8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing

bisril.info – Cara Mudah Menjinakkan Kucing merupakan hewan peliharaan yang cukup terkenal karena bersahabat dan lucu. Padahal sejatinya kucing adalah hewan mamalia karnivora yang liar dan mempunyai jiwa berburu. Akan tetapi  dikarenakan ukuran kucing yang tidak terlalu besar, maka kucing dianggap tidak berbahaya bagi kehidupan manusia.

Hubungan kucing dan manusia merupakan hubungan simbiosis mutualisme. Di mana kucing sengaja dijinakkan untuk menjadi predator dari hama yang mengganggu aktivitas manusia. Bahkan dilansir dari Wikipedia, sejak tahun 3500 SM kucing sudah dipakai sebagai alat untuk mengusir tikus dari lumbung padi.

Nah, kali ini kami ingin berbagi tips mudah untuk menjinakkan kucing. Yuk, di simak!

Pahami Sikap Yang Ditunjukkan Kucing

Biasanya, kucing akan menunjukkan ciri khusus saat berada di tempat yang baru. Seperti badan yang setengah merunduk, terlihat sedikit mengeram dan bersiap menyerang. Apabila Kamu melihat kucing bersikap seperti itu, maka jangan sekali-kali mencoba mendekatinya atau dia akan kabur dan menghindar.

Pancing dengan makanan, dan amati dari jauh. Jika kucing terlihat mendekati makanan yang disiapkan, maka Kamu memiliki peluang untuk menjinakkannya. Tetapi jika sebaliknya, segara urungkan niat untuk menjinakkannya.

Hindari Menatap Mata Kucing Secara Langsung

Menatap mata kucing secara langsung seringkali diartikan sebagai bentuk pertentangan. Apalagi jika menatap matanya secara terus menerus dalam durasi yang cukup lama. Jika ingin menjinakkan kucing, maka hindarilah hal tersebut.

Jangan Sekalipun Membentaknya

Ketika kucing menunjukkan perilaku menghindar atau mengeram, Kamu jangan sekalipun membentaknya. Karena bentakan hanya akan membuatnya semakin takut dan pergi.

Mulai Lakukan Pendekatan

Setelah Kamu melihat respon kucing pada makanan yang diberikan tadi, maka kamu sudah bisa mencoba mendekatinya. Caranya masih sama, bujuk dengan makanan kucing, tetapi kali ini letakkan makanan di genggaman tanganmu. Lihat apakah kucing mendekat atau kembali kabur.

Baca Juga  Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya

Apabila kucing mendekat, mulailah mengajaknya berkomunikasi misalnya “pus, lapar ya?” atau sebagainya.  Gunakan kata-kata manis untuk merayunya.  Jika dia sudah menunjukkan gelagat nyaman dengan kehadiranmu, cobalah untuk mulai mengelus ujung kepalanya.

Masukkan Ke Dalam Kandang Khusus

Apabila kucing sudah mulai nyaman jika dielus, maka Kamu sudah bisa mencoba untuk memasukkan kucing ke dalam kandang. Pastikan di dalam kendang tidak ada kucing lainnya untuk menghindarkan perkelahian antar kucing.

Siapkan makanan dan minuman, serta litter box yang baru (bukan bekas kucing lain) agar dia merasa nyaman dan meminimalisir stress. Letakkan sedikit berjauhan dari kucing dewasa/ kucing lain. Umumnya, kucing akan menganggap saingan semua kucing asing yang berada di sekitarnya.

Hindari Untuk Memandikan Kucing Dalam Kondisi Belum Terlalu Jinak

Ketika kucing belum terlalu jinak, hindari untuk memandikannya langsung. Karena dapat membuatnya ketakutan. Apabila ingin membersihkan tubuh atau bulu kucing, Kamu cukup mengelap menggunakan lap basah secara rutin.

Berikan Sentuhan Yang Lembut

Sentuhan yang lembut akan meningkatkan rasa percaya kucing kepadamu. Mulainya dengan bagian kepalanya, lanjutkan menyentuh di bagian bawah leher. Biasanya kucing yang sudah mulai jinak, akan membalas sentuhanmu dengan mengeong atau mengitari kakimu.

Beri Nama Panggilan

Berilah nama pada kucing yang sudah mulai jinak dan biasakan dia dengan panggilan barunya tersebut. Cobalah sesering mungkin memanggil namanya saat memberi makan atau ketika Kamu menyentuh bulu-bulunya.

Kucing termasuk hewan peliharaan yang pintar, jadi lama kelamaan dia akan menyadari nama panggilan yang Kamu sematkan. Dia akan segera menghampirimu ketika dipanggil namanya.

 

Itulah tips dan cara menjinakkan kucing yang bisa dipraktekkan saat menemukan kucing liar/ mengadopsi kucing baru. Jika kucing mulai tidak menghindar ketika didekati dan senang ketika diajak bermain, tandanya dia sudah terbiasa dengan Kamu. Selamat mencoba!

Baca Juga  Cats Lover Wajib Tahu! Begini Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Artikel Relavan : aoglamedia

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya
  3. Tips Cara Merawat Dan Membuat Bulu Kucing Halus

About Bisril Hafiz

Check Also

Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

bisril.info – Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga memiliki indera …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x