Hewan Peliharaan – Bisril.Info https://bisril.info Tutorial, Handphone, Ramalan & Peliharaan Fri, 01 Apr 2022 14:08:26 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.1.1 https://bisril.info/wp-content/uploads/2021/12/cropped-LOGO-BSRL-1-32x32.png Hewan Peliharaan – Bisril.Info https://bisril.info 32 32 Bahaya, Segera Obati Cacingan Pada Kucing https://bisril.info/bahaya-segera-obati-cacingan-pada-kucing/ https://bisril.info/bahaya-segera-obati-cacingan-pada-kucing/#respond Fri, 26 Feb 2021 16:09:33 +0000 https://bisril.info/?p=836 bisril.info – Obati Cacingan Pada Kucing Cacingan merupakan penyakit yang cukup wajar dialami oleh seekor kucing. Sekalipun kondisi kesehatan kucing telah diawasi dengan sangat ketat, cacingan kerap diderita oleh kucing. Meski wajar dialami kucing, namun cacing dapat mempengaruhi kondisi kesehatannya, seperti diare, kekurangan nutrisi hingga badan terlihat lesu. Itulah sebabnya, Kamu harus rutin memberikan obat …

The post Bahaya, Segera Obati Cacingan Pada Kucing appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Obati Cacingan Pada Kucing Cacingan merupakan penyakit yang cukup wajar dialami oleh seekor kucing. Sekalipun kondisi kesehatan kucing telah diawasi dengan sangat ketat, cacingan kerap diderita oleh kucing. Meski wajar dialami kucing, namun cacing dapat mempengaruhi kondisi kesehatannya, seperti diare, kekurangan nutrisi hingga badan terlihat lesu.

Itulah sebabnya, Kamu harus rutin memberikan obat cacing kepada kucing kesayanganmu.

Terdapat dua jenis cacing yang umumnya ditemukan di dalam tubuh kucing, yaitu :

  • Cacing pita : biasanya menempel di dinding usus dan menyebabkan kembung, diare atau kerusakan pada bulu kucing. Cacing pita terlihat di feses seperti butiran beras.
  • Cacing gelang : berada di dalam usus kecil anak kucing, dan menyebabkan penyumbatan usus.

Ciri-Ciri Kucing Yang Cacingan

Waspadai ciri-ciri kucing yang menderita cacingan di bawah ini:

  • Badan menjadi kurus dan perut buncit

Kucing yang cacingan biasanya ditandai dengan badan kurus tetapi perut membuncit. Ciri-ciri tersebut merupakan gejala fisik yang paling terlihat dan mencolok ketika kucing cacingan.

  • Kucing menjadi lebih cepat haus atau frekuensi minum yang berlebihan

Apabila kucing kesayanganmu menunjukkan gejala sering haus tapi tidak mau makan, maka Kamu perlu waspada.

  • Warna feses berubah

Warna feses kucing yang cacingan  biasanya menjadi putih.

  • Muntah-muntah

Muntah-muntah merupakan salah satu tanda kucing cacingan. Hal tersebut terjadi karena usus tidak berfungsi dengan baik. Biasanya di dalam cairan muntahan kucing, keluar cacing yang seperti spagheti.

  • Adanya cacing di dalam feses kucing

Apabila Kamu melihat cacing yang bergeliat di feses kucing, segera beri obat cacing khusus kucing.

  • Menurunnya nafsu makan

Cacing yang berdiam di dalam usus dapat melukai dan menginfeksinya. Cacing akan menggerogoti nutrisi di dalam tubuh sehingga membuat kucing menjadi lemas dan malas makan.

  • Gusi terlihat memutih

Karena nutrisi yang diserap tubuh berkurang maka menyebabkan gusi menjadi putih atau pucat.

  • Kucing terlihat kusam dan bulu rontok

Waspada jika melihat warna bulu kucing menjadi lebih kusam.

 

Begini Cara Mengobati Dan Mengatasi Kucing yang Cacingan

Apabila kucing kesayangan Kamu menunjukkan tanda-tanda di atas, sebaiknya harus segera diobati. Berikut adalah beberapa cara mengobati kucing yang cacingan, antara lain:

  • Memberi obat cacing sesuai jenisnya

Kucing yang cacingan harus diberi obat cacing khusus. Merek umum yang dijual di petshop adalah drontal cat. Kandungan obat ini cukup lengkap untuk membunuh cacing gelang / pita. Konsultasikan dengan dokter mengenai anjuran dosis pemakaian yang sesuai usia dan berat tubuh kucing.

  • Melanjutkan pemberian obat cacing dengan teratur

Pemberian obat cacing memang harus teratur sesuai dosisnya. Biasanya pemberian obat cacing pada minggu pertama bertujuan untuk membunuh cacing dewasa. Kemudian pada pemberian di minggu kedua akan membunuh larva cacing.

  • Memastikan kandang kucing selalu bersih

Kucing yang cacingan akan mengeluarkan cacing atau larvanya melalui kotoran mereka. Oleh karena itu, Kamu harus memastikan bahwa litter box  selalu dalam kondisi bersih. Apalagi jika Kamu memelihara banyak kucing.

  • Memberi bawang putih pada kucing yang cacingan

Siapa yang menyangka bahwa bumbu dapur satu ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati kucing yang cacingan. Pasalnya, di dalam bawang putih terkandung nutrisi dan antiseptik yang bisa menghilangkan cacing. Sebelum diberikan kepada kucing, Kamu harus menghaluskan bawang putih terlebih dahulu dan mencampurnya ke dalam makanan kucing. Untuk menghindari penolakan, sebaiknya bawang putih dicampurkan ke dalam makanan basah.

 

Itulah cara mengobati dan mengatasi kucing cacingan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Jika kondisi kucing memburuk, karena tubuh lemas sebaiknya segera hubungi dokter hewan langganan. Semoga bermanfaat, ya!

 

Artikel Relavan : liyfestle

Artikel yang lain :

  1. Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil
  2. Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing
  3. STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing
  4. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?
  5. Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes

The post Bahaya, Segera Obati Cacingan Pada Kucing appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/bahaya-segera-obati-cacingan-pada-kucing/feed/ 0
Kucing MixDome, Ras Campuran Yang Populer Jadi Peliharaan https://bisril.info/kucing-mixdome-ras-campuran-yang-populer-jadi-peliharaan/ https://bisril.info/kucing-mixdome-ras-campuran-yang-populer-jadi-peliharaan/#respond Fri, 26 Feb 2021 15:54:35 +0000 https://bisril.info/?p=815 bisril.info – Seperti diketahui, ras kucing yang tersebar di dunia ini cukup banyak, bahkan mereka juga dilengkapi dengan keunikan masing-masing. Ras kucing sendiri terbagi yang asli dan campuran (hasil dari persilangan). Salah satu ras campuran yang cukup populer adalah kucing mixdome. Apa sih kucing mixdome itu? Mau tahu paparan lengkap tentang kucing mixdome? Yuk, simak …

The post Kucing MixDome, Ras Campuran Yang Populer Jadi Peliharaan appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Seperti diketahui, ras kucing yang tersebar di dunia ini cukup banyak, bahkan mereka juga dilengkapi dengan keunikan masing-masing. Ras kucing sendiri terbagi yang asli dan campuran (hasil dari persilangan). Salah satu ras campuran yang cukup populer adalah kucing mixdome. Apa sih kucing mixdome itu?

