.
Memperbaiki HP Mati Total
Zaman semakin berkembang, teknologi semakin maju. Namun, teknologi tidak selamanya sempurna. Kamu juga bisa mengalami berbagai masalah disebabkan teknologi. Misalnya, smartphone  yang mendadak tidak menyala. Tentu saja situasi ini tidak mengenakkan bukan? Nah, artikel kali ini akan memberikan tutorial memperbaiki HP mati total dengan cara mudah.

Begini 5 Tutorial Memperbaiki HP Mati Total

bisril.info – Zaman semakin berkembang, teknologi semakin maju. Namun, teknologi tidak selamanya sempurna. Kamu juga bisa mengalami berbagai masalah disebabkan teknologi. Misalnya, smartphone  yang mendadak tidak menyala. Tentu saja situasi ini tidak mengenakkan bukan? Nah, artikel kali ini akan memberikan tutorial memperbaiki HP mati total dengan cara mudah.

Hidup di zaman milenial seperti saat ini, rasanya sulit jika tanpa smartphone. Hampir semua aktivitas selalu menggunakan HP. Itulah sebabnya, banyak orang yang panik ketika HP mati secara tiba-tiba. Jangan panik atau terburu-buru membeli yang baru, Kamu bisa mencoba beberapa tutorial berikut ini.

5 Tutorial Memperbaiki HP yang Mati Total

1.   Periksa Kondisi Ponsel

Sebelumnya, Kamu perlu mengetahui kenapa HP tiba-tiba mati total? Mengingat-ingat apakah pernah menjatuhkan ponsel tersebut baru-baru ini? Apakah ada retakan di layar atau bengkak pada baterai? Selain itu, Kamu juga perlu memastikan bahwa sempat kemasukan air atau tidak.

Sebab, kondisi ponsel yang mati total atau layar tidak menyala, bukan hanya disebabkan software yang bermasalah. Untuk membuktikan hal tersebut, maka coba matikan ponsel tersebut, kemudian hidupkan kembali. Pastikan apa Kamu merasakan getaran saat ponsel dinyalakan kembali.

Hal tersebut pertanda bahwa HP tidak mati total, hanya saja layar perlu diganti. Bila Kamu belum yakin, cobalah untuk menghubungi nomor HP dari perangkat lain. Apakah Kamu masih mendengar suara? Jika iya, maka segera ganti layar dengan yang baru.

2.   Cobalah Mengisi Daya HP

Terdengar konyol, tetapi ada kemungkinan HP mati total hanya karena kehabisan daya. Oleh karena itulah, coba colokkan ponsel ke pengisi daya. Tunggu 15-30 menit sebelum berusaha kembali menyalakannya.

Jika daya tidak terisi, coba ganti pengisi daya yang berbeda. Termasuk memeriksa port pengisian daya. Apabila Kamu melihat debu atau kotoran yang menutup jalan pengisian daya, maka Kamu bisa menghilangkannya dengan tusuk gigi.

Baca Juga  Cara Membuat Video Transisi Untuk Konten Berdurasi Pendek

Lalu cara mengatasi HP mati dengan baterai tanam maka Kamu cukup menekan dan menahan power untuk beberapa detik.

3.   Lakukan Hard Reset

Apabila kedua cara di atas telah Kamu coba tetapi ponsel belum juga menyala, maka langkah selanjutnya adalah melakukan hard reset. Bagi pemilik ponsel IPhone seri 8 ke atas, dapat menekan dan melepas tombol volume naik, lalu menekan dan melepaskan tombol volume turun. Kemudian menekan tombol daya hingga menyala kembali.

Berbeda dengan IPhone, bagi pemilik android bisa coba untuk menekan tombol naik serta turun bersamaan. Apabila HP yang Kamu miliki mempunyai baterai yang dapat dilepas, maka Kamu bisa kembali melepas dan memasang kembali baterai tersebut. Berikutnya, hidupkan ponsel seperti semula.

4.   Lakukan Factory Reset

Jika semua usaha tersebut di atas tidak membuahkan hasil, maka tutorial memperbaiki HP mati total berikutnya adalah mengembalikan pengaturan ke settingan pabrik.

Bisa jadi masalah ponsel yang tidak menyala terletak dari softwarenya. Oleh sebab itu, melalui recovery mode, Kamu bisa melakukan factory reset.

5.   Flash Melalui PC

Setiap HP mempunyai cara dalam flashing yang berbeda, bergantung pada sistem dan chipset. Oleh karena itu, hati-hati jika melakukan tutorial ini.

Kesimpulan

Tentu sangat menjengkelkan jika Kamu menghadapi ponsel yang mati total. Agar tidak kehilangan semua data yang ada, maka Kamu perlu melakukan backup data secara berkala. Jadi, ketika mendapati ponsel mati mendadak, Kamu tidak sedih karena kehilangan semua data yang tersimpan di ponsel.

Setelah membaca 5  tutorial memperbaiki HP mati total di atas, semoga dapat membantu menghidupkan kembali ponsel tersebut.

Artikel yang lain :

  1. HP ngeHang atau Lemot? Begini Cara Memperbaikinya
  2. File Hilang Dari Memori HP? Intip 4 Cara Mudah Mengembalikannya Berikut
  3. Lupa Pola Kunci Layar HP? Begini 5 Cara Membukanya
  4. 7 Cara Mengatasi Baterai HP Boros
  5. HP Sering Mati Sendiri? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya Berikut
  6. Bagaimana Cara Memperbaiki Touchscreen HP? Cek Jawabannya Di Sini
Baca Juga  Cukup 5 Menit, Cara Mengatasi Layar Sentuh Error Pada Smartphone

 

About Bisril Hafiz

Check Also

Apk Pencari Lagu Terbaik yang Mudah Digunakan untuk Smartphone

Apk Pencari Lagu Terbaik yang Mudah Digunakan untuk Smartphone

bisril.info – Saat ingin mencari lagu namun tidak mengetahui judul dan penyanyinya, apk pencari lagu …

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x