Berbagai Jenis Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara

bisril.info – Sesuai dengan namanya, ikan hias dibekali tubuh dengan corak dan bentuk unik sehingga membuat banyak orang ingin mengoleksinya. Memelihara ikan hias rupanya juga bermanfaat untuk kesehatan, karena gerak-gerik ikan itu bisa membantu menenangkan pikiran orang yang melihatnya. Berikut berbagai jenis ikan hias yang cocok dan mudah dijadikan peliharaan.

Jenis-Jenis Ikan Hias yang Mudah Dipelihara

Kalau Anda tertarik untuk memelihara ikan hias, Anda bisa mencoba ikan-ikan berikut ini.

  • Ikan Oscar

Ikan Oscar memiliki sifat agresif dan tidak ramah dengan ikan jenis lainnya. Namun, ia memang memiliki tampilan yang cantik dan mempesona. Siapkan akuarium yang besar saat memeliharanya, karena ukuran tubuhnya menjadi besar ketika dewasa. Di alam bebas, ikan ini bisa hidup hingga 12 tahun lho.

  • Ikan Koi

Anda mungkin sudah mengenal ikan ini, karena memang ikan koi sangat populer untuk peliharaan. Warnanya khas, berupa gradasi dari merah, putih, hitam, atau kuning. Ikan ini pertama kali diternakkan di China, namun dipopulerkan di Jepang.

  • Ikan Discus

Habitat asli dari ikan discus adalah di wilayah Sungai Amazon, Brazil. Ikan ini memiliki garis-garis pada tubuhnya untuk pertahanan diri dari ikan predator. Selain tampilannya yang cantik, harga ikan ini juga mahal.

  • Ikan Mas Koki

Sama seperti ikan koi, ikan mas koki juga berasal dari China namun populer di Jepang. Ikan mas koki membutuhkan banyak sekali oksigen, sehingga termasuk ikan yang eksklusif karena tidak bisa berdampingan dengan ikan lain.

  • Ikan Corydoras

Jenis ikan hias berikutnya adalah ikan corydoras yang sering disebut juga ikan tikus. Banyak yang menyebut demikian karena cara ikan ini berenang menyerupai tikus berlari. Habitat asalnya adalah Sungai Amazon. Ikan ini senang berada di dasar akuarium, terlebih jika dasar akuarium adalah pasir. Selain bentuknya, kebiasaan unik  ikan ini adalah memakan kotoran dan makanan sisa ikan lain.

  • Ikan Black Ghost

Meski namanya seram, namun tampilannya cukup cantik. Nama lainnya adalah ikan penari balet karena sering melakukan gerakan maju-mundur dan jungkir balik dengan mudah. Ikan ini mudah melakukan gerakan demikian karena didukung bentuk tubuh yang menggelambir.

  • Ikan Louhan

Anda mungkin sudah mengenal jenis ikan hias satu ini. Ciri khasnya berada di kepala yang memiliki dahi menonjol dan corak warna yang unik di tubuhnya. Ikan ini memiliki sifat agresif terhadap ikan lain, bahkan sering memakan ikan kecil di sekitarnya.

  • Ikan Gupi

Ikan ini memiliki daya tarik di bentuk sirip dan keindahan warnanya. Ikan gupi memiliki berbagai varian, yang paling terkenal adalah ikan gupi koi, dragon, dan kobra. Ikan ini juga mudah dipelihara, Anda hanya perlu menyiapkan akuarium kecil yang tanpa oksigen.

  • Ikan Clown Fish

Ikan ini dikenal karena film kartun Finding Nemo. Habitatnya memang di laut, namun perawatannya tidak terlalu sulit kok. Agar ia merasa nyaman di akuarium, Anda perlu memasukkan terumbu karang di dalamnya.

  • Ikan Arwana

Ikan arwana punya banyak nama, seperti ikan naga, payung, dan kayangan. Ia memiliki ciri tubuh yang besar dan memiliki sisik yang mengilat. Jenis ikan arwana yang populer, antara lain ikan arwana silver, golden red, dan super red.

  • Ikan Cupang

Tidak perlu diragukan lagi, bahwa ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang paling populer di Indonesia. Ukurannya kecil, tampilannya cantik, dan perawatannya mudah. Tidak heran banyak orang yang tertarik menjadikannya peliharaan.

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Lele Tidak Sulit lho, Begini Caranya

Dari berbagai jenis ikan hias di atas, mana yang sangat ingin Anda pelihara?

Artikel Relavan : Gramedia

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya
  3. Tips Cara Merawat Dan Membuat Bulu Kucing Halus
  4. 8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing
  5. Jangan Asal! Inilah Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat

About Bisril Hafiz

Check Also

Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

bisril.info – Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga memiliki indera …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x