Mandiri

Mendengarkan Lagu Kesukaan

Salah cara untuk tetap menjaga kesehatan mental adalah dengan terapi musik. Kamu bisa mendengarkan lagu kesukaan sambil membaca buku atau novel.

Melansir dari laman cnnindonesia.com, Emmeline Edward seorang psikolog mengatakan bahwa korteks pendengaran akan berhubungan langsung dengan sistem regulasi emosi.

Itulah alasan mengapa musik cukup berpengaruh untuk membuat tenang ketika sedang stress/ cemas.

Mengonsumsi Teh Hangat

Cara lain untuk menjaga kesehatan mental ketika isoman adalah dengan mengonsumsi teh selagi hangat. Seorang psikiater, Marlynn Wei memberi saran untuk menyesap teh hangat guna meredakan stress.

Kamu bisa mengonsumsi teh chamomile, peppermint atau lavender yang cukup dapat membantu merelaksasi diri.

Bijak Menggunakan Sosial Media

Tidak ada salahnya mengikuti berita tentang covid yang terjadi di luaran agar lebih up to date. Namun, Kamu yang sedang melakukan isolasi mandiri sebaiknya memilih berita yang masuk.

Batasi segala informasi dan berita negatif yang seliweran di sosial media. Jika perlu, istirahatlah sejenak dari sosial media. Agar tidak memunculkan pikiran negatif dari berita yang tak sengaja muncul dan terbaca.

Jika kamu sudah candu bersosial media, maka menyaring mandiri dengan hanya membuka berita yang dapat meningkatkan imun saja.

Bermeditasi

Kamu juga bisa melakukan meditasi di pagi hari untuk menghilangkan stress atau rasa bosan. Meditasi tak hanya membantumu menjadi rileks, tetapi juga mengatasi gangguan kesehatan mental.

Dengan bermeditasi, kualitas tidur pun semakin baik dan mampu membangun afirmasi sebagai mood booster alami.

Tetap Menjalin Komunikasi Dengan Orang Terdekat

Menjaga jarak bukan berarti memutus tali silaturahmi dengan teman, keluarga atau pasangan, kan?.

Meski harus mengasingkan dari lingkungan, kamu tetap dapat terhubung melalui video call atau telepon.

Cara ini dapat membantu kamu menjaga kesehatan mental agar rasa cemas atau takut perlahan berkurang.

Tetap Mengonsumsi Makanan Bergizi dan Berolahraga

Mengonsumsi makanan bergizi juga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mental. Cukupi kebutuhan air putih, olahraga dan mengonsumsi makanan sehat dapat meningkatkan imun.

Kondisi fisik cukup istirahat secara tidak langsung menjaga mental tetap stabil.

Menonton Film

Menonton film merupakan salah satu cara menghibur diri yang cukup efektif untuk menjaga mental. Apalagi jika kamu menonton film komedi yang dapat meningkatkan hormon endorphin.

Menonton film komedi dapat menekan perasaan terkekang, terisolasi dan membangkitkan mood baik.

Berdoa

Berdoa merupakan cara lain untuk menjaga kesehatan mental dan membersihkan jiwa. Percayalah, pikiran yang tenang, mampu menyembuhkan.

Nah, ketika isolasi mandiri inilah merupakan waktu yang tepat untuk kembali mendekat kepada Tuhan.

Demikianlah tips yang dapat kamu coba ketika isolasi mandiri untuk menjaga kesehatan mental agar tetap stabil. Ingat, di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat pula.

