Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

bisril.info – Tidak semua orang bertubuh kurus jauh lebih sehat, lho. Ternyata orang yang memiliki berat badan kurang juga berisiko sama dengan orang obesitas. Beberapa gangguan seperti anemia, gangguan kesuburan hingga tulang rapuh menjadi risiko bagi yang bertubuh terlalu kurus.

Nah, berikut beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk menambah berat badan.

Surplus Kalori

Jika untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori yang dimakan, maka Kamu harus mengasup lebih banyak kalori kalau ingin menambahnya. Untuk mengetahui jumlah kalori harian coba hitung menggunakan kalkulator kalori atau klik tautan  berikut. Selanjutnya, tambah 500 – 1000 kalori per hari dari total kebutuhan harian.

Kebutuhan kalori harian dapat berubah setiap harinya tergantung jumlah aktivitas yang dilakukan.

Makan Dengan lebih Sering

Jika Kamu ingin menambah berat badan, harus makan lebih sering tapi dalam porsi kecil. Kalau biasanya makan 2-3 kali sehari, cobalah untuk makan sehari 5-6 kali.

Namun, bukan berarti harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan tinggi gula, lho.  Kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Sehingga berat menjadi cepat naik tanpa menimbulkan penyakit.

Perbanyak Konsumsi  Protein dan Karbohidrat

Mengonsumsi lebih banyak protein dan karbohidrat dapat efektif menambah berat badan secara alami. Kamu bisa mengonsumsi bersamaan sumber protein dengan sumber karbohidrat seperti  kentang, nasi, singkong, jagung dan juga tepung.

 

Berolahraga Latihan Beban

Olahraga bukan hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi juga bisa menaikkan, lho, misalnya dengan latihan angkat beban. Angkat beban dapat mengencangkan otot-otot.

Tahukah Kamu? Untuk menambah berat badan, Kamu harus meningkatkan massa otot tubuh. Menaikkan berat badan dengan meningkatkan massa otot jauh lebih baik daripada massa lemak.

Baca Juga  Tips Atasi Rambut Rontok

Kamu bisa latihan beban dengan lebih rutin. Dan jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup setelah berolahraga agar pertumbuhan otot menjadi lebih optimal. Sehingga tubuh bukan sekadar gemuk tapi juga berotot.

 

Konsumsi Madu dan Susu

Susu juga merupakan salah satu asupan yang dapat menambah berat badan pilihlah jenis susu full cream. Selain mengonsumsi susu, Kamu juga bisa menambah dengan  selingan madu. Mengonsumsi madu secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menambah nafsu makan yang otomatis berat badan pun bertambah.

Itulah beberapa cara yang dapat dicoba untuk menambah berat badan secara alami. Coba ikuti panduan di atas, ya!

 

Artikel yang lain :

  1. Tips Cara Hilangkan Jerawat Secara Alami
  2. 4 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Obat-obatan

About Bisril Hafiz

Check Also

Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha

Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha

bisril.info – Tak terasa, sebentar lagi umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha atau …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x