.
6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing
Memelihara kucing memang menyenang, tapi tahukah kamu? Masih banyak orang belum memahami cara merawat kucing dengan benar.  Seperti yang kita tahu, memelihara  kucing bukan hanya sekadar memberi makan atau mengajak bermain saja.  Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan kucing. Pastikan Kamu tidak melakukan 6 kesalahan ini ketika merawat dan memelihara kucing ya!

STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing

bisril.info – Memelihara kucing memang menyenang, tapi tahukah kamu? Masih banyak orang belum memahami cara merawat kucing dengan benar.  Seperti yang kita tahu, memelihara  kucing bukan hanya sekadar memberi makan atau mengajak bermain saja.  Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan kucing. Pastikan Kamu tidak melakukan 6 kesalahan ini ketika merawat dan memelihara kucing ya!

 

Yuk, simak apa saja kesalahan tersebut!

Menghukum Kucing Karena Kencing Atau Pup Sembarang

Siapa yang tidak kesal, jika melihat kucing kesayangan kencing atau pup bukan di litter box-nya? Tapi, sebelum buang-buang energi untuk memarahi atau menghukum kucing,sebaiknya cari tahu penyebab mengapa kucing buang air tidak di tempatnya. Bisa jadi, kucing sedang mengalami stress karena kedatangan anggota baru, pindah rumah atau sebab lainnya.

Percuma memarahi kucing, mereka tidak akan paham. Alih-alih mengerti, amukan pemilik kucing hanya akan membuat mereka depresi bahkan perilakunya menjadi lebih buruk.

Hanya Menyediakan Satu Wadah Untuk Banyak Kucing

Jika Kamu mempunyai banyak kucing, sebaiknya siapkan wadah makanan atau litter box sejumlah kucing yang ada.

Sejatinya, kucing mempunyai naluri berburu, sehingga apabila hanya terdapat satu wadah maka akan terjadi dominasi salah satu kucing. Besar kemungkinan akan menyebabkan stress pada kucing lainnya.

Meletakkan Wadah Minum Bersebelahan Dengan Tempat Makan

Kucing tidak menyukai peletakan wadah makanan bersebelahan dengan tempat minumnya. Sumber air yang dekat wadah makanan akan terkontaminasi oleh serpihan makanan atau bulu kucing. Oleh sebab itulah, kucing lebih memilih untuk minum dari genangan air/ toilet daripada air minum yang telah disediakan.

Mulai sekarang, cobalah untuk memisahkan wadah minumnya dan letakkan di beberapa lokasi berbeda. Biarkan mereka memilih akan meminum dari lokasi yang mana.

Baca Juga  Kucing MixDome, Ras Campuran Yang Populer Jadi Peliharaan

Hanya Memberi Dry Food Saja

Pada dasarnya, memberi kucing dengan makanan yang kering saja bukan kesalahan fatal. Yang terpenting adalah Kamu memperhatikan asupan air yang diminum kucing. Berbeda dengan makanan basah yang banyak mengandung air, kucing yang hanya makan dry food harus lebih sering minum. Jika mereka malas minum dikhawatirkan akan mengalami gangguan saluran kemih.

Sesekali Kamu perlu menggabung makanan basah dan kering, untuk mengurangi kebosanan.

Menaruh Pot Tanaman Di Area Yang Mudah Dijangkau Kucing

Tahukah kamu? Ada beberapa jenis tanaman beracun dan bahaya jika termakan oleh kucing, misalnya aloe vera, tanaman lili, hingga tanaman viral monstera. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka letakkan pot bunga di luar jangkauan kucing. Kamu bisa menggantung pot-pot yang ada di sekitar rumah.

Memberi Susu

Anak kucing memang seharusnya mendapatkan susu dari induknya, terdapat beberapa alasan anak kucing terpaksa tidak mendapatkan susu induknya. Jika hal tersebut terjadi, Kamu bisa memberikan susu alternatif khusus kucing.

Akan tetapi pemberian susu sebaiknya dihentikan ketika anak kucing menginjak usia remaja/ dewasa. Kucing dewasa sudah tidak menghasilkan enzim yang berguna untuk mengasimilasi susu, sehingga mereka menjadi intoleran terhadap laktosa di dalam susu. Intoleran laktosa dapat mempengaruhi pencernaan kucing, seperti diare, kembung dan sebagainya.

 

Itulah 6 kesalahan yang seringkali dianggap sepele, jangan sampai Kamu menyesal. Jadi sebelum memutuskan memelihara kucing, perhatikan hal-hal di atas terlebih dahulu, ya!. Jika perlu, kucing harus rutin di bawa ke dokter, untuk memeriksakan kesehatan, vaksin hingga steril.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! Selamat berbagi kasih dengan anak bulu kesayangan.

 

Artikel Relavan : suara.com

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya
  3. 8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing
  4. [Ampuh] 10 Cara Hilangkan Kutu Pada Kucing
  5. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?

About Bisril Hafiz

Check Also

Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

bisril.info – Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga memiliki indera …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x