.
Tips Nyaman Berolahraga Saat Haid
Perempuan yang haid kerap merasa tidak nyaman karena nyeri di bagian perut, sakit pinggang, kepala pusing atau mual. Ketidaknyamanan ini tentu saja membuat malas untuk beraktivitas. Itulah sebabnya, banyak perempuan memilih untuk rebahan atau beristirahat ketimbang berolahraga.

Tips Nyaman Berolahraga Saat Haid

bisril.info – Perempuan yang haid kerap merasa tidak nyaman karena nyeri di bagian perut, sakit pinggang, kepala pusing atau mual. Ketidaknyamanan ini tentu saja membuat malas untuk beraktivitas. Itulah sebabnya, banyak perempuan memilih untuk rebahan atau beristirahat ketimbang berolahraga.

Padahal berolahraga saat haid justru dapat mengurangi nyeri dan memperbaiki mood, lho. Nah, agar aktivitas olahraga tetap aman dan nyaman, sebaiknya perhatikan tips berikut.

4 Tips Nyaman Berolahraga Saat Haid

Gunakan Pakaian Yang Nyaman

Selain karena nyeri haid, sebagian perempuan memilih untuk tidak berolahraga karena takut tiba-tiba banyak keluar darah hingga “tembus”. Namun, permasalahan ini dapat Kamu sikapi dengan menggunakan pembalut yang panjang atau menggunakan celana olahraga yang nyaman.

Kamu juga bisa menggunakan celana olahraga berwarna gelap sehingga dapat menutupi noda darah jika sewaktu-waktu “tembus”.

Memilih Pembalut Yang Tepat

Jika ingin berolahraga ketika haid maka pastikan Kamu menggunakan pembalut yang tepat. Pilih yang bersayap dan berukuran panjang, sehingga Kamu pun dapat fokus berolahraga tanpa risau posisi pembalut miring dll.

Jangan Lupa Melakukan Peregangan Sebelum Berolahraga

Bukan hanya ketika sedang haid, dalam kondisi normal pun Kamu tidak boleh mengabaikan peregangan sebelum berolahraga. Peregangan (stretching) dapat membantu meringankan kram perut dan cedera.

Mulailah Dengan Olahraga Berintensitas Rendah

Jika badan masih kurang fit, Kamu bisa memulainya dengan olahraga ringan dan berintensitas rendah. Selanjutnya Kamu bisa meningkatkan ke intensitas yang lebih tinggi. Namun, kembali lagi ke kondisi masing-masing individu, ya!

Minum Banyak Air Putih

Tips selanjutnya saat berolahraga ketika haid adalah banyak minum air putih. Kamu bisa minum air putih sebelum, saat dan setelah berolahraga. Asupan air putih yang mencukupi dapat membuat tubuh terhidrasi dan menyeimbangkan elektrolit yang dapat memperparah gejala haid.

Baca Juga  Begini Fakta Di Balik Vaksin AstraZeneca

Berhenti Sejenak Ketika Lelah

Kondisi kesehatan setiap orang tidak sama. Oleh karena itu, Kamu harus lebih mengenal dan memahami tubuhmu sendiri. Apabila sudah merasa lelah, sebaiknya tidak memaksa diri dan segera berhenti.

Manfaat Berolahraga Ketika Haid

Olahraga memang memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, begitu juga ketika sedang haid. Tanpa Kamu sadari, dengan tetap berolahraga ketika haid dapat mengurangi gejala PMS,lho. Mengapa demikian?

Olahraga Dapat Memperlancar Aliran Darah

Berolahraga saat haid dapat mengurangi stress dan memperlancar peredaran darah. Itulah sebabnya, gejala nyeri haid dapat sedikit berkurang pada saat berolahraga. Melansir dari Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, bahwa perempuan yang rutin olahraga saat haid relatif tidak mengalami kram perut.

Meningkatkan Energi

Kamu bisa memulai olahraga ketika hari ketiga, ketika badan terasa jauh lebih baik. Olahraga saat haid dapat mengaktifkan otot jantung dan meningkatkan energi. Sehingga Kamu pun lebih bersemangat menjalani hari-hari sekalipun saat haid.

Memperbaiki Suasana Hati

Ketika berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon dopamin yang dapat mengontrol suasana hati. Sehingga mood akan lebih baik meskipun sedang haid.

Lantas apa saja olahraga yang aman Kamu lakukan ketika sedang haid?

Rekomendasi Olahraga Yang Aman Saat Haid

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang paling mudah untuk Kamu lakukan. Cukup berjalan kaki selama 30 menit per hari, maka Kamu dapat merasakan perubahan di dalam tubuh.  Olahraga ini cocok untuk dilakukan ketika sedang haid.

Jogging

Jogging merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membantu mengurangi gejala PMS. karena pada saat jogging, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit akibat kram. Dengan olahraga jogging, Kamu pun dapat mengalihkan keinginan untuk memakan junk food.

Baca Juga  Kenali Gangguan Prostat: Penyebab, Bahaya Hingga Cara Mengatasinya

Berenang

Renang saat haid? Why not. Banyak perempuan yang menghindari olahraga renang saat haid. Namun, justru olahraga inilah yang dapat membantu meredakan nyeri haid.

Berenang saat haid sah-sah saja, asal tidak terlalu lama berada di dalam air. Karena pada saat Kamu berenang, pembuluh darah di sekitar vagina terbuka. Sehingga jika terlalu lama akan rawan terserang infeksi bakteri.

Itulah beberapa informasi penting tentang berolahraga saat haid. Semoga ulasan di atas dapat membantu Kamu lebih

 

Artikel yang lain :

  1. Tips Cara Hilangkan Jerawat Secara Alami
  2. Vagina Sakit Saat Berhubungan? Cari Tahu Penyebabnya!
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya

About Bisril Hafiz

Check Also

Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha

Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha

bisril.info – Tak terasa, sebentar lagi umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha atau …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x