Mau tahu paparan lengkap tentang kucing mixdome? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Pengertian Kucing Mixdome

Kucing mixdome merupakan kucing campuran yang lahir dari persilangan ras berbeda. Istilah mixdome sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Mix” yang berarti campuran dan “Dome” artinya domestik/ asli/ lokal.

Kebanyakan kucing ini merupakan hasil perkawinan kucing ras dan domestik. Di Indonesia sendiri, jenis kucing mixdome yang paling banyak ditemui adalah mixdome persia, mixdome anggora, mixdome himalaya dan mixdome calico.

Sudah terbayang kan bagaimana menggemaskan anak kucing hasil perkawinan silang ini?

Ciri-Ciri Unik Kucing Mixdome

Sebelumnya, Kamu harus memahami terlebih dahulu ciri khusus kucing domestik, yaitu berbulu pendek dan memiliki wajah khas dengan sedikit moncong. Apabila kamu telah mengetahui ciri khas kucing domestik, maka akan lebih mudah mengenali kucing mixdome.

Berikut ciri-ciri umum yang dapat digunakan sebagai acuan, yaitu :

  • Bulu kucing semi panjang, bahkan ada beberapa kucing mixdome yang memiliki bulu panjang meski tidak sepanjang milik kucing ras asli
  • Bulu halus dan lembut seperti kucing ras
  • Corak bulunya identik dengan yang dimiliki kucing ras

Selain ciri fisik tersebut, Kamu juga bisa mengenali karakter umum dari kucing mixdome. Misalnya lebih pendiam, suka bermanja dan lucu.

Mereka sangat sekali bermanja-manja dengan pemiliknya, dan senang bila diajak bermain. Mereka juga berumur lebih panjang, yaitu hingga 20 tahun. Hati-hati, bagi Kamu yang memiliki kucing mixdome betina, sebab mereka rajin kawin dan mudah terangsang. Sehingga akan lebih sering melahirkan. Jika perlu, lakukan sterilisasi baik pada kucing betina maupun jantan.

Cara Merawat Kucing Mixdome yang Tepat dan Benar

Cara merawat kucing mixdome jauh lebih mudah dibanding dengan kucing ras asli. Berikut cara merawat yang tepat dan benar:

Perhatikan jenis bulunya

Pertama-tama, Kamu bisa memperhatikan jenis bulunya, apakah termasuk kategori short hair, medium hair atau long hair. Apabila kucing mixdome berbulu pendek maka perlu menyikat bulunya seminggu sekali, agar bulu tidak rontok.

Sedang kucing mixdome berbulu sedang dan panjang, sebaiknya disikat menggunakan sisir khusus agar tidak terlihat kusam/ menggumpal.

Dimandikan dua minggu sekali

Kucing mixdome tidak perlu dimandikan terlalu sering, minimal 2 minggu sekali atau jika terlihat bulu sangat kotor. Kamu juga perlu merawat kondisi telinga kucing agar terhindar dari penumpukan zat lilin.

Potong kuku minimal sebulan sekali

Dalam memberikan perawatan kepada kucing mixdome, jangan lupakan area kuku mereka. Kamu perlu memotong kuku mereka minimal sebulan sekali menggunakan gunting khusus kucing.

Perhatikan kebutuhan gizi kucing mixdome

Seperti halnya manusia, kucing mixdome juga membutuhkan nutrisi yang cukup dan kebutuhan cairan harus terjaga agar tidak dehidrasi.  Kamu juga bisa memberinya makanan nasi dicampur dengan daging ikan yang telah dimasak sebelumnya. Lazimnya, kucing mixdome kurang menyukai makanan kering.

Harga Kucing Mixdome di Pasaran

Harga kucing mixdome di pasaran lebih murah dibanding ras asli, yaitu berkisar antara Rp. 100 ribu hingga Rp. 2 juta. Harga yang berlaku tergantung dengan ras asli induk mereka.

 

Pada dasarnya, apapun jenis ras kucingnya jika dirawat dan dipelihara dengan baik, mereka akan tumbuh menjadi makhluk lucu yang super menggemaskan. Jadi, sudah siap memelihara kucing mixdome?

Artikel Relavan : kompas

Artikel yang lain :

  1. Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil
  2. Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing
  3. STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing
  4. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?
  5. Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes

 

The post Kucing MixDome, Ras Campuran Yang Populer Jadi Peliharaan appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/kucing-mixdome-ras-campuran-yang-populer-jadi-peliharaan/feed/ 0
Cats Lover Wajib Tahu! Begini Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan https://bisril.info/cats-lover-wajib-tahu-begini-ciri-ciri-kucing-mau-melahirkan/ https://bisril.info/cats-lover-wajib-tahu-begini-ciri-ciri-kucing-mau-melahirkan/#respond Wed, 24 Feb 2021 16:10:46 +0000 https://bisril.info/?p=802 bisril.info – Begini Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan Memiliki hewan peliharaan dapat meningkatkan kebahagiaan bagi kamu. Itulah mengapa, memahami karakteristik serta pola kehidupan hewan peliharaan menjadi sangat penting. Dari cara memelihara, jenis makanan, pola kehidupan hingga perkara kelahiran dan kehamilan. Terutama bagi kamu yang memelihara kucing berusia dewasa, sangat penting untuk  memiliki pengetahuan mengenai kehamilan dan …

The post Cats Lover Wajib Tahu! Begini Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Begini Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan Memiliki hewan peliharaan dapat meningkatkan kebahagiaan bagi kamu. Itulah mengapa, memahami karakteristik serta pola kehidupan hewan peliharaan menjadi sangat penting. Dari cara memelihara, jenis makanan, pola kehidupan hingga perkara kelahiran dan kehamilan.

Terutama bagi kamu yang memelihara kucing berusia dewasa, sangat penting untuk  memiliki pengetahuan mengenai kehamilan dan kelahiran kucing. Mengingat hal tersebut adalah life cycle dari kucing kesayangan, maka sehingga setiap prosesnya tidak boleh diremehkan.

Artikel kali ini akan memberikan penjelaskan tentang ciri-ciri kucing yang akan melahirkan. Apakah Kamu bisa membayangkan akan segera punya beberapa anak kucing yang begitu menggemaskan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Ciri-ciri Kehamilan Kucing

Sebelum mengetahui bagaimana ciri-ciri kucing mau melahirkan, akan lebih baik jika kamu mengetahui proses kehamilan kucing. Sama seperti manusia, kucing juga mengalami  perubahan hormon saat masa kehamilan, seperti :

  • Menjadi Lebih Manja

Beberapa kucing akan lebih manja daripada biasanya. Walau tidak selalu ciri-ciri kucing hamil, tetapi kamu bisa lebih waspada apabila berbarengan dengan tanda-tanda yang lain.

  • Nafsu Makan semakin tinggi

Kucing yang hamil membutuhkan asupan nutrisi jauh lebih banyak dari sebelumnya. Pemenuhan energi tambahan ini juga penting bagi kesehatan janin kucing.

