Pasca Lebaran, Waspadai 8 Tanda Kolesterol Tinggi

bisril.info – Tanda Kolesterol Tinggi Lebaran memang identik dengan hidangan ketupat opor, rendang, atau kue kering manis yang menggugah selera makan. Apalagi jika menyantapnya sambil berkumpul bersama keluarga besar. Sayangnya, makanan khas lebaran terbuat dari bahan-bahan yang dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, salah satunya adalah kolesterol tinggi.

Pengertian Kolesterol Tinggi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kolesterol tinggi, sebaiknya Anda memahami jenis kolesterol serta fungsinya di dalam tubuh.

Pada dasarnya, kolesterol merupakan zat yang berada di dalam tubuh. Tubuh menghasilkan kolesterol untuk memproduksi hormon dan membantu proses pencernaan. Namun kolesterol tidak dapat larut di dalam darah, sehingga membutuhkan lipoprotein untuk menyalurkannya ke seluruh tubuh.

Terdapat dua jenis lipoprotein, yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein).

  • LDL berfungsi mentransfer kolesterol menuju seluruh tubuh lewat pembuluh darah arteri. Namun jika terlalu banyak menempel di dalam darah akan menumpuk menjadi plak. Batas normal LDL adalah kurang dari 100 mg/dL.
  • HDL berperan mengembalikan kolesterol ke hati yang kemudian akan keluar dari tubuh. Sebagian orang menyebut HDL adalah kolesterol baik. Batas normal HDL adalah 60 mg/dL.

Apabila Anda memiliki kadar LDL yang lebih tinggi daripada HDL, maka Anda termasuk ke dalam orang dengan kolesterol tinggi. Karena plak yang menempel pada dinding arteri dapat menurunkan aliran darah, sehingga dapat menimbulkan beberapa komplikasi.

8 Tanda Kolesterol Tinggi

Amati tanda-tanda berikut ini untuk mewaspadai adanya ketidakseimbangan kolesterol di dalam tubuh, seperti :

Nyeri Dada

Tanda pertama yang paling mudah Anda kenali adalah nyeri pada bagian dada atau angina. Penumpukan pada pembuluh darah menyebabkan aliran darah yang menuju jantung menjadi tidak lancar.

Baca Juga  Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha

Akibatnya, jantung tidak mendapatkan suplai oksigen sesuai kebutuhan. Jika fatal, yang terjadi adalah serangan jantung.

Sering Kesemutan atau Mati Rasa

Tanda kolesterol tinggi yang lain adalah sering merasa kesemutan di area tangan atau kaki. Penyempitan pembuluh arteri yang menyuplai darah menyebabkan beberapa bagian tubuh kekurangan darah. Itulah mengapa Anda sering merasa kesemutan/ mati rasa.

Mudah lelah

Tanda-tanda kolesterol tinggi memang tidak spesifik. Namun pada beberapa kasus, kondisi tubuh dapat merasa cepat lelah.

Penyebabnya adalah berkurangnya aliran darah ke seluruh jaringan tubuh akibat plak pada pembuluh darah arteri.

Mudah Mengantuk

Perasaan mudah mengantuk dapat menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi karena suplai oksigen ke otak yang kurang. Waspadalah jika Anda mulai sering merasa mengantuk, sekalipun sudah cukup beristirahat.

Leher Terasa Pegal-Pegal

Tanda ketidakseimbangan kolesterol LDL dan HDL yang lain adalah tengkuk/ leher terasa pegal-pegal. Hal ini karena penumpukan plak pada pembuluh darah di area leher yang menghalangi darah menuju ke otak.

Sembelit

Sekalipun sembelit dapat juga karena salah makan, namun beberapa ahli mengatakan bahwa penumpukan LDL dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Disfungsi Ereksi

Penumpukan LDL dapat memicu disfungsi ereksi, baik pada wanita atau pria. Karena plak yang menumpuk akan menghalangi aliran darah ke area genital. Semakin tinggi LDL maka semakin besar kemungkinan mengalami disfungsi ereksi/ kehilangan nafsu seksual.

Mengalami Xanthoma

Xanthoma adalah pembengkakan akibat lemak berkembang di dalam kulit. Ukurannya beragam, mulai dari seukuran jerawat hingga sebesar anggur. Lazimnya, berwarna kuning atau oren dan muncul di area tangan, kaki dan bokong.

 

Itulah beberapa tanda mengalami kolesterol tinggi di dalam darah yang patut Anda waspadai, karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Mulailah ubah gaya hidup, jaga pola makan dan perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Kalau bukan dari diri sendiri, siapa lagi?

Baca Juga  Catat! 7 Penyakit Kelamin Yang Perlu Kamu Waspadai

Artikel yang lain :

  1. Tips Cara Hilangkan Jerawat Secara Alami
  2. 4 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Obat-obatan
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Kenali 4 Fakta Badai Sitokin, Penyebab Kematian Pada Pasien COVID-19
  5. Inilah 5 Jenis Masker Terbaik Untuk Mencegah Terpapar Virus COVID-19

About Bisril Hafiz

Check Also

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19

bisril.info – Seiring dengan melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 belakangan ini, dan berita kematian yang seolah …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x