.
Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat
Kucing merupakan hewan yang telah umum menjadi peliharaan manusia. Seperti manusia, kucing juga membutuhkan asupan nutrisi yang berasal dari makanannya. Beragam jenis makanan yang beredar di pasaran bisa dipilih. Namun tahukah Kamu? Kucing juga membutuhkan jenis makanan yang tepat untuk tumbuh sehat dan panjang umur.

Jangan Asal! Inilah Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat

bisril.info – Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat,Kucing merupakan hewan yang telah umum menjadi peliharaan manusia. Seperti manusia, kucing juga membutuhkan asupan nutrisi yang berasal dari makanannya. Beragam jenis makanan yang beredar di pasaran bisa dipilih. Namun tahukah Kamu? Kucing juga membutuhkan jenis makanan yang tepat untuk tumbuh sehat dan panjang umur.

Tidak boleh disepelekan, setiap kucing membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih makanan untuk kucingmu. Apa saja itu?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pilih Makanan Kucing Yang Tinggi Kandungan Protein Hewani

Makanan kucing yang mengandung nutrisi tinggi bersumber dari protein hewani, misalnya daging sapi, ikan atau sejenis unggas. Apalagi pada kucing yang baru saja disteril, metabolisme mereka akan menurun sehingga makanan berprotein tinggi akan membuatnya lebih cepat kenyang tanpa khawatir obesitas.

Perlu diketahui, Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat sebagian kucing pasca operasi akan kehilangan nafsu makan mereka. Sehingga, asupan tinggi protein dapat membantu tercukupi nutrisi untuk tubuh mereka.

Sesuaikan Dengan Ras Kucing

Sebelum memutuskan membeli pakan kucing, sebaiknya kenali dulu ras kucing peliharaan Kamu. Sebab, jenis makanan kucing telah disesuaikan dengan karakteristik masing-masing kucing. Saat ini, beberapa merk makanan kucing sudah menyediakan makanan khusus ras tertentu.

Makanan Basah Atau Makanan Kering, Mana Yang Terbaik?

Baik makanan basah maupun makanan kering mempunyai kelebihan masing-masing. Untuk jenis makanan kering, memang lebih sering dijadikan makanan utama dan banyak dipilih.  Karena sifatnya yang kering bisa disimpan dalam waktu lebih lama. Apalagi, harga makanan kering jauh lebih terjangkau dan ramah di kantong. Selain itu, makanan kering dapat melatih gigi kucing.

Baca Juga  Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil

Begitu juga dengan makanan basah yang tidak kalah baik dari makanan kering. Kandungan air yang banyak di dalam makanan basah dapat menghidrasi kucing. Makanan basah juga mempunyai banyak pilihan rasa, sehingga cocok diberikan pada kucing yang nafsu makannya sedang menurun. Sayangnya, makanan basah harganya cenderung lebih mahal.

Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat Untuk mengantisipasi rasa bosan pada jenis makanan tertentu, Kamu bisa menggabungkan pemberian makanan basah dan kering. Agar asupan gizi berimbang, sebelum menggabung keduanya, sebaiknya pilih kandungan nutrisi yang berbeda antara makanan basah dan makanan kering.

Selalu Perhatikan Lokasi Penyimpanan Makanan

Meski terlihat sederhana, tetapi lokasi penyimpanan makanan berpengaruh kepada kandungan nutrisinya. Makanan basah sebaiknya disimpan di lemari es, agar tidak cepat basi/ kadaluarsa.

Beri Kucing Berbagai Jenis Makanan

Untuk menghindari kucing yang kecanduan makanan, sebaiknya kenalkan kucing dengan berbagai jenis makanan. Akan tetapi cara ini sering mengakibatkan gangguan pencernaan pada kucing jika terjadi alergi dan sebagainya. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan kesehatan kucing kepada dokter hewan secara berkala.

Sesuaikan Dengan Tahapan Perkembangan Kucing

Sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi di setiap tahap perkembangan. Bagi kucing yang berumur kurang dari satu tahun, Kamu bisa memberikan makanan basah yang banyak mengandung protein dan kalsium. Karena kedua nutrisi tersebut bagus untuk pertumbuhan otot dan juga tulang. Induk kucing juga membutuhkan makanan serupa, sebagai tambahan nutrisi ketika menyusui. Agar lebih hemat, pilih merek makanan yang baik untuk ibu dan anak.

Sedangkan kucing yang berumur 1- 6 tahun membutuhkan gizi yang lebih kompleks. Coba lihat di balik kemasan untuk memastikan kandungan gizinya. Sebaliknya untuk kucing dewasa, yang berumur lebih dari 7 tahun harus diberi makanan dengan kandungan kalori yang rendah. Kucing dewasa juga rentan mengalami gangguan ginjal, sebaiknya beri makanan dengan formula khusus.

Baca Juga  Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing

Hati-hati Dengan Merk Makanan Murah

Makanan murah memang lebih diminati, namun terlalu sering memberi makanan murah dapat membahayakan kesehatan kucing,lho. Karena kandungan gizinya kurang lengkap. Nah, Kamu tidak ingin kucing sakit kan?

Demikianlah informasi tips memilih makanan kucing. Bagaimana? Apakah Kamu sudah memberi makanan yang tepat untuk kucingmu? Ingat, pastikan untuk melihat label kandungan nutrisi di balik kemasan makanan kucing, ya! Semoga bermanfaat.

 

Artikel Relavan : halodoc

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya
  3. Tips Cara Merawat Dan Membuat Bulu Kucing Halus
  4. 8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing

About Bisril Hafiz

Check Also

Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

bisril.info – Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga memiliki indera …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x