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

The post 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Isolasi Mandiri di Rumah appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/8-cara-menjaga-kesehatan-mental-ketika-isolasi-mandiri-di-rumah/feed/ 0
Ini Dia Gejala Radang Usus Buntu Yang Patut Kamu Waspadai https://bisril.info/ini-dia-gejala-radang-usus-buntu-yang-patut-kamu-waspadai/ https://bisril.info/ini-dia-gejala-radang-usus-buntu-yang-patut-kamu-waspadai/#respond Tue, 13 Jul 2021 02:07:20 +0000 https://bisril.info/?p=1320 bisril.info – Usus buntu merupakan bagian usus besar yang bentuknya menyerupai kantung kecil berukuran 5-10 cm. Posisinya berada di ujung usus besar, dan berfungsi menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri baik. Oleh karena itu, jika usus buntu mengalami peradangan, maka kesehatan tubuh pun terancam. Radang usus buntu atau apendisitis adalah suatu kondisi di mana usus …

The post Ini Dia Gejala Radang Usus Buntu Yang Patut Kamu Waspadai appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Usus buntu merupakan bagian usus besar yang bentuknya menyerupai kantung kecil berukuran 5-10 cm. Posisinya berada di ujung usus besar, dan berfungsi menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri baik.

Oleh karena itu, jika usus buntu mengalami peradangan, maka kesehatan tubuh pun terancam. Radang usus buntu atau apendisitis adalah suatu kondisi di mana usus buntu tersumbat, bengkak dan meradang.

Jika peradangan pada usus buntu tidak tertangani dengan baik, dapat menyebabkan komplikasi hingga kematian. Oleh karena itu, penyakit usus buntu perlu kamu waspadai.

Lantas apa saja gejala penyakit usus buntu ini?

Gejala Penyakit Radang Usus Buntu

Radang usus buntu dapat menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Dengan gejala rasa nyeri di bagian perut, berawal dari pusar kemudian ke bagian kanan bawah. Dalam sekejap saja, rasa nyeri akan bertambah parah apalagi ketika kamu bergerak, batuk, bersin atau saat menarik napas dalam.

Perlu kamu ketahui, posisi usus buntu ini tidak sama pada setiap orang, tergantung usia dan kondisi. Seperti pada wanita hamil, rasa nyeri akibat peradangan usus buntu akan terasa di perut yang bagian atas.

Selain perasaan nyeri di sekitar perut, umumnya penderita radang usus buntu juga merasakan gejala lain. Antara lain :

  • Nafsu makan menurun
  • Tidak bisa kentut
  • Perut kembung
  • Beberapa penderita ada yang diare, ada pula yang justru konstipasi
  • Demam
  • Sering buang air kecil

Segera kunjungi dokter jika merasakan nyeri perut yang tak tertahankan hingga ke seluruh bagian perut. Sebab, kondisi tersebut dapat menjadi indikasi bahwa usus buntu telah pecah.

Penyebab Radang Usus Buntu Yang Perlu Kamu Waspadai

Apakah hobi mengonsumsi makanan pedas merupakan penyebab radang pada usus buntu? Ternyata berita itu adalah mitos belaka.

Menurut dr. Kristo HD, S.Pd (Founder & Chief Executive Officer, Internist & Vaccinologist In Harmony Clinic)  peradangan terjadi karena terdapat sisa makanan yang terjebak di dalam usus buntu.

Sisa makanan yang terjebak lama kelamaan akan terinfeksi bakteri. Jika bakteri terus berkembang biak dan membusuk, maka usus buntu akan membengkak, meradang bahkan bernanah.

Perlu kamu pahami, pada dasarnya makanan pedas memang menstimulasi kerja usus, namun bukan menjadi penyebab peradangan. Kendati demikian, beberapa dokter spesialis menyarankan agar mengurangi makanan pedas, lantaran dapat menambah rasa nyeri di perut.

Faktor lain yang menyebabkan peradangan usus buntu karena sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat kelelahan/ kurang tidur.

Selain itu, peradangan usus buntu juga dapat terjadi karena obstruksi fese (feses batu) yang menutup rongga usus buntu.

Tips Mencegah Peradangan Usus Buntu

Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Seperti ulasan di atas, salah satu penyebab usus buntu adalah feses yang mengeras. Agar hal tersebut tidak terjadi, mulailah mengonsumsi makanan tinggi serat.

