Tips Cara Merawat Dan Membuat Bulu Kucing Halus

bisril.info – Tips Cara Merawat Dan Membuat Bulu Kucing Halus Mempunyai peliharaan kucing memang mengasyikkan. Apalagi memelihara jenis kucing Persia/ Anggora yang menggemaskan serta bertingkah lucu. Anggora/ Persia adalah jenis kucing berbulu panjang (long hair cat). Pada dasarnya semua jenis kucing membutuhkan perhatian dalam merawat bulunya. Hanya saja, untuk jenis long hair cat butuh usaha lebih dalam merawatnya agar bulu tidak rontok, dan tetap halus/ lembut.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba untuk merawat bulu kucing agar tetap sehat, halus dan lembut.

Tips Merawat Bulu Kucing Agar Sehat Dan Halus

Dengan Grooming Kucing

Dalam merawat bulu kucing, cara yang paling sering dilakukan adalah grooming. Grooming kucing merupakan salah satu bentuk kegiatan merawat kucing yang dimulai dari memandikan kucing, memotong kukunya hingga menyisir bulu kucing.  Grooming perlu dilakukan secara rutin, agar kondisi kucing di rumah tetap bersih, sehat bahkan akan terlihat bertambah lucu.

Grooming terbagi menjadi dua, yakni grooming basah dan kering.

a. Grooming basah
Merupakan memandikan kucing menggunakan shampo dan air, lalu merapikan bulu, serta kuku, selain itu juga membersihkan mata atau telinga. Kucing dengan bulu panjang harus rutin dimandikan setidaknya 1 sampai 2 kali dalam satu minggu. Adapun alat-alat yang dibutuhkan untuk memandikan kucing antara lain:

  • Degreaser, merupakan salah satu jenis shampo untuk bulu kucing yang sedikit berminyak. Jika bulu kucing tidak berminyak, bisa menggunakan shampoo kucing jenis apa saja.
  • Conditioner, fungsinya untuk membuat bulu kucing menjadi lebih halus, lembut dan mudah untuk disisir.
  • Blower, fungsinya untuk membantu proses pengeringan bulu lebih cepat.
  • Sisir, digunakan untuk menyisir bulu kucing setelah kering agar tidak kusut
  • Sikat gigi, untuk membersihkan bagian tubuh kucing yang nodanya membandel
  • Lap/ handuk, untuk mengeringkan bulu kucing
  • Gunting kuku
Baca Juga  Jangan Asal! Inilah Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat

b.Grooming kering
Grooming kering adalah kegiatan membersihkan kucing hanya dengan menggunakan lap basah.  Kegiatan ini bisa dilakukan setiap hari untuk menjaga penampilan kucing, dan merapikan bulu kucing.

Alat yang dibutuhkan untuk grooming kering antara lain:

  • Sisir, bagi Kamu yang memiliki kucing jenis long hair panjang maka gunakan sisir yang bergigi jarang. Jangan lupa untuk menyisir bagian kaki dan perut juga, sebab bulu pada dua bagian ini sering kusut. Saat menyisir sebaiknya mengikuti arus bulunya. Apabila bulu sudah lebih halus, bisa dilanjutkan menggunakan sisir yang lebih rapat giginya.
  • Cotton bud, baby oil dan tisu kering, untuk merawat area mata dan telinga.
  • Lap yang bertekstur lembut.

Perhatikan Asupan Nutrisi Kucing Untuk Membuat Bulu Lebih Sehat

Agar bulu menjadi lebih halus dan lebat, maka kucing harus selalu diberi makanan yang sehat, baik itu kering atau basah. Pastikan kandungan nutrisi yang ada di setiap kemasan sebelum membeli makanan kucing. Sesekali, kucing juga perlu mengonsumsi daging mentah untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak.

Sangat direkomendasikan untuk memberi kuning telur ayam kampung pada kucing. Kuning telur ayam kampung berguna untuk memperindah dan menghaluskan bulu kucing. Tapi ingat! Jangan menambahkan putih telurnya. Sebab putih telur mengandung avidin yang dapat mengikat vitamin B Biotin sehingga akan menghilangkan senyawa penting di dalam tubuh kucing.

Pemberian minyak ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 juga dapat menjaga kualitas bulu kucing. Pemberian minyak ikan dapat dilakukan  satu kali dalam seminggu.

Usahakan Kucing Tidak Mengalami Stress

Stress pada kucing sangat mempengaruhi kondisi bulu kucing dan membuatnya rontok. Jadi, sebaiknya hindarkan beberapa hal yang dapat memicu stress pada kucing.

Baca Juga  Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang dapat dicoba untuk merawat dan membuat bulu kucing menjadi lebih halus bahkan lebat. Jika grooming di salon kucing dirasa terlalu mahal, bisa melakukannya mandiri di rumah. Pastikan selalu menggunakan shampo dan kondisioner khusus untuk kucing, untuk meminimalisir terjadinya alergi. Semoga informasi di atas dapat membantu dan bermanfaat.

Artikel Relavan : info hewan

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya

About Bisril Hafiz

Check Also

Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

bisril.info – Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga memiliki indera …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x