.
Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19
Seiring dengan melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 belakangan ini, dan berita kematian yang seolah tiada henti. Meningkatkan Saturasi Oksigen Tentu saja memaksa kamu agar lebih aware dan tanggap akan gejala penyakit ini.

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19

bisril.info – Seiring dengan melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 belakangan ini, dan berita kematian yang seolah tiada henti. Meningkatkan Saturasi Oksigen Tentu saja memaksa kamu agar lebih aware dan tanggap akan gejala penyakit ini.

Salah satu, gejala fatal adalah penurunan kadar oksigen di dalam darah yang dapat menyebabkan  sesak napas hingga kematian. Meningkatkan Saturasi Oksigen Penting sekali bagi pasien covid-19 untuk memantau tingkat saturasi oksigen setiap kali.  Demi mencegah hal-hal buruk terjadi.

Saturasi oksigen merupakan nilai kadar oksigen di dalam darah. Untuk mengetahui saturasi oksigen, kamu bisa menggunakan alat oximeter atau melakukan analisis gas darah.

Cara Mengukur Saturasi Oksigen

Terdapat dua cara yang dapat kamu gunakan untuk mengukur saturasi oksigen, yaitu :

  1. Analisis gas darah

Cara ini merupakan metode pengukuran dengan mengambil sampel darah dari pembuluh arteri. Hasilnya sangat akurat, namun tidak dapat kamu lakukan secara mandiri. Kamu harus datang ke RS atau meminta bantuan tenaga medis yang profesional.

Hasil pengukuran menggunakan analisis gas darah mempunyai istilah PaO2.

  1. Oximeter

Cara kedua untuk mengetahui saturasi oksigen adalah menggunakan alat oximeter. Kamu hanya perlu menjepit jari di alat tersebut.

Kamu bisa memantau kadar oksigen menggunakan oximeter di mana saja. Bahkan WHO menyarankan agar setiap rumah memiliki oximeter.

Istilah untuk hasil pengukuran saturasi oksigen menggunakan oximeter adalah SpO2

Nilai Saturasi Oksigen

Berikut ini pedoman kadar oksigen pada orang normal dengan kondisi paru-paru yang sehat, yaitu:

  • PaO2 berada di kisaran 80-100 mmHg
  • SpO2 berada di angka 95 – 100%

Sementara itu, pada orang dengan riwayat penyakit paru-paru harus mempunyai nilai saturasi oksigen SpO2 88 – 92%.

Baca Juga  Tips Nyaman Berolahraga Saat Haid

Kategori kadar oksigen rendah jika berada di bawah 80 mmHg menggunakan analisis gas darah atau di bawah 94% jika menggunakan oximeter.

Orang dengan nilai saturasi rendah menunjukkan gejala sesak napas, batuk, detak jantung cepat, kulit membiru, nyeri dada dan sakit kepala.

Itulah gunanya pasien penyintas covid-19 perlu mengetahui nilai saturasi oksigennya. Demi memantau perkembangan kesehatannya, apakah memerlukan tambahan bantuan oksigen atau tidak.  Terlebih lagi, bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen

Melansir dari situs resmi RSUD Kota Malang, cara meningkatkan saturasi oksigen adalah dengan melakukan teknik proning. Teknik proning merupakan salah satu teknik pernapasan dengan menekan gejala pemburukan.

Berikut langkah-langkah teknik proning yang dapat kamu lakukan sebagai pertolongan pertama untuk meningkatkan saturasi oksigen.

  1. Pastikan ruangan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Kemudian berbaringlah tengkurap. Kamu bisa mengganjal leher, panggul dan kaki dengan bantal tipis. Lakukan posisi ini selama 30 menit.
  2. Posisikan tubuh berbaring menghadap ke kanan, selama 30 menit. Gunakan ganjal bantal di leher, pinggang dan di antara paha. Usahakan posisi tangan berada di samping bantal.
  3. Kemudian, duduk bersandar dengan kaki lurus, selama 30 menit. Bersandarlah pada tumpukan bantal agar lebih nyaman.
  4. Selanjutnya, posisikan tubuh berbaring menghadap ke kiri, selama 30 menit. Dengan ganjalan bantal di leheir, pinggang dan di antara paha. Posisi ini merupakan kebalikan dari posisi kedua.
  5. Kembalilah ke posisi awal, tengkurap dengan ganjalan bantal di area leher, panggul dan kaki. Lakukan juga selama 30 menit.

Jika saturasi oksigen tidak bertambah secara signifikan maka segera datang ke RS untuk mendapatkan penanganan tambahan / bantuan oksigen.

Baca Juga  8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Isolasi Mandiri di Rumah

Demikianlah tips meningkatkan saturasi oksigen bagi penderita covid-19. Semoga membantu.

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Jenis Bau Pada Miss V Dan Penyebabnya
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya
  6. Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

 

About Bisril Hafiz

Check Also

8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Isolasi Mandiri di Rumah

8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Isolasi Mandiri di Rumah

bisril.info – Seiring lonjakan kasus covid-19, Isolasi Mandiri di Rumah tak sedikit masyarakat yang menjadi …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x