Serat makanan dapat menarik lebih banyak air, sehingga tekstur feses menjadi lunak. Serat juga merangsang gerakan usus, mengakibatkan feses tidak akan menumpuk di usus.

Banyak Mengonsumsi Air Putih

Memakan makanan tinggi serat tidak akan berfungsi maksimal jika jarang konsumsi air putih. Minum cukup air putih dapat membantu kerja usus dan serat.

Idealnya, kamu harus minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Mengonsumi Makanan Yang Mengandung Probiotik

Cara mencegah peradangan pada usus buntu juga dapat mengonsumsi makanan probiotik. Makanan probiotik mengandung bakteri yang baik untuk usus.

Kamu bisa mengonsumsi yogurt, tempe, atau kimchi untuk menjaga sistem pencernaan.

 

Itulah beberapa gejala dan cara mencegah terjadinya radang usus buntu. Jika sudah terlanjur mengalami gejala di atas, sebaiknya segera kunjungi dokter spesialis penyakit dalam.

Agar kamu mendapatkan penanganan terbaik dan tidak perlu melakukan operasi apendiktomi / pengangkatan usus buntu. Semoga artikel di atas bermanfaat.

 

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

The post Ini Dia Gejala Radang Usus Buntu Yang Patut Kamu Waspadai appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/ini-dia-gejala-radang-usus-buntu-yang-patut-kamu-waspadai/feed/ 0
5 Rahasia Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Pria https://bisril.info/5-rahasia-khasiat-jahe-merah-bagi-kesehatan-pria/ https://bisril.info/5-rahasia-khasiat-jahe-merah-bagi-kesehatan-pria/#respond Mon, 12 Jul 2021 01:38:44 +0000 https://bisril.info/?p=1317 bisril.info – Indonesia sejak dahulu kala sudah terkenal kaya akan rempah-rempah yang mengandung khasiat herbal bagi kesehatan. Salah satu varian rempah yang berkhasiat dan bernutrisi adalah jahe merah. Jahe merah merupakan salah satu tanaman rimpang dari varian jahe yang berwarna merah, dan berukuran lebih kecil dari jahe putih. Biasanya baru bisa Kamu konsumsi saat berusia …

The post 5 Rahasia Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Pria appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Indonesia sejak dahulu kala sudah terkenal kaya akan rempah-rempah yang mengandung khasiat herbal bagi kesehatan. Salah satu varian rempah yang berkhasiat dan bernutrisi adalah jahe merah.

Jahe merah merupakan salah satu tanaman rimpang dari varian jahe yang berwarna merah, dan berukuran lebih kecil dari jahe putih. Biasanya baru bisa Kamu konsumsi saat berusia tua/ matang.

Jahe merah banyak mengandung minyak atsiri, sehingga rasanya lebih pedas ketimbang jahe biasa.  Selain itu, di dalam jahe merah juga mengandung zat lainnya. Apa saja itu? Cek ulasan di bawah ini.

Kandungan  Jahe Merah

Selain mengandung minyak atsiri, di dalam jahe merah juga terdapat senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan.

Melansir dari laman jagapati.com, dalam satu rimpang jahe merah terkandung capsaicin, farnesene, sinaloa, caprylic acid, aspartic, linolenic acid, Gingerdione. Senyawa-senyawa tersebut mungkin sedikit asing di telinga, namun ternyata mempunyai peranan penting dalam proses penyembuhan penyakit.

Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Pria

Khasiat jahe merah tidak hanya untuk menyembuhkan penyakit, lho.  Ternyata banyak pria yang rutin mengonsumsi jahe merah untuk meningkatkan vitalitas dan menjaga kesehatan.

Nah, berikut ini beberapa manfaat jahe merah bagi kesehatan pria.

Mengatasi Perut Buncit

Penampilan fisik pada dasarnya bukan hanya masalah perempuan saja. Ada beberapa pria yang kesal dan hilang kepercayaan diri jika mempunyai perut buncit.

