.
4 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Obat-obatan
Tubuh langsing dengan berat ideal adalah idaman hampir semua perempuan. Tidak sedikit yang tergiur untuk mengomsumi obat-obatan demi mendapatkan berat badan ideal dengan cara instan. Saat ini, ada banyak jenis diet yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan tanpa harus minum obat atau operasi sedot lemak. Berikut 4 cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa dipraktekkan. Yuk, disimak!

4 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Obat-obatan

bisril.info – Cara Turunkan Berat Badan Tubuh langsing dengan berat ideal adalah idaman hampir semua perempuan. Tidak sedikit yang tergiur untuk mengomsumi obat-obatan demi mendapatkan berat badan ideal dengan cara instan. Saat ini, ada banyak jenis diet yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan tanpa harus minum obat atau operasi sedot lemak. Berikut 4 cara menurunkan berat badan secara alami yang bisa dipraktekkan. Yuk, disimak!

Defisit Kalori

Kunci dari menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori atau defisit kalori harian. Hitung dulu kebutuhan kalorimu sesuai dengan aktivitas yang biasa Kamu lakukan.

Gunakan rumus berikut untuk mengetahui Basal Metabolic Rate (BMR)

BMR Pria = 88,362 + (13.397x berat badan)+ (4.499x tinggi badan)- (5.677 x umur)

BMR Perempuan = 444.593 + (9.247x berat badan) + (3.098x tinggi badan) – (4.33x umur)

 

Selanjutnya hasil BMR dikalikan dengan level aktivitas fisik untuk mengetahui berapa kalori yang dibutuhkan dalam satu hari.

Acuan level aktivitas fisik :

  • Tidak aktif = BMR x 1.2
  • Berolahraga 1-3 kali/ minggu = BMR x 1.375
  • Berolahraga 3-5 kali /minggu = BMR x 1.55
  • Berolahraga 6-7 kali/ minggu = BMR x 1.725

 

Nah, agar berat badan berhasil turun, setidaknya Kamu harus memangkas 500 kalori dari total kebutuhan kalori harian.

Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Pastikan Kamu mengonsumsi banyak air putih untuk membantu metabolisme di dalam tubuh, membuang racun hingga meningkatkan kerja ginjal. Apabila Kamu dalam program menurunkan berat badan, setidaknya minum air putih sebanyak 3 liter per hari. Sebelum makan, sebaiknya minum air satu gelas terlebih dahulu, karena dapat membuat perut menjadi terasa kenyang.

Lakukan Diet Karbo

Ketika menjalankan program diet sebaiknya Kamu mengurangi jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Kurangi jumlah nasi, pasta dan roti yang dimakan. Konsumsilah  jenis karbohidrat kompleks untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, oat, kentang, jagung, kacang polong, pisang, buah apel dan lainnya.

Baca Juga  Hati-hati, Ini Bahaya Mengonsumsi Garam Berlebihan

Makan Lebih Banyak Protein

Mengonsumsi lebih banyak protein membuat perut terasa kenyang lebih lama serta dapat membangun massa otot. Contoh sumber protein yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, antara lain :

  • Tempe dan tahu
  • Dada ayam tanpa kulit
  • Biji-bijian, seperti kacang merah, kacang hijau, kedelai
  • Ikan
  • Putih telur
  • Yogurt

 

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Agar hasil lebih maksimal badan singset tanpa menggelambir sebaiknya diimbangi dengan olahraga rutin. Konsisten berolahraga, kurangi junk food / nasi dan perbanyak sayur serta protein adalah kunci mendapatkan badan ideal.

 

Artikel Relavan : tempo

Artikel yang lain :

  1. Tips Cara Hilangkan Jerawat Secara Alami

About Bisril Hafiz

Check Also

Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha

Ini Dia 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Pasca Idul Adha

bisril.info – Tak terasa, sebentar lagi umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha atau …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x