  • Lebih sering muntah

Sama halnya manusia, kucing hamil juga akan menunjukkan muntah-muntah. Meskipun muntah bukan hanya indikasi kucing sedang hamil, tidak ada salahnya untuk membawanya ke dokter.

  • Perut kucing membesar

Salah satu ciri yang tampak adalah membesarnya ukuran perut kucing.

  • Perubahan pada warna puting

Biasanya perubahan warna puting pada kucing hamil cenderung menjadi lebih merah. Selain itu, puting menjadi lebih menonjol dari biasanya.

Apabila kucing di rumah kamu mengalami gejala tersebut, lebih baik segera membawa ke dokter hewan untuk memastikan kondisinya lebih lanjut. Apakah benar-benar hamil atau karena sakit, sehingga kamu bisa mengambil langkah preventif.

Pada umumnya masa kehamilan kucing adalah 64 hingga 67 hari, atau 9 minggu. Saat mendekati masa melahirkan, sebaiknya kamu bersiap untuk anggota baru keluarga.

Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Detik-detik melahirkan merupakan waktu yang mendebarkan, tetapi jika kamu sudah mengetahuinya tanda-tanda kucing akan melahirkan, maka akan menjadi lebih tenang. Berikut ciri-ciri kucing mau melahirkan, seperti:

  • Membesarnya kelenjar susu

Semakin membesarnya kelenjar susu. Biasanya jika kelenjar susu mulai membesar dalam hitungan 2 sampai 4 hari kucing akan segera melahirkan.

  • Suhu tubuh berubah

Perubahan suhu tubuh pada kucing bisa jadi salah satu tanda bahwa dia akan segera melahirkan.

  • Kucing mulai terlihat gelisah mencari tempat persembunyian baru

Kucing akan mulai mencari tempat baru untuk menyendiri dan melahirkan. Mereka akan mencari tempat yang hangat dan minimum dari serangan predator. Itulah mengapa, kucing lebih sering melahirkan di dalam lemari atau kardus.

  • Lebih sering menjilati tubuhnya

Kucing kamu akan lebih sering menjilat badannya untuk membasuh diri. Juga ada tanda spesifik seperti menjilat vulva, sebelum kelahiran kucing benar-benar dimulai.

Apabila kucing mengalami semua tanda-tanda tersebut, lebih baik kamu mulai bersiap. Meski pada dasarnya kucing tidak memerlukan bantuan dari manusia ketika melahirkan. Namun Kamu tetap perlu waspada dan menyiapkan tempat ternyaman untuk melahirkan.

Proses kelahiran kucing lazimnya berlangsung setengah hari untuk melahirkan ke semua anaknya.  Anak kucing yang dilahirkan masih berkantung ketuban. Selanjutnya induk kucing akan menstimulasi anaknya untuk bernapas dengan menjilat cairan ketuban tersebut.

Induk kucing membutuhkan jeda waktu untuk istirahat sebelum kembali mengeluarkan anak lainnya. Kamu bisa memberi makanan kepada induk kucing di sela waktu dia beristirahat. Kunjungi dokter jika Kamu melihat tanda-tanda yang mengkhawatirkan.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Artikel Relavan : suara

Artikel yang lain :

  1. Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil
  2. Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing
  3. STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing
  4. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?
  5. Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes

The post Cats Lover Wajib Tahu! Begini Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/cats-lover-wajib-tahu-begini-ciri-ciri-kucing-mau-melahirkan/feed/ 0
Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing https://bisril.info/ini-dia-8-bau-bauan-yang-tidak-disukai-kucing/ https://bisril.info/ini-dia-8-bau-bauan-yang-tidak-disukai-kucing/#respond Wed, 24 Feb 2021 16:06:19 +0000 https://bisril.info/?p=799 bisril.info – Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga memiliki indera penciuman yang tajam. Tahukah kamu? Kucing memiliki begitu banyak sel sensor pembauan, bahkan 16 kali lebih baik daripada manusia, atau  lebih dari 200 juta sel sensor penciuman.  Inilah salah satu alasan mengapa ada beberapa bau yang dapat terindera dengan baik …

The post Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga memiliki indera penciuman yang tajam. Tahukah kamu? Kucing memiliki begitu banyak sel sensor pembauan, bahkan 16 kali lebih baik daripada manusia, atau  lebih dari 200 juta sel sensor penciuman.  Inilah salah satu alasan mengapa ada beberapa bau yang dapat terindera dengan baik oleh kucing tetapi tidak oleh manusia.

Dengan tingginya sensitivitas indera penciuman pada kucing, maka kamu dapat menghindarkan beberapa benda dalam rumah.  Agar kucing tetap betah bermain dan berada di dalam rumah. Apa saja bau-bauan yang tidak disukai kucing? Yuk, cek info lengkapnya di bawah ini!

Bau-bauan Yang Tidak Disukai Kucing

Penciuman kucing sangat peka pada bau-bauan yang dianggap wajar oleh manusia. Ada beberapa bau dan aroma yang tidak akan kucing sukai:

  • Aroma jeruk

Kucing juga tidak menyukai aroma jeruk, apapun jenis jeruknya. Jadi hal ini dapat kamu gunakan untuk menghindarkan kucing mendekati area tertentu dalam rumah. Seperti kamar bayi, atau tempat pakaian. Kamu juga bisa mengusir kucing liar dengan menaruh kulit jeruk di depan pintu.

  • Aroma pisang

Salah satu aroma lain yang tidak disukai oleh kucing, adalah buah pisang. Apalagi aroma kulit pisang yang terlalu lama tidak dibuang.

  • Plastik litter box

Litter box merupakan barang yang sangat dekat dengan kucing. Namun dalam kondisi tertentu kucing sangat membencinya. Aroma plastik dari litter box yang terlalu kotor atau sangat lama terpapar sinar matahari  akan mengeluarkan bau  sangat mengganggu kucing.

  • Bau rokok

Bukan hanya manusia saja yang kurang menyukai asap rokok, begitu juga kucing. Asap rokok atau dari hasil pembakaran lainnya sangat mengganggu kucing, karena dapat mengganggu kesehatannya. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kucing yang tinggal dengan perokok rentan terserang kanker darah atau risiko berkurangnya imunitas.

  • Bau cabe

Kucing tidak menyukai semerbak aroma cabe yang menyeruak ketika memasak di dapur. Aroma cabe terlalu mengganggu indera penciuman kucing. Untuk mengurangi aroma cabe yang menyengat, Kamu bisa membuka lebar jendela dapur atau menjauhkan kucing dari area dapur. Aroma cabe dapat membuat kucing stress.

  • Aroma tanaman herbal

Penciuman kucing sangat sensitif pada bau-bauan yang tajam. Seperti yang kita ketahui, tanaman herbal mengeluarkan aroma kuat. bahkan , manusia pun seringkali tidak tahan dengan baunya.

Beberapa tanaman herbal seperti lavender, rosemary, pennyroyal sangat tidak disukai oleh kucing. Apabila Kamu hendak mengusir kucing liar yang sering buang air sembarangan, cobalah untuk menanam tanaman herbal di halaman rumah.