Selain berolahraga dan mengatur pola makan, Kamu juga dapat rutin mengonsumsi wedang jahe merah. Hasil riset Institute for Human Nutrition of Columbia University menyebutkan bahwa mengonsumsi rebusan jahe merah dapat membuat kenyang lebih lama.

Jahe merah dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme di dalam tubuh, termasuk juga membakar lemak di perut.

Meningkatkan Kesuburan

Khasiat jahe merah bagi kesehatan pria yang lain adalah dapat meningkatkan kesuburan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dan androgenik di dalam jahe merah dapat menstimulasi jumlah hormon testosteron.

Meningkatkan Vitalitas Pria

Khasiat lain dari jahe merah bagi kesehatan pria adalah meningkatkan vitalitas. Karena kandungan minyak atsiri di dalam jahe merah memberikan efek afrodisiak.

Afrodisiak merupakan zat kimia yang membangkitkan hasrat seksual / libido. Zat ini mampu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh, termasuk di area penis.  Dengan demikian, pria yang mengonsumsi jahe merah dapat ereksi lebih lama.

Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit kanker yang sering menyerang pria seiring bertambahnya usia mereka.  Dengan rutin mengonsumsi jahe merah yang mengandung banyak antioksidan dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat, loh.

Menurut sebuah studi penelitian. Ekstrak jahe merah dapat efektif membunuh sel-sel kanker prostat dan menghambat pertumbuhannya.

Memperbaiki Kualitas Sperma

Nah, khasiat jahe merah bagi kesehatan pria yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah untuk memperbaiki kualitas sperma.

Kandungan jahe merah dapat memperbaiki sel-sel yang rusak serta membuang racun-racun di tubuh.

Kapan Waktu Yang Tepat Mengonsumsi Jahe Merah?

Agar lebih maksimal merasakan sensasi dan khasiat jahe merah bagi kesehatan, maka kamu perlu memperhatikan waktunya.

Kamu bisa mengonsumsi jahe merah saat pagi hari sebelum beraktivitas, dan malam hari sebelum tidur.  Kamu bisa mengolahnya menjadi wedang jahe merah dan mencampurnya dengan bahan lain, seperti serai, gula jawa, madu atau kayu manis.

 

Itulah ulasan tentang khasiat jahe merah bagi kesehatan pria. Jahe merah aman untuk kamu konsumsi maksimal 5 gram per hari. Jika mengonsumsi berlebihan dapat menimbulkan gangguan pencernaan, perut kembung dan mengganggu kerja obat diabet.

 

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

The post 5 Rahasia Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Pria appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/5-rahasia-khasiat-jahe-merah-bagi-kesehatan-pria/feed/ 0
Baby Blues, Sindrom Pasca Melahirkan Yang Mengkhawatirkan https://bisril.info/baby-blues-sindrom-pasca-melahirkan-yang-mengkhawatirkan/ https://bisril.info/baby-blues-sindrom-pasca-melahirkan-yang-mengkhawatirkan/#respond Sun, 11 Jul 2021 01:12:45 +0000 https://bisril.info/?p=1314 bisril.info – Melahirkan merupakan momen-momen yang paling indah bagi ibu dan ayah setelah menanti selama 9 bulan lamanya. Namun ternyata, banyak ibu yang mengalami gangguan psikologis pasca melahirkan bayi mereka, misalnya baby blues. Kondisi ini merupakan masalah psikologis yang terlihat sepele namun dapat berefek buruk pada ibu dan bayinya jika terlambat penanganan. Bagaimana bisa? Yuk, …

The post Baby Blues, Sindrom Pasca Melahirkan Yang Mengkhawatirkan appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Melahirkan merupakan momen-momen yang paling indah bagi ibu dan ayah setelah menanti selama 9 bulan lamanya. Namun ternyata, banyak ibu yang mengalami gangguan psikologis pasca melahirkan bayi mereka, misalnya baby blues.

