.
Trik dan Tips Fotografi di HP Android
Belakangan ini, produsen HP android gencar mengeluarkan seri terbaru dengan spesifikasi bersaing. Bagi Kamu yang hobi foto, kini tidak perlu ambil pusing beli kamera profesional. Karena ponsel pintar pun sudah mempunyai resolusi kamera yang mumpuni. Nah, agar dapat menghasilkan foto aesthetic, Kamu harus memahami tips fotografi di Hp terlebih dahulu.

Mudah, Begini Trik dan Tips Fotografi di HP Android

bisril.info – Belakangan ini, produsen HP android gencar mengeluarkan seri terbaru dengan spesifikasi bersaing. Bagi Kamu yang hobi foto, kini tidak perlu ambil pusing beli kamera profesional. Karena ponsel pintar pun sudah mempunyai resolusi kamera yang mumpuni. Nah, agar dapat menghasilkan foto aesthetic, Kamu harus memahami tips fotografi di Hp terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana trik dan tips yang benar? Yuk, simak paparan selengkapnya di sini.

Rahasia Fotografi Di HP Sekelas Kamera Profesional

1.   Memahami Konsep Rule Of Third

Rule Of Third adalah prinsip penting yang cukup familiar di bidang fotografi, demi menghasilkan gambar bagus dengan komposisi sempurna.  Prinsip ini menjadi petunjuk yang sering fotografer gunakan untuk menempatkan posisi objek.

Menariknya, ponsel pintar kini sudah mempunyai fitur pengaturan tersebut. Kamu dapat mengaktifkan grid, sehingga layar ponsel tampak terbagi menjadi beberapa segmen yang berbentuk persegi panjang.

2.   Memastikan Posisi Hp Tetap Stabil

Permasalahan mengambil foto dari HP adalah pegangan yang seringkali tidak fokus dan goyang-goyang. Oleh karena itu, Kamu perlu tripod untuk membuat posisi HP tetap stabil.

Apabila tidak ada tripod, Kamu bisa menyandarkan ponsel di dinding atau meja, dan gunakan self timer. Jika ingin tetap memegang ponsel, usahakan agar posisinya tidak terlalu dari badanmu, dan dekatkan dengan dada.

3.   Hindari Penggunaan Digital Zoom

Dalam dunia fotografi akan Kamu temui digital zoom. Namun, fitur ini merupakan gimmick yang memaksa objek untuk mendekat dengan Kamu. Tentu saja hasil foto akan buram, bahkan pecah. Oleh karena itu, untuk hasil terbaik cobalah teknik fotografi HP lalu mendekat ke arah objek foto.

Lain cerita jika Kamu menggunakan iPhone X atau Samsung Galaxy Series Note. sebab, kedua series smartphone ini mempunyai fitur 2x optical zoom, sehingga permasalahan foto buram atau pecah dapat terhindari.

Baca Juga  Inilah Beberapa Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa yang Bisa Kamu Coba

4.   Pahami Waktu Yang Tepat Menggunakan HDR

Cara setting kamera HP agar sekelas kamera DSLR/ Mirrorless adalah memperhatikan HDR.

HDR atau High Dynamic Range merupakan perbedaan tingkat kecerahan cahaya. Memotret objek dengan mode standar akan menghasilkan gambar yang lebih gelap. Namun, jika Kamu mengaktifkan HDR hasil gambar akan lebih detail.

Ketika HDR aktif, kamera ponsel akan mengatur kecerahan cahaya secara otomatis sesuai dengan kondisi yang ada di sekitar.

5.   Pilih Ponsel Android Dengan Kualitas Kamera Yang Mumpuni

Perlu Kamu ketahui, bahwa tidak semua ponsel mempunyai kualitas kamera yang baik. Kamu bisa menggunakan iPhone X ke atas, Samsung Galaxy series atau OPPO Reno series.

Daftar ponsel di atas, mempunyai kualitas gambar yang setara dengan kamera profesional.

6.   Ketahui Kapan Perlu Menggunakan Flash

Teknik fotografi Hp lainnya adalah kapan menggunakan flash. Tahukah Kamu, jika menggunakan flash di waktu yang kurang tepat hanya akan memperburuk hasil jepretan. Foto akan membentuk bayangan.

7.   Ketahui Makna Shutter Lag

DSLR memang sudah dirancang untuk mengambil objek secepat kilat. Sementara ponsel pintar mempunyai shutter lag.

Apa itu Shutter lag? Istilah ini merujuk pada jeda waktu di antara tombol shutter dan kamera memproses pengambilan gambar. Hal ini terjadi karena ponsel memang tidak sepenuhnya mendukung pengambilan gambar secara cepat.

Oleh karena itulah, Kamu harus memastikan tidak goyang atau menimbulkan getaran saat mengambil gambar.

8.   HIndari Pengambilan Gambar Membelakangi Matahari

Apabila menginginkan gambar yang berkualitas, maka hindari mengambil gambar dengan membelakangi matahari. Karena posisi ini hanya akan membuat hasil foto menjadi gelap, bahkan terkadang terlihat menyilaukan.

Upayakan posisi cahaya matahari berada di samping atau belakang Kamu, sehingga dapat menambah sinar objek yang hendak difoto.

Baca Juga  Ini Dia Cara Mengetahui Ponsel Diretas

Akhir Kata

Begitulah trik dan tips fotografi di HP yang dapat dengan mudah Kamu coba. Ikuti langkah-langkah yang benar agar menghasilkan foto sekelas fotografer profesional. Semoga ulasan di atas membantu, ya.

Artikel yang lain :

  1. 6 Cara Menaikkan Subscriber Youtube
  2. Cek 5 Cara Menaikkan Jam Tayang Youtube
  3. Tutorial Mudah Mendaftar Google AdSense
  4. Ingin Menaikkan Traffic Website? Coba 10 Cara Berikut Ini
  5. Kelola Channel Youtube Dengan Youtube Studio, Begini Caranya!

About Bisril Hafiz

Check Also

Apk Pencari Lagu Terbaik yang Mudah Digunakan untuk Smartphone

Apk Pencari Lagu Terbaik yang Mudah Digunakan untuk Smartphone

bisril.info – Saat ingin mencari lagu namun tidak mengetahui judul dan penyanyinya, apk pencari lagu …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x