  • Aroma parfum

Ada beberapa pihak mengatakan bahwa aroma parfum yang tercium oleh kucing dapat menyebabkan mereka keracunan. Sebab, parfum mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan kucing. Jadi, jika Kamu ingin menggunakan parfum, sebaiknya pilihlah aroma yang lebih soft.

  • Daun mint, juga sama seperti beberapa hal lain yang beraroma sama seperti mentol. Kucing akan cenderung membenci bau-bau seperti itu. Berbagai aroma menthol, seperti minyak kayu putih, minyak angin sangat dibenci oleh kucing. Aroma mint dapat mengganggu pernapasannya. Oleh sebab itu, menjauhlah dari kucing kesayanganmu setelah mengoles minyak angin.

Jarang terjadi, tetapi beberapa kucing juga membenci aroma dari kucing lain. Tetapi hal ini lebih condong kepada penandaan wilayah saja.

Nah, itulah 8 bau-bauan yang dibenci kucing. Kamu bisa menggunakan bau-bauan tersebut untuk menjauhkan kucing dari area tertentu, maupun mengusir kucing liar. Semoga informasi di atas dapat membantu, ya.

 

Artikel Relavan : suara

Artikel yang lain :

  1. Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil
  2. Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing
  3. STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing
  4. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?
  5. Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes

The post Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/ini-dia-8-bau-bauan-yang-tidak-disukai-kucing/feed/ 0
Ternyata Begini Arti Posisi Tidur Kucing https://bisril.info/ternyata-begini-arti-posisi-tidur-kucing/ https://bisril.info/ternyata-begini-arti-posisi-tidur-kucing/#respond Wed, 24 Feb 2021 15:58:49 +0000 https://bisril.info/?p=796 bisril.info – Arti Posisi Tidur Kucing pada Binatang berbulu yang satu ini memang lucu dan juga manja. Setiap gerak-geriknya selalu berhasil menghibur pemiliknya, bahkan dalam kondisi tertidur pun masih saja terlihat menggemaskan. Berbicara soal tidur, ternyata kucing menghabiskan 83% waktunya hanya untuk tidur dan beristirahat.  Total dalam sehari, rata-rata tidurnya mencapai 15-20 jam. Tanpa disadari, …

The post Ternyata Begini Arti Posisi Tidur Kucing appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Arti Posisi Tidur Kucing pada Binatang berbulu yang satu ini memang lucu dan juga manja. Setiap gerak-geriknya selalu berhasil menghibur pemiliknya, bahkan dalam kondisi tertidur pun masih saja terlihat menggemaskan.

Berbicara soal tidur, ternyata kucing menghabiskan 83% waktunya hanya untuk tidur dan beristirahat.  Total dalam sehari, rata-rata tidurnya mencapai 15-20 jam. Tanpa disadari, setiap posisi tidur kucing memiliki arti dan tujuan yang berbeda, bahkan dapat menunjukkan suasana hati mereka.

Yuk, simak ulasan berikut  untuk mengenali makna dan suasana hati hewan peliharaanmu!

8 Makna Posisi Tidur pada Kucing

1.   Tidur Meringkuk

Posisi meringkuk merupakan salah satu kesukaan kucing. Biasanya tubuh kucing akan menelungkup, kepala mendekat ke dada sedangkan ekor menekuk dan melingkari badan. Posisi ini dapat menghangatkan diri ketika cuaca dingin sekaligus posisi paling aman untuk melindungi organ dalam yang rapuh.

Jika Kamu melihat kucing tidur dengan posisi meringkuk, sebaiknya jangan mengganggu. Karena tidur meringkuk juga merupakan sebuah tanda bahwa kucing tidak ingin diganggu.

2.   Posisi Tidur Seperti Roti

Pernahkah Kamu melihat kucing menekuk kaki hingga ke bawah bagian, sementara badan tetap tegak dan mata terpejam, persis seperti roti? Jangan salah mengira, ternyata kucing tidak benar-benar tertidur, mereka hanya beristirahat/ relaksasi untuk mengumpulkan kembali energi.

Itulah sebabnya, kucing yang berpose seperti ini menunjukkan kesan siaga akan ancaman yang datang.

3.   Tidur Dengan Posisi Telentang

Bagian perut adalah area yang paling rentan dan sangat dilindungi oleh kucing, sehingga mereka jarang memperlihatkannya. Oleh karena itu, posisi telentang sangat jarang dilakukan oleh kucing.

Namun, jika Kamu menemukan kucing tidur dengan posisi telentang, kaki dan perut yang terbuka artinya mereka sedang merasa nyaman dan aman. Sehingga tidak perlu lagi melindungi area vitalnya. Biasanya kucing akan tertidur dengan posisi terlentang ketika berada di sofa tau di dalam ruangan.

4.   Tidur Dengan Posisi Mata Mengarah Padamu dan Tertutup Sebagian

Posisi seperti ini merupakan tanda bahwa kucing masih setengah sadar atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Posisi ini terlihat nyaman, ternyata tidak bagi kucing.

Dengan posisi tidur seperti ini, menunjukkan bahwa mereka sedang siaga dan waspada.

Kucing dapat menghabiskan waktu hingga berjam-jam dengan pose seperti ini. Meskipun merasa sangat mengantuk, namun mereka tetap memperhatikan sekitar hingga menemukan kenyamanan.

5.   Posisi Menyembunyikan Muka

Jangan sekali-kali mengganggu jika Kamu melihat kucing yang tertidur dengan menyembunyikan wajah. Posisi ini menandakan bahwa dia sedang tidak ingin disentuh atau diganggu.

Seperti halnya manusia, kucing pun membutuhkan ketenangan dan kedamaian, dengan menyembunyikan wajah ke bawah bantal atau menutupi dengan tangan mereka.

6.   Posisi Tidur Yang Miring

Posisi selanjutnya adalah tidur miring, yang menandakan kucing merasa nyaman, atau damai berada di sekitarmu. Ketika tidur miring, tandanya dia benar-benar terlelap hingga tidak mengkhawatirkan hal-hal sekitar.

7.   Tidur Di Atas Tubuh Pemiliknya

Ketika kucing tertidur di atas tubuhmu pertanda dia ingin bermanja-manja. Jika kucing memilih tidur di antara kaki pemiliknya pertanda mereka ingin selalu berdekatan.

Jika kucing memilih tidur dekat dengan pemiliknya artinya mereka sedang mencari kehangatan. Mereka juga senang memeluk pemiliknya ketika tertidur untuk menemukan kenyamanan.

8.   Tidur dengan tubuh meregang

Jika kucing tidur dengan tubuh meregang, artinya mereka sedang berada di kondisi yang benar-benar rileks. Ketika kondisi ini mereka akan susah dibangunkan. Jadi biarkan mereka tidur terlelap.

 

Itulah 8 posisi tidur kucing yang paling umum dilakukan beserta artinya. Jadi, posisi manakah yang menjadi favorit kucing peliharaan Kamu?