Kondisi ini merupakan masalah psikologis yang terlihat sepele namun dapat berefek buruk pada ibu dan bayinya jika terlambat penanganan.

Bagaimana bisa? Yuk,  kita cari tahu jawabannya pada artikel di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat “Apa Itu Baby Blues”?

Baby blues merupakan salah satu sindrom yang banyak dialami oleh ibu pasca melahirkan. Sekitar 50-80% ibu yang baru melahirkan anak pertama mengalami baby blues.

Biasanya mereka akan merasakan perasaan sedih bahkan terkadang menangis tanpa sebab. Bahkan ada sebagian ibu yang juga mengalami gangguan kecemasan, mudah marah dan merasa insecure hingga muncul perasaan kesepian.

Melansir dari American Pregnancy Association, baby blues dapat terjadi setelah 2-3 hari ibu melahirkan. Jangan kuatir, biasanya gangguan psikologis ini bertahan hingga 1-2 minggu.

Secara umum, gangguan baby blues ini akan hilang dengan sendirinya setelah 2 minggu. Namun jika sampai lebih dari 2 minggu tak kunjung sembuh, maka Ibu perlu berkonsultasi dengan dokter ahli.

Karena baby blues yang tidak tertangani dan sembuh dapat mengarah menjadi depresi berat. Tentu saja, ini akan membahayakan.

Ciri-Ciri dan Penyebab Baby Blues Yang Perlu Ibu Ketahui

Lantas bagaimana ciri-ciri Ibu yang mengalami baby blues? Ibu baru pasca melahirkan yang mengalami baby blues akan menunjukkan  gejala sebagai berikut :

  • Mengalami perubahan mood yang cepat, sekali waktu bahagia namun beberapa menit kemudian dapat menangis tanpa alasan.
  • Ibu yang mengalami baby blues akan mudah marah dan lebih emosional
  • Ibu akan merasa lelah dan hilang percaya diri
  • Mengalami gangguan tidur
  • Dampak terburuk adalah tidak mau menyentuh bayinya

Berbicara tentang baby blues, kebanyakan memang menyerang ibu-ibu yang baru melahirkan anak pertama. Terang saja, setelah melahirkan memang banyak perubahan yang terjadi di dalam hidup Ibu.

Tanpa tersadar, perubahan-perubahan kebiasaan sebelum dan pasca melahirkan dapat menjadi salah satu penyebab Ibu mengalami baby blues. Lantas apa penyebab baby blues yang lainnya?

  1. Perubahan Hormon

Memang tak bisa menampik, bahwa kondisi kehamilan dan melahirkan berpengaruh pada hormon. Setelah melahirkan, kadar hormon berubah dengan drastis.

Di mana hormon estrogen dan progesteron akan menurun, sementara hormon prolaktin meningkat. Dan inilah yang menjadi pemicu Ibu mudah mengalami perubahan mood.

  1. Kesulitan Beradaptasi

Selain perubahan hormon, kesulitan beradaptasi dan kewalahan dengan tanggung jawab baru sebagai ibu dapat memicu kondisi baby blues.

  1. Perubahan Bentuk Tubuh

Ada sebagian Ibu yang mengalami baby blues karena insecure akan perubahan bentuk tubuh pasca melahirkan.

Dampak Baby Blues Terhadap Bayi

Baby blues yang Ibu alami ternyata juga mengganggu bayi. Seperti :

  • Bayi Menjadi Susah Tidur

Percaya tidak percaya, terdapat ikatan batin yang kuat di antara Ibu dan Anak. bagaimana tidak? Ternyata anak dapat merasakan perubahan suasana hati Ibu yang sedang tidak baik.

Alhasil, dampak baby blues adalah bayi akan lebih rewel dan mengalami gangguan tidur.

