Cukup 5 Menit, Cara Mengatasi Layar Sentuh Error Pada Smartphone

bisril.info – Smartphone adalah barang yang kini wajib dipunyai oleh masyarakat. Kendati demikian, ponsel pintar ini sering bermasalah dengan layar sentuh yang tiba-tiba error dan tidak berfungsi. Nah, jangan kesal lagi, sebab ada cara mengatasi layar sentuh error yang mudah Kamu aplikasikan.

 

Penyebab Layar Sentuh Tidak Berfungsi Atau Macet

Pandemi seperti sekarang, banyak aktivitas yang menggunakan barang kecil kaya manfaat ini.  Namun, seringkali Kamu luput memperhatikan perawatan layar sentuh pada ponsel. Padahal, touchscreen juga sama pentingnya dengan fitur lainnya.

Di mana fungsinya adalah untuk memvisualisasikan sistem kepada penggunanya. Jadi, jika terjadi masalah dengan layar sentuh, maka Kamu tidak bisa menggunakan ponsel sebagai mestinya, bukan?

Terdapat beberapa hal  menjadi penyebab kenapa touch screen Hp tidak berfungsi, misalnya :

Karena Terjatuh Atau Terkena Benturan Dengan Benda Keras

HP yang terbentur/ pernah terjatuh hingga berkali-kali dapat menyebabkan layar sentuh menjadi tidak berfungsi. Sebab, setiap dari ponsel mempunyai ketahanan perangkat keras yang tidak sama. Terdapat sebagian ponsel yang memang dirancang tidak tahan terhadap benturan, ada pula sebaliknya.

Itulah mengapa beberapa ponsel yang bisa error pasca terjatuh/ terbentur benda keras.

Karena Terkena Air

Seperti yang kita ketahui bahwa air dapat merusak komponen elektronik. Ponsel yang terciprat oleh air dapat menyebabkan touchscreen menjadi tidak berfungsi. Bukan hanya layar, risiko kerusakan pada komponen lainnya juga besar kemungkinannya.

Karena Layar Pecah

Penyebab kenapa touch screen Hp tidak berfungsi lainnya adalah pecahnya layar ponsel. Layar yang retak terkadang membuat touchscreen macet hingga dapat bergerak sendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut?

5 cara mengatasi layar sentuh error

Berikut 5 cara yang bisa Kamu coba saat layar sentuh ponsel tiba-tiba tidak berfungsi atau macet.

Baca Juga  Cara Membuat Video Transisi Untuk Konten Berdurasi Pendek

Restart Ponsel

Cara pertama adalah memuat ulang ponsel yang layarnya tidak berfungsi. Kamu bisa menekan tombol daya untuk beberapa detik hingga muncul pilihan memuat ulang, matikan daya atau mode terbang.  Pilihlah yang muat ulang.

Bersihkan Alat Pelindung Layar

Saat ini, pembelian ponsel baru sudah dilengkapi dengan screen protector sebagai bonusnya. Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk melindungi smartphone Kamu dari benturan, sehingga dapat meminimalisir kerusakan.

Oleh karena itulah, Kamu harus rutin membersihkan kotoran atau debu yang menumpuk di sekitar pelindung layar. Jika perlu ganti pelindung layar secara berkala.

Mengaktifkan Safe Mode

Ada sebagian kasus yang menjadi penyebab layar sentuh, yaitu karena adanya gangguan dari aplikasi yang baru saja Kamu unduh. Oleh karena itulah, penting bagi Kamu untuk selalu mengaktifkan safe mode pada ponsel sehingga lebih aman dari masalah tersebut.

Untuk mengaktifkan mode aman, Kamu bisa menekan tombol power selama beberapa detik, kemudian pilih mode darurat/ safe mode.  Selanjutnya, hapus beberapa file yang menjadi penyebab layar macet.

Mengeluarkan Sim card atau SD Card

Cara lain untuk mengatasi layar sentuh yang macet adalah dengan mencabut sim card dan SD card. Karena ada kemungkinan layar sentuh tidak berfungsi karena kerusakan pada kedua benda tersebut.

Jika Kamu sudah mencabutnya, maka nyalakan kembali ponsel tersebut dan gunakan tanpa kartu.

Mengalibrasi Layar Sentuh

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi kalibrasi layar sentuh untuk mengembalikan layar sentuh kembali berfungsi normal. Ikuti petunjuk penggunaan aplikasi tersebut, seperti membuat ketukan tunggal, menyentuh lama hingga melakukan zoom in dan zoom out.

Kesimpulan

Itulah beberapa alasan kenapa touch screen Hp tidak berfungsi dan 5 cara mengatasi layar sentuh yang error. Semoga informasi di atas dapat membantu, sebelum membawanya ke tukang servis. Selamat mencoba.

Baca Juga  Coba 8 Trik Mengubah HP Jadi Aesthetic

Artikel yang lain :

  1. HP ngeHang atau Lemot? Begini Cara Memperbaikinya
  2. File Hilang Dari Memori HP? Intip 4 Cara Mudah Mengembalikannya Berikut
  3. Lupa Pola Kunci Layar HP? Begini 5 Cara Membukanya
  4. 7 Cara Mengatasi Baterai HP Boros
  5. HP Sering Mati Sendiri? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Mengatasinya Berikut
  6. 5 Tips Menghubungkan HP Ke TV

About Bisril Hafiz

Check Also

Apk Penguat Sinyal Telkomsel Anti Lelet, Bebas Berselancar

Apk Penguat Sinyal Telkomsel Anti Lelet, Bebas Berselancar

bisril.info – Kini Anda bisa menggunakan apk penguat sinyal Telkomsel agar koneksi internet lancar tanpa …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x