Artikel Relavan : kompas

Artikel yang lain :

  1. Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil
  2. Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing
  3. STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing
  4. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?
  5. Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes

The post Ternyata Begini Arti Posisi Tidur Kucing appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/ternyata-begini-arti-posisi-tidur-kucing/feed/ 0
Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil https://bisril.info/tips-sukses-kawinkan-kucing-dijamin-berhasil/ https://bisril.info/tips-sukses-kawinkan-kucing-dijamin-berhasil/#respond Fri, 12 Feb 2021 02:19:02 +0000 https://bisril.info/?p=791 bisril.info – Pada dasarnya, Cara Sukses Kawinin Kucing  memiliki insting alami untuk mengawini lawan jenisnya. Mereka akan memilih pasangan sendiri. Akan tetapi, fenomena mengawinkan kucing melejit ketika banyak kebutuhan untuk mendapatkan keturunan kucing dari jenis ras tertentu. Seperti yang terjadi pada jenis kucing anggora atau persia, banyak pemilik yang saling menjodohkan kucing, demi anakan dengan …

The post Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Pada dasarnya, Cara Sukses Kawinin Kucing  memiliki insting alami untuk mengawini lawan jenisnya. Mereka akan memilih pasangan sendiri. Akan tetapi, fenomena mengawinkan kucing melejit ketika banyak kebutuhan untuk mendapatkan keturunan kucing dari jenis ras tertentu. Seperti yang terjadi pada jenis kucing anggora atau persia, banyak pemilik yang saling menjodohkan kucing, demi anakan dengan ras serupa Kawinin Kucing.

Akan tetapi, mengawinkan kucing bukan perkara mudah, lho! Apalagi kucing yang baru saja saling kenal. Ada tahapan yang harus dilalui sebelum mengawinkan kucing.

Nah, kali ini Kami akan berbagi tips mudah mengawinkan kucing hingga berhasil terjadi pembuahan pada si betina.

Ini Dia 7 Cara Mengawinkan Kucing

1.    Mengecek kondisi kesehatan kucing yang akan dikawinkan

Sebelum mengawinkan kucing jantan dan betina, sebaiknya bawa mereka ke dokter hewan untuk memeriksa kondisi kesehatannya. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan mereka tidak mempunyai penyakit yang dikhawatirkan menular ke pasangan.

Pemeriksaan kucing jantan cukup general check up saja, sebaliknya untuk betina memerlukan pemeriksaan lebih detail Kawinin Kucing.  Kucing betina perlu diberi vaksin dan obat cacing terlebih dahulu agar calon anak kucing terlahir sehat.

2.    Perhatikan asupan nutrisi kucing

Beri mereka makanan yang cukup gizi, sebab dapat mempengaruhi mood kucing. Kondisi mood kucing yang baik dan jauh dari stres dapat membuat siklus tubuh menjadi lebih normal, termasuk siklus untuk kawin.

3.    Kenali ciri birahi pada kucing

Untuk mempermudah proses penjodohan kucing, sebaiknya kenali tanda-tanda kucing yang sedang birahi. Umumnya, kucing mulai menunjukkan tanda-tanda birahi ketika berumur 6 bulan dengan berat badan 2,5 kg.

Berikut ciri dan tanda birahi pada kucing jantan :

  • Terlihat gelisah
  • Spraying sembarangan
  • Lebih berisik dan suka mengeong dengan suara keras
  • Sering kabur dari rumah
  • Terlihat mengejar kucing betina

 

Sedangkan ciri atau tanda birahi pada kucing betina sebagai berikut :

  • Berperilaku lebih manja, jika diperhatikan akan lebih suka bergulung-gulung
  • Lebih sering mengeong dari biasanya
  • Suka mencari perhatian jika ada kucing jantan, yang paling umum dilakukan adalah mereka akan nungging.
  • Kucing betina juga suka kencing sembarangan atau kabur dari rumah ketika birahi

4.    Proses pendekatan

Sebelum mengawinkan kucing, mereka harus saling mengenal terlebih dahulu. Caranya, letakkan mereka di kandang yang terpisah tetapi satu ruangan. Kucing jantan akan mulai beraksi menunjukkan kegelisahannya dan menarik perhatian betina.

Demikian pula, kucing betina yang tertarik akan membalas dengan mengeong sebagai tanda bersedia dikawinkan. Mereka akan saling mengenal satu sama lain dan beradaptasi secara alami.

5.    Letakkan di dalam satu area

Setelah melewati tahap pendekatan, lepaskan mereka dari kandang dan letakkan di dalam satu area. Biarkan mereka saling mengejar.

Hal wajar, jika kucing betina menunjukkan penolakan di awal waktu. Selama tidak terjadi perkelahian dan saling melukai, biarkan mereka saling beradaptasi diri.

6.    Memisahkan sementara

Hal ini perlu dilakukan untuk memunculkan perasaan rindu satu sama lain. Perasan rindu akan memudahkan proses perkawinan. Ketika mereka sudah saling suka dan rindu, mereka akan saling mengeong untuk menarik perhatian. Bahkan ketika dipertemukan kembali, mereka tidak lagi bertengkar.

7.    Mulai proses perkawinan

Setelah mereka saling suka, masukkan dalam satu kandang. Kucing jantan akan mulai mengendus atau menjilat vulva kucing betina. Kucing betina pun akan lebih sering menungging.

Kemudian kucing jantan akan menggigit tengkuk betina, dan terjadilah proses kawin di antara keduanya. Jika proses kawin berhasil, betina akan berteriak keras dan berguling-guling seperti kepanasan.

Biarkan mereka berdua selama 4 – 10 hari, karena mereka akan mengulangi proses kawin hingga 3 kali sehari. Setelah 10 hari, biasanya betina menjadi lebih galak kembali, karena birahi sudah mulai menurun.

Demikianlah tips mudah mengawinkan kucing yang tidak saling mengenal. Amati perkembangan tubuh kucing betina, jika 2 minggu kemudian perutnya tampak membesar artinya proses kawin berhasil. Jika tidak maka Kamu bisa mengulangi proses dari awal.

Selamat mencoba dan semoga sukses mendapatkan anak kucing yang super menggemaskan.

Artikel Relavan : orami

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya
  3. 8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing
  4. [Ampuh] 10 Cara Hilangkan Kutu Pada Kucing
  5. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?

The post Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/tips-sukses-kawinkan-kucing-dijamin-berhasil/feed/ 0
Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing https://bisril.info/amati-gejalanya-begini-cara-mengobati-flu-pada-kucing/ https://bisril.info/amati-gejalanya-begini-cara-mengobati-flu-pada-kucing/#respond Fri, 12 Feb 2021 02:13:25 +0000 https://bisril.info/?p=788 bisril.info – Cara Mengobati Flu Pada Kucing Seperti halnya manusia, kucing juga bisa mengalami flu dan demam. Namun patogen flu manusia dan kucing berbeda. Sehingga kucing yang terkena flu tidak akan bisa menular  kepada manusia, begitu juga sebaliknya.  Flu termasuk penyakit yang sering diderita kucing, terutama yang kurang berjemur atau belum pernah divaksin. Kenali Gejala …

The post Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Cara Mengobati Flu Pada Kucing Seperti halnya manusia, kucing juga bisa mengalami flu dan demam. Namun patogen flu manusia dan kucing berbeda. Sehingga kucing yang terkena flu tidak akan bisa menular  kepada manusia, begitu juga sebaliknya.  Flu termasuk penyakit yang sering diderita kucing, terutama yang kurang berjemur atau belum pernah divaksin.

