Ini Dia Cara Mengetahui Ponsel Diretas

bisril.info – Saat ini hanya bermodal ponsel di genggaman, Kamu bisa melakukan banyak hal, bukan?. Belanja kebutuhan pokok, mengobrol dengan teman, menonton film, hingga bertransaksi keuangan semua bisa dari sebuah HP. Namun, kemudahan teknologi ini memaksa Kamu tetap harus waspada terhadap penyusup yang meretas ponsel untuk mengambil data-data penting. Bagaimana cara mengetahui ponsel diretas?

Cara Mengetahui Ponsel Diretas

Untuk mengetahui ponsel sedang terkena sadap, perhatikan saja ciri-ciri hp di hack berikut ini:

Baterai Cepat Habis

Ciri pertama saat hacker meretas ponselmu adalah baterai menjadi cepat habis. Hal ini terjadi lantaran terdapat aplikasi atau sistem yang juga bekerja tanpa Kamu ketahui. Tidak heran jika baterai ponsel menjadi cepat habis, padahal durasi penggunaan normal saja.

Hal ini tidak hanya berbahaya pada data-data di dalam ponsel, namun juga dapat merusak perangkat Hpmu.

Kuota Data Cepat Habis

Selain baterai menjadi lebih boros, ciri-ciri hp di hack lainnya yaitu kuota internet cepat habis padahal jarang terpakai.

Ternyata hal ini adalah ulah hacker yang mengambil data internet secara diam-diam. Biasanya, hacker menggunakan kuota internet untuk mentransfer semua data pribadi Kamu.

Terdapat Aplikasi Aneh Yang Terpasang

Perlu Kamu ketahui, hacker biasanya akan memasang aplikasi tambahan di perangkat ponsel yang terkena sadap. Namun, rata-rata pemilik ponsel tidak mengetahui keberadaan aplikasi ini. Dengan kata lain, aplikasi tersebut terunduh dan terpasang secara tiba-tiba dan otomatis.

Jadi, jika Kamu menemukan ada sebuah aplikasi baru padahal tidak merasa mengunduh dan memasangnya, maka wajib berhati-hati. Karena ada kemungkinan ponsel tersebut sedang terkena sadap.

Terdapat Iklan Pop up Yang Mengganggu

Tanda lain yang patut Kamu curigai sebagai ulah hacker adalah munculnya iklan pop up saat berselancar di internet. Keberadaan iklan ini selain mengganggu ternyata juga menguras RAM dan menyebabkan Hp lemot.

Baca Juga  Rekomendasi Terbaik Pemutar Musik Apk Tanpa Iklan

Hacker dapat meretas ponsel Kamu menggunakan virus malware dan memasukkannya ke dalam iklan. Di pembuat virus dapat meraup keuntungan besar dalam waktu 24 jam.

Ponsel Melakukan Restart Secara Otomatis

Terakhir, ciri-ciri hp di hack yang patut Kamu waspadai adalah ponsel tiba-tiba melakukan restart sendiri. Coba Kamu telusuri lebih lanjut perihal sebab mengapa ponsel reboot tiba-tiba. Ada kemungkinan hacker sedang berusaha menyusup ke perangkat ponselmu.

Segera bawa ponsel ke service center dan melakukan langkah antisipasi guna terhindar dari serangan hacker atau virus.

Cara Mengatasi HP yang Diretas Hacker

Apa yang bisa Kamu lakukan jika hacker telah menyusup? Ini beberapa cara mengatasi HP yang kena hack untuk melindungi ponsel milikmu.

Aktifkan Fitur Keamanan Dua Tahap

Cara mengatasi HP yang kena hack adalah mengaktifkan fitur keamanan dengan dua langkah verifikasi.

Fitur ini menjadi keamanan ganda yang dapat melindungi ponsel dari peretasan digital, terlebih bagi aplikasi layanan keuangan atau dompet digital.

Apabila Kamu mengaktifkan fitur ini, setiap kali masuk aplikasi tidak hanya meminta kata sandi, tetapi juga kode OTP khusus. Seperti yang Kamu ketahui, kode OTP adalah 6 digit kode yang hanya dapat Kamu gunakan sekali pakai.

Jadi, apabila ada seseorang yang hendak meretas ponselmu, maka kode ini akan masuk melalui pesan singkat. Pesan ini semacam peringatan ada pihak lain yang ingin mengakses aplikasi tersebut.

Menonaktifkan Data Seluler, WiFi, GPS atau Bluetooth JIka Tidak Terpakai

Menonaktifkan data internet, WiFi , GPS atau Bluetooth saat tidak terpakai ternyata dapat melindungi perangkat ponselmu. Karena hacker dapat menyusup dengan mudah melalui beberapa cara tersebut.

Hindari Membuka Website/ Memasang Aplikasi Terlarang

Virus jahat yang dapat menyusup ke dalam ponsel dan mencuri data melalui website atau aplikasi terlarang. Aplikasi ini sering meretas pengguna sosial media seperti FB, Outlook atau Gmail.

Baca Juga  Kamu Harus Tau! Ternyata Inilah Beberapa Ciri Pinjol Terpercaya

Untuk menghindari hal tersebut, coba hindari mengakses website terlarang atau memasang aplikasi seperti pencari hotspot gratis, aplikasi mempercepat isi daya dll.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengetahui ponsel diretas dan tips untuk mengatasinya. Jika perlu ganti kode ponsel setiap aplikasi secara berkala dan sign out akun email yang tidak terpakai. Semoga berhasil, ya.

Artikel yang lain :

  1. HP ngeHang atau Lemot? Begini Cara Memperbaikinya
  2. File Hilang Dari Memori HP? Intip 4 Cara Mudah Mengembalikannya Berikut
  3. Lupa Pola Kunci Layar HP? Begini 5 Cara Membukanya
  4. 7 Cara Mengatasi Baterai HP Boros
  5. HP Sering Mati Sendiri? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya Berikut
  6. 5 Tips Menghubungkan HP Ke TV

About Bisril Hafiz

Check Also

Apk Penguat Sinyal Telkomsel Anti Lelet, Bebas Berselancar

Apk Penguat Sinyal Telkomsel Anti Lelet, Bebas Berselancar

bisril.info – Kini Anda bisa menggunakan apk penguat sinyal Telkomsel agar koneksi internet lancar tanpa …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x