  • Perkembangan Bayi Terganggu

Dampak baby blues yang lain adalah perkembangan bayi terganggu. Mengapa demikian?

Gangguan baby blues yang Ibu alami dapat menyebabkan produksi ASI menurun, sehingga bayi tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Akibatnya, bayi akan lebih rewel karena masih lapar. Dan pertumbuhan serta perkembangannya terganggu karena kekurangan nutrisi.

Cara Mengatasi Baby Blues

Meski baby blues dapat sembuh dengan sendirinya. Namun tetap saja mengganggu dan membahayakan Ibu dan bayi.

Maka, jika Ibu mengenali ciri-ciri di atas sebaiknya segera melakukan tindakan untuk mengatasinya.

Ibu bisa meminta bantuan suami atau anggota keluarga lain untuk bergantian merawat dan menjaga si kecil. Sebab ibu pasca melahirkan juga butuh “me time” sejenak untuk menjalani hobi agar pikiran tetap stabil.

Jika perlu, Ibu bisa mulai bergabung dengan komunitas ibu-ibu menyusui/ ibu hamil agar mempunyai tempat untuk menuangkan pertanyaan seputar ibu dan anak.

Jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli tentang kondisi psikis pasca melahirkan agar mendapatkan perawatan yang tepat. Semoga paparan tentang baby blues dapat bermanfaat, ya!

 

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

The post Baby Blues, Sindrom Pasca Melahirkan Yang Mengkhawatirkan appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/baby-blues-sindrom-pasca-melahirkan-yang-mengkhawatirkan/feed/ 0
Panduan Melakukan Isolasi Mandiri Bagi Penderita Covid-19 Tanpa Gejala https://bisril.info/7-tips-panduan-melakukan-isolasi-mandiri-bagi-penderita-covid-19-tanpa-gejala/ https://bisril.info/7-tips-panduan-melakukan-isolasi-mandiri-bagi-penderita-covid-19-tanpa-gejala/#respond Fri, 09 Jul 2021 23:07:34 +0000 https://bisril.info/?p=1310 bisril.info – Isolasi Mandiri Belakangan ini, kasus covid-19 di Indonesia kembali meninggi, bahkan per 9 Juli 2021 bertambah 38.124 kasus baru. Angka yang cukup mencengangkan dan mengkhawatirkan. Berita di media menyebutkan bahwa sudah banyak RS yang menutup akses untuk pasien baru karena penuh. Sehingga banyak tenaga medis yang menyarankan bagi penyintas covid-19 tanpa gejala berat …

The post Panduan Melakukan Isolasi Mandiri Bagi Penderita Covid-19 Tanpa Gejala appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Isolasi Mandiri Belakangan ini, kasus covid-19 di Indonesia kembali meninggi, bahkan per 9 Juli 2021 bertambah 38.124 kasus baru. Angka yang cukup mencengangkan dan mengkhawatirkan.

Berita di media menyebutkan bahwa sudah banyak RS yang menutup akses untuk pasien baru karena penuh. Sehingga banyak tenaga medis yang menyarankan bagi penyintas covid-19 tanpa gejala berat agar melakukan isolasi mandiri saja di rumah.

Namun, penderita covid-19 tak boleh asal melakukan isolasi mandiri. Sebab, Kementerian Kesehatan telah membuat panduan yang aman ketika melakukan isolasi mandiri.

Begini Panduan Isolasi Mandiri

Melansir dari laman kawalcovid.19 terdapat beberapa hal menjadi rambu-rambu ketika melakukan isolasi mandiri di rumah sesuai dengan WHO.

Penggunaan Ruangan

Sebaiknya penderita covid-19 menggunakan area ruangan yang berbeda dengan anggota keluarga yang negatif. Pilih ruangan dengan ventilasi udara yang baik, agar aliran keluar masuknya udara tetap ada.

Selalu menjaga jarak dengan anggota keluarga lain yang tidak terpapar, minimal 2 meter. Jika fasilitas di rumah memadai, penderita covid-19 juga harus menggunakan kamar mandi yang terpisah.