Kenali Gejala Kucing Sakit Flu

Berikut beberapa gejala yang ditunjukkan kucing ketika terserang virus influenza, antara lain:

  • Menurunnya nafsu makan
  • Mata kucing tampak berwarna merah dan berair
  • Sering bersin
  • Hidung berlendir
  • Sering tidur
  • Tubuhnya panas

Apabila kucing kesayanganmu menunjukkan gejala seperti di atas, sebaiknya segera lakukan tindakan pengobatan agar penyakitnya tidak semakin parah.

Cara Mengobati Flu Pada Kucing

Langkah terbaik adalah menghubungi dokter hewan ketika kucing mulai menunjukkan gejala seperti bersin dan hidung berlendir, agar mendapatkan perawatan medis.

Selain itu, Kamu juga perlu melakukan beberapa hal yang membuat kondisi tubuh kucing nyaman dan proses pemulihan cepat.

Begini beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah sebagai booster penyembuhan kucing:

  • Membersihkan tubuh kucing

Penting sekali membersihkan tubuh kucing ketika dia terserang flu, terutama pada bagian mata dan hidung. Flu menyebabkan kedua bagian tubuh tersebut berlendir dan sering mengeluarkan kotoran. Membersihkan mata dan hidung membuat kucing menjadi lebih nyaman.

  • Hindari memandikan kucing ketika mereka flu

Perlu diingat, kucing yang sedang flu membutuhkan tubuh yang hangat. Jangan sekali-kali memandikan kucing yang sedang flu, sebab dapat memburuk kondisi sakitnya.

Kamu bisa menggunakan lap basah yang direndam air hangat untuk membersihkan tubuh kucing. Menghilangkan kuman-kuman dapat membantu proses penyembuhan flu kucing.

  • Jemur kucing

Matahari tidak hanya bermanfaat bagi manusia saja, kucing yang flu juga akan merasa hangat jika terkena sinarnya. Cukup dijemur selama 15 menit setiap jam 7 hingga 9 pagi. Menjemur kucing di bawah sinar matahari pagi dapat membantunya menghilangkan bakteri yang menyebabkan flu.

 

  • Hindari pemberian obat flu manusia

Patogen flu pada kucing dan manusia berbeda, jadi hindari pemberian obat manusia untuk menyembuhkan kucing. Sebab kandungan dosis obat manusia terlalu tinggi dan  kurang aman dikonsumsi oleh kucing. Konsultasikan dengan dokter jika ingin memberi obat kepada kucing.

  • Beri cukup air minum

Kucing banyak minum lebih cepat pulih dibanding yang tidak.  Memperbanyak minum dapat menghindarkan kucing dari dehidrasi.

  • Cukup asupan nutrisinya

Kucing sakit memang kehilangan nafsu makan, namun bukan berarti harus dibiarkan saja. Pemilik kucing harus memaksa dan memastikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tercukupi agar dapat pulih lebih cepat.

Kamu harus memberi makanan yang banyak mengandung vitamin B.

  • Pastikan kucing cukup istirahat

Cukup istirahat dapat mempercepat proses penyembuhan. Pastikan kucing beristirahat di tempat yang nyaman.

  • Beri air gula merah

Coba beri air gula merah per 2 jam sekali untuk menambah energi kucing yang lemas karena flu

  • Beri cuka apel

Obat alami yang dapat diberikan ke kucing adalah cuka apel. Cuka apel dapat membantu menstabilkan pH tubuh. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, yaitu mencampurnya ke dalam makanan basah atau minuman kucing.

  • Memberi madu

Madu memang obat mujarab bagi semua jenis penyakit, termasuk flu yang menyerang kucing. Madu dapat dicampur pada air minum kucing, namun jangan terlalu banyak, karena kucing tidak suka dengan bau madu. Berikan madu 1 sdt 3x sehari sampai gejala flu berkurang.

Itulah beberapa gejala kucing yang sedang flu, dan beberapa referensi cara mengobatinya. Jika flu menyerang kucing di rumahmu, jangan panik. Buatlah kucing merasa nyaman dengan tips di atas, ya!

Artikel Relavan : halodoc

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya
  3. 8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing
  4. [Ampuh] 10 Cara Hilangkan Kutu Pada Kucing
  5. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?

The post Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/amati-gejalanya-begini-cara-mengobati-flu-pada-kucing/feed/ 0
STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing https://bisril.info/stop-lakukan-6-kesalahan-ini-saat-merawat-kucing/ https://bisril.info/stop-lakukan-6-kesalahan-ini-saat-merawat-kucing/#respond Wed, 03 Feb 2021 15:47:42 +0000 https://bisril.info/?p=765 bisril.info – Memelihara kucing memang menyenang, tapi tahukah kamu? Masih banyak orang belum memahami cara merawat kucing dengan benar.  Seperti yang kita tahu, memelihara  kucing bukan hanya sekadar memberi makan atau mengajak bermain saja.  Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan kucing. Pastikan Kamu tidak melakukan 6 kesalahan ini ketika merawat dan memelihara kucing …

The post STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Memelihara kucing memang menyenang, tapi tahukah kamu? Masih banyak orang belum memahami cara merawat kucing dengan benar.  Seperti yang kita tahu, memelihara  kucing bukan hanya sekadar memberi makan atau mengajak bermain saja.  Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan kucing. Pastikan Kamu tidak melakukan 6 kesalahan ini ketika merawat dan memelihara kucing ya!

 

Yuk, simak apa saja kesalahan tersebut!

Menghukum Kucing Karena Kencing Atau Pup Sembarang

Siapa yang tidak kesal, jika melihat kucing kesayangan kencing atau pup bukan di litter box-nya? Tapi, sebelum buang-buang energi untuk memarahi atau menghukum kucing,sebaiknya cari tahu penyebab mengapa kucing buang air tidak di tempatnya. Bisa jadi, kucing sedang mengalami stress karena kedatangan anggota baru, pindah rumah atau sebab lainnya.

Percuma memarahi kucing, mereka tidak akan paham. Alih-alih mengerti, amukan pemilik kucing hanya akan membuat mereka depresi bahkan perilakunya menjadi lebih buruk.

Hanya Menyediakan Satu Wadah Untuk Banyak Kucing

Jika Kamu mempunyai banyak kucing, sebaiknya siapkan wadah makanan atau litter box sejumlah kucing yang ada.

Sejatinya, kucing mempunyai naluri berburu, sehingga apabila hanya terdapat satu wadah maka akan terjadi dominasi salah satu kucing. Besar kemungkinan akan menyebabkan stress pada kucing lainnya.

Meletakkan Wadah Minum Bersebelahan Dengan Tempat Makan

Kucing tidak menyukai peletakan wadah makanan bersebelahan dengan tempat minumnya. Sumber air yang dekat wadah makanan akan terkontaminasi oleh serpihan makanan atau bulu kucing. Oleh sebab itulah, kucing lebih memilih untuk minum dari genangan air/ toilet daripada air minum yang telah disediakan.

