Kucing MixDome, Ras Campuran Yang Populer Jadi Peliharaan

bisril.info – Seperti diketahui, ras kucing yang tersebar di dunia ini cukup banyak, bahkan mereka juga dilengkapi dengan keunikan masing-masing. Ras kucing sendiri terbagi yang asli dan campuran (hasil dari persilangan). Salah satu ras campuran yang cukup populer adalah kucing mixdome. Apa sih kucing mixdome itu?

Mau tahu paparan lengkap tentang kucing mixdome? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut.

Pengertian Kucing Mixdome

Kucing mixdome merupakan kucing campuran yang lahir dari persilangan ras berbeda. Istilah mixdome sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Mix” yang berarti campuran dan “Dome” artinya domestik/ asli/ lokal.

Kebanyakan kucing ini merupakan hasil perkawinan kucing ras dan domestik. Di Indonesia sendiri, jenis kucing mixdome yang paling banyak ditemui adalah mixdome persia, mixdome anggora, mixdome himalaya dan mixdome calico.

Sudah terbayang kan bagaimana menggemaskan anak kucing hasil perkawinan silang ini?

Ciri-Ciri Unik Kucing Mixdome

Sebelumnya, Kamu harus memahami terlebih dahulu ciri khusus kucing domestik, yaitu berbulu pendek dan memiliki wajah khas dengan sedikit moncong. Apabila kamu telah mengetahui ciri khas kucing domestik, maka akan lebih mudah mengenali kucing mixdome.

Berikut ciri-ciri umum yang dapat digunakan sebagai acuan, yaitu :

  • Bulu kucing semi panjang, bahkan ada beberapa kucing mixdome yang memiliki bulu panjang meski tidak sepanjang milik kucing ras asli
  • Bulu halus dan lembut seperti kucing ras
  • Corak bulunya identik dengan yang dimiliki kucing ras

Selain ciri fisik tersebut, Kamu juga bisa mengenali karakter umum dari kucing mixdome. Misalnya lebih pendiam, suka bermanja dan lucu.

Mereka sangat sekali bermanja-manja dengan pemiliknya, dan senang bila diajak bermain. Mereka juga berumur lebih panjang, yaitu hingga 20 tahun. Hati-hati, bagi Kamu yang memiliki kucing mixdome betina, sebab mereka rajin kawin dan mudah terangsang. Sehingga akan lebih sering melahirkan. Jika perlu, lakukan sterilisasi baik pada kucing betina maupun jantan.

Baca Juga  Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing

Cara Merawat Kucing Mixdome yang Tepat dan Benar

Cara merawat kucing mixdome jauh lebih mudah dibanding dengan kucing ras asli. Berikut cara merawat yang tepat dan benar:

Perhatikan jenis bulunya

Pertama-tama, Kamu bisa memperhatikan jenis bulunya, apakah termasuk kategori short hair, medium hair atau long hair. Apabila kucing mixdome berbulu pendek maka perlu menyikat bulunya seminggu sekali, agar bulu tidak rontok.

Sedang kucing mixdome berbulu sedang dan panjang, sebaiknya disikat menggunakan sisir khusus agar tidak terlihat kusam/ menggumpal.

Dimandikan dua minggu sekali

Kucing mixdome tidak perlu dimandikan terlalu sering, minimal 2 minggu sekali atau jika terlihat bulu sangat kotor. Kamu juga perlu merawat kondisi telinga kucing agar terhindar dari penumpukan zat lilin.

Potong kuku minimal sebulan sekali

Dalam memberikan perawatan kepada kucing mixdome, jangan lupakan area kuku mereka. Kamu perlu memotong kuku mereka minimal sebulan sekali menggunakan gunting khusus kucing.

Perhatikan kebutuhan gizi kucing mixdome

Seperti halnya manusia, kucing mixdome juga membutuhkan nutrisi yang cukup dan kebutuhan cairan harus terjaga agar tidak dehidrasi.  Kamu juga bisa memberinya makanan nasi dicampur dengan daging ikan yang telah dimasak sebelumnya. Lazimnya, kucing mixdome kurang menyukai makanan kering.

Harga Kucing Mixdome di Pasaran

Harga kucing mixdome di pasaran lebih murah dibanding ras asli, yaitu berkisar antara Rp. 100 ribu hingga Rp. 2 juta. Harga yang berlaku tergantung dengan ras asli induk mereka.

 

Pada dasarnya, apapun jenis ras kucingnya jika dirawat dan dipelihara dengan baik, mereka akan tumbuh menjadi makhluk lucu yang super menggemaskan. Jadi, sudah siap memelihara kucing mixdome?

Artikel Relavan : kompas

Artikel yang lain :

  1. Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil
  2. Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing
  3. STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing
  4. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?
  5. Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes

 

Baca Juga  Jangan Asal! Inilah Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat

About Bisril Hafiz

Check Also

Arti Posisi Tidur Kucing

Ternyata Begini Arti Posisi Tidur Kucing

bisril.info – Arti Posisi Tidur Kucing pada Binatang berbulu yang satu ini memang lucu dan …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x