Namun, jika terpaksa menggunakan kamar mandi bersamaan, pastikan untuk mensterilkan semua alat mandi, kran, gagang pintu dengan semprotan desinfektan.

Penggunaan Alat Makan

Pasien juga sebaiknya tetap beraktivitas di dalam kamar, termasuk ketika makan. Sebisa mungkin untuk mengurangi kontak dengan anggota keluarga lainnya.

Pasien harus mempunyai peralatan makan sendiri, dan menjaga agar anggota keluarga lain tidak menggunakannya. Pada saat mencuci peralatan makan, harus menggunakan sabun dan membilasnya dengan air panas.

Orang yang mencuci peralatan makan pun harus menggunakan sarung tangan sekali pakai. Setelah itu, selalu gunakan masker dan rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir atau hand sanitizer.

Pakaian Kotor

Sprei, selimut, dan baju pasien covid juga perlu perhatian khusus. Pada saat mencuci, rendam terlebih dahulu dengan air panas dan deterjen.

Selanjutnya, proses mencucinya pun tersendiri dan tidak bersamaan dengan pakaian dari penghuni rumah yang lain.

Periksa Suhu Tubuh dan Saturasi Oksigen Secara Berkala

Pasien covid-19 tetap harus selalu mengontrol suhu tubuh dan saturasi oksigen, sebagai langkah antisipasi jika mengalami penurunan kesehatan.

Lakukan hal ini setiap pagi dan malam, dan pastikan suhu tubuh tidak lebih dari 38 derajat celcius, serta saturasi tidak kurang dari 92.

Berjemur di Pagi Hari

Salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan berjemur di pagi hari selama 10-15 menit.

Tidak Menerima Tamu

Pasien covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri harus menolak tamu yang datang berkunjung.

Jika terpaksa berinteraksi dengan penghuni di rumah, maka pastikan tidak saling menyentuh, atau membuka masker.

Melakukan Penyemprotan Desinfektan Secara Rutin

Berbagai perlengkapan pasien yang sedang isolasi mandiri di rumah harus selalu dalam kondisi steril. Oleh karena itu, perlu melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin kepada semua peralatan.

Untuk mencegah penyebaran virus, maka kemasi semua sampah-sampah bekas pakai pasien dalam kantong tertutup sebelum membuangnya.

Berapa Lama Waktu Ideal Untuk Isolasi Mandiri?

Untuk menentukan berapa lama waktu isolasi mandiri memang tidak sama antara satu pasien dengan lainnya, tergantung dengan gejalanya.

  • Jika pasien covid tanpa gejala, maka cukup melakukan isolasi mandiri selama 10 hari sejak terkonfirmasi positif.
  • Untuk pasien covid dengan gejala ringan, maka waktu isolasi mandiri adalah 10 hari dengan menambah 3 hari. Untuk memastikan telah bebas dari demam dan gangguan pernapasan.
  • Namun ada beberapa orang yang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sejak terkonfirmasi atau berinteraksi erat dengan pasien covid-19.

Jika  setelah 14 hari masih merasakan gejala demam dan gangguan pernapasan, maka pasien dapat menambah masa isolasi mandiri.

Agar lebih yakin, pasien covid-19 dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter apakah masa isolasi mandiri sudah selesai atau perlu tambah hari.

Itulah beberapa panduan yang perlu kamu perhatikan pada saat melakukan isolasi mandiri. Jangan lupa tetap lakukan olahraga ringan, dan mengonsumsi beberapa vitamin serta tidur cukup, agar kondisi badan tetap fit. Stay safe

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

The post Panduan Melakukan Isolasi Mandiri Bagi Penderita Covid-19 Tanpa Gejala appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/7-tips-panduan-melakukan-isolasi-mandiri-bagi-penderita-covid-19-tanpa-gejala/feed/ 0