Mulai sekarang, cobalah untuk memisahkan wadah minumnya dan letakkan di beberapa lokasi berbeda. Biarkan mereka memilih akan meminum dari lokasi yang mana.

Hanya Memberi Dry Food Saja

Pada dasarnya, memberi kucing dengan makanan yang kering saja bukan kesalahan fatal. Yang terpenting adalah Kamu memperhatikan asupan air yang diminum kucing. Berbeda dengan makanan basah yang banyak mengandung air, kucing yang hanya makan dry food harus lebih sering minum. Jika mereka malas minum dikhawatirkan akan mengalami gangguan saluran kemih.

Sesekali Kamu perlu menggabung makanan basah dan kering, untuk mengurangi kebosanan.

Menaruh Pot Tanaman Di Area Yang Mudah Dijangkau Kucing

Tahukah kamu? Ada beberapa jenis tanaman beracun dan bahaya jika termakan oleh kucing, misalnya aloe vera, tanaman lili, hingga tanaman viral monstera. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka letakkan pot bunga di luar jangkauan kucing. Kamu bisa menggantung pot-pot yang ada di sekitar rumah.

Memberi Susu

Anak kucing memang seharusnya mendapatkan susu dari induknya, terdapat beberapa alasan anak kucing terpaksa tidak mendapatkan susu induknya. Jika hal tersebut terjadi, Kamu bisa memberikan susu alternatif khusus kucing.

Akan tetapi pemberian susu sebaiknya dihentikan ketika anak kucing menginjak usia remaja/ dewasa. Kucing dewasa sudah tidak menghasilkan enzim yang berguna untuk mengasimilasi susu, sehingga mereka menjadi intoleran terhadap laktosa di dalam susu. Intoleran laktosa dapat mempengaruhi pencernaan kucing, seperti diare, kembung dan sebagainya.

 

Itulah 6 kesalahan yang seringkali dianggap sepele, jangan sampai Kamu menyesal. Jadi sebelum memutuskan memelihara kucing, perhatikan hal-hal di atas terlebih dahulu, ya!. Jika perlu, kucing harus rutin di bawa ke dokter, untuk memeriksakan kesehatan, vaksin hingga steril.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! Selamat berbagi kasih dengan anak bulu kesayangan.

 

Artikel Relavan : suara.com

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya
  3. 8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing
  4. [Ampuh] 10 Cara Hilangkan Kutu Pada Kucing
  5. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?

The post STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/stop-lakukan-6-kesalahan-ini-saat-merawat-kucing/feed/ 0
Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing? https://bisril.info/seberapa-penting-vaksin-pada-kucing/ https://bisril.info/seberapa-penting-vaksin-pada-kucing/#respond Wed, 03 Feb 2021 15:43:21 +0000 https://bisril.info/?p=762 bisril.info – Membawa kucing ke dokter hewan secara rutin adalah salah satu bentuk kasih sayang kita kepada hewan peliharaan. Selayaknya anggota keluarga lain, kucing juga membutuhkan perhatian lebih, salah satunya adalah memberikan vaksin. Pemberian vaksin pada kucing tidak boleh diremehkan. Pemberian vaksin pada kucing berarti  Kamu melindungi kucing dari bahaya penyakit yang mengintai mereka. Artikel …

The post Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing? appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Membawa kucing ke dokter hewan secara rutin adalah salah satu bentuk kasih sayang kita kepada hewan peliharaan. Selayaknya anggota keluarga lain, kucing juga membutuhkan perhatian lebih, salah satunya adalah memberikan vaksin.

Pemberian vaksin pada kucing tidak boleh diremehkan. Pemberian vaksin pada kucing berarti  Kamu melindungi kucing dari bahaya penyakit yang mengintai mereka.

Artikel kali ini, akan mengulas seberapa penting pemberian vaksin pada kucing? Yuk, disimak!

Pengertian Vaksinasi Kucing

Vaksinasi kucing merupakan sebuah tindakan vaksin kepada kucing dengan maksud agar mereka mempunyai kekebalan tubuh yang tinggi.  Dengan vaksinasi ini, kucing  dapat terlindung dari paparan penyakit karena virus maupun bakteri.

Seperti halnya manusia, vaksinasi kucing juga diberikan dalam bentuk tetes atau injeksi.

 

Kapan Kucing Perlu Divaksin?

Kucing baru lahir akan mendapatkan kekebalan tubuh pasif yang berasal dari susu induknya. Sejalan bertambahnya usia, antibodi yang didapatkan dari sang induk menjadi berkurang. Oleh karena itulah kucing yang berumur 6-8 minggu hingga berusia 16 minggu. sebaiknya sudah diberi vaksin. Lazimnya, vaksin diberikan setiap 1 bulan sekali.

Akan tetapi, jika kucing sudah mulai berumur dewasa, pemberian vaksin menjadi lebih jarang, sekitar 3-4 tahun sekali.

Mengapa Vaksin Penting Diberikan Kepada Kucing?

Jangan pernah menyepelekan vaksin dan merasa bahwa kucing dalam kondisi baik-baik saja dan sehat. Karena pada kenyataannya, kucing rumahan yang hanya menghabiskan waktu di dalam rumah, tetap berpotensi terpapar penyakit melalui udara. Nah, dengan vaksinasi inilah imun kucing akan terlatih untuk melawan penyakit.

Perlu diketahui, reaksi yang ditunjukan masing-masing kucing terhadap vaksinasi tidak sama. Beberapa kucing ada yang menunjukkan gejala alergi seperti biduran, disertai demam. Kendati demikian, reaksi efek samping ini jarang sekali terjadi.

Jenis Vaksin

Terdapat 2 jenis vaksin yang diberikan kepada kucing, yaitu vaksin dasar dan vaksin tambahan.

1. Vaksin Dasar, merupakan vaksin yang wajib diberikan kepada seluruh jenis kucing. Adapun macam-macam  vaksin dasar adalah :

  • Feline Panleukopenia

Adalah vaksin yang diberikan untuk mencegah infeksi virus panleukopenia yang menyebabkan sakit gastroenteritis, diberikan ketika kucing berusia 3 bulan

  • Feline Herpes dan Feline Calicivirus

Kombinasi kedua vaksin ini dapat mencegah kucing terpapar virus flu kucing.

  • Rabies

Rabies lebih dikenal sebagai penyakit anjing, padahal kucing pun dapat menularkan virus rabies melalui cakaran/ gigitan.    Vaksin ini diberikan ketika kucing berumur  5 bulan

 

2. Vaksin Tambahan, merupakan vaksin yang diberikan apabila terdapat kondisi khusus pada kucing. Berikut beberapa vaksin tambahan yang diberikan kepada kucing :

  • Feline leukemia, untuk mencegah penyakit akibat virus dan belum ada obatnya.
  • Bordetella, untuk mencegah infeksi jamur pada pernapasan bagian ats
  • FIV, mencegah penyakit yang berkaitan dengan imun
  • Klamidia, untuk infeksi bakteri yang menyebabkan mata merah
  • FIP, vaksin kucing untuk mencegah corona pada kucing
  • Dermatofitosis untuk mencegah kerontokan bulu dan infeksi kulit

Syarat Kucing Yang Diperbolehkan Vaksin

Biasanya dokter hewan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memberi vaksin kepada kucing. Seperti halnya manusia, kucing pun juga harus memenuhi syarat-syarat sebelum divaksin. Berikut beberapa syaratnya :

  1. Harus dalam kondisi sehat, tidak ada demam atau gejala sakit lainnya
  2. Nafsu makan bagus
  3. Umur telah sesuai dengan syarat pemberian vaksin.
  4. Sudah melewati masa adaptasi selama 7 sampai 14 hari
  5. Tidak cacingan

 

Kucing yang baru saja di vaksin, sebaiknya tidak langsung dimandikan hingga satu minggu kemudian karena kondisi imun sedang menurun. Selain itu, Kamu juga perlu memberikan tambahan vitamin hingga 10 hari setelah divaksin demi mengoptimalkan pembentukan imun.

Agar imun tubuh tetap terjaga, sebaiknya pemberian vaksin diulang setahun sekali sesuai jadwal dokter.

 

Itulah ulasan pentingnya pemberian vaksin kepada kucing. Selalu konsultasikan dengan dokter. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

 

Artikel Relavan : halodoc

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya
  3. Tips Cara Merawat Dan Membuat Bulu Kucing Halus
  4. 8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing
  5. Jangan Asal! Inilah Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat

The post Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing? appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/seberapa-penting-vaksin-pada-kucing/feed/ 0
Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes https://bisril.info/inilah-fakta-unik-kucing-odd-eyes/ https://bisril.info/inilah-fakta-unik-kucing-odd-eyes/#respond Wed, 03 Feb 2021 07:14:32 +0000 https://bisril.info/?p=759 bisril.info – Pernah melihat atau memelihara kucing dengan warna mata berbeda? Tidak perlu heran jika melihat kucing dengan warna mata berbeda. Terkadang ada beberapa kucing yang terlahir unik. Misalnya saja Kucing Odd Eyes yang memiliki keunikan di bagian matanya. Bagaimana tidak? Kucing Odd Eyes mempunyai dua warna mata yang berbeda.  Warna biru dan kuning / …

The post Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes appeared first on Bisril.Info.

]]>
bisril.info – Pernah melihat atau memelihara kucing dengan warna mata berbeda? Tidak perlu heran jika melihat kucing dengan warna mata berbeda. Terkadang ada beberapa kucing yang terlahir unik. Misalnya saja Kucing Odd Eyes yang memiliki keunikan di bagian matanya. Bagaimana tidak? Kucing Odd Eyes mempunyai dua warna mata yang berbeda.  Warna biru dan kuning / cokelat di sisi yang lain menjadi salah satu ciri khas kucing ini.

Bukan sekadar menarik, tetapi perbedaan warna mata ini termasuk langka serta menjadi daya tarik tersendiri dari Kucing Odd Eyes.  Di samping itu, Kucing Odd Eyes mempunyai beberapa fakta yang berhubungan dengan perbedaan warna matanya. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

6 Fakta Menarik Tentang Kucing Odd Eye

Berikut ini beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang kucing odd eye, antara lain :

1. Disebabkan Kelainan Heterochromia

Penyebab perbedaan warna mata Kucing Odd Eyes adalah kelainan genetik, atau yang dikenal dengan heterochromia. Hal ini terjadi karena terdapat ketidakseimbangan  lapisan melanin di bagian mata kucing. Melanin merupakan zat yang memberi warna pada mata, kulit dan rambut.

Tahukah kamu? Ternyata kucing terlahir dengan mata buta dengan warna mata biru,  lho. Proses pigmentasi  mata kucing berjalan seiring bertambahnya usia mereka. Pada kucing odd eyes, proses pigmentasi tidak berjalan dengan seimbang, sehingga menyebabkan terjadinya perbedaan warna mata .

2. Keunikan Mata Kucing Odd Eyes Dianggap Keturunan Setan

Kucing odd eyes seringkali dianggap sebagai keturunan setan. Tentu saja, ini hanya mitos. Selayaknya mitos yang menempel pada kucing hitam solid.

3. Odd Eyes Tidak Hanya Dimiliki Kucing Berbulu Putih

Dulu, kebanyakan fenomena Odd Eyes hanya dialami oleh kucing berbulu putih polos. Sehingga, berkembang anggapan  bahwa kucing odd eyes pasti berbulu putih. Namun anggapan ini dibantah oleh sain modern. Karena kucing berbulu hitam atau lainnya  juga ada yang memiliki mata berbeda warna (Odd eye).

 

4. Sangat Istimewa Di Negara Turki

Karena keunikan dan jumlahnya langka, di negara Turki jenis kucing Odd Eye dilestarikan serta diistimewakan.  Bahkan sempat didaulat menjadi maskot saat ajang kejuaraan Bola Basket Internasional 2010 silam.

5. Dianggap Kucing Tuli

Banyak beredar kabar bahwa kucing Odd eyes memiliki gangguan pendengaran alias tuli pada salah satu telinganya. Sebaliknya, sekitar 70% Kucing Odd Eyes  mempunyai pendengaran yang cukup baik.

6. Akan Bereaksi Setiap Kali Mendengar Suara Adzan

Ada yang mengisahkan bahwa kucing peliharaan Nabi Muhammad SAW, Muezza merupakan kucing odd eye. Warna mata kucing Muezza adalah biru dan hijau, menariknya dia akan mengeong setiap kali mendengar suara adzan. Seolah menjawab atau menirukan adzan. Nabi Muhammad SAW begitu sayang kepada Muezza hingga rela menggunting jubahnya yang dipakai sebagai alas tidur Muezza.

Tips Perawatan Kucing Odd Eye

Kucing Odd Eye membutuhkan perawatan extra karena keunikannya. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memeliharanya:

  1. Berikan makanan yang tidak banyak kandungan garam, dan cenderung kering.  Mereka juga membutuhkan makanan yang banyak mengandung vitamin E dan A. Perlu diketahui, pencernaan kucing Odd eye sangat sensitif terhadap karbohidrat, jangan sekalipun memberinya nasi agar mereka  selamat dan berumur panjang.
  2. Seperti halnya manusia, Kucing Odd Eye juga minum dari air yang telah dididihkan terlebih dahulu. Sebab, air matang dapat meminimalisir kucing dari gangguan pencernaan akibat kuman atau bakteri yang terdapat dalam air mentah.
  3. Kebersihan kucing odd eye harus diperhatikan dengan seksama. Mereka harus grooming dengan teratur.

 

Demikian fakta unik tentang kucing Odd Eye. Kucing yang penuh kharisma ini memang layak untuk dimiliki. Semoga menambah wawasanmu tentang kucing, ya!

 

Artikel Relavan : idntimes

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya
  3. Tips Cara Merawat Dan Membuat Bulu Kucing Halus
  4. 8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing
  5. Jangan Asal! Inilah Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat

The post Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes appeared first on Bisril.Info.

]]>
https://bisril.info/inilah-fakta-unik-kucing-odd-eyes/feed/ 0