Cats Lover Wajib Tahu! Begini Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

bisril.info – Begini Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan Memiliki hewan peliharaan dapat meningkatkan kebahagiaan bagi kamu. Itulah mengapa, memahami karakteristik serta pola kehidupan hewan peliharaan menjadi sangat penting. Dari cara memelihara, jenis makanan, pola kehidupan hingga perkara kelahiran dan kehamilan.

Terutama bagi kamu yang memelihara kucing berusia dewasa, sangat penting untuk  memiliki pengetahuan mengenai kehamilan dan kelahiran kucing. Mengingat hal tersebut adalah life cycle dari kucing kesayangan, maka sehingga setiap prosesnya tidak boleh diremehkan.

Artikel kali ini akan memberikan penjelaskan tentang ciri-ciri kucing yang akan melahirkan. Apakah Kamu bisa membayangkan akan segera punya beberapa anak kucing yang begitu menggemaskan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Ciri-ciri Kehamilan Kucing

Sebelum mengetahui bagaimana ciri-ciri kucing mau melahirkan, akan lebih baik jika kamu mengetahui proses kehamilan kucing. Sama seperti manusia, kucing juga mengalami  perubahan hormon saat masa kehamilan, seperti :

  • Menjadi Lebih Manja

Beberapa kucing akan lebih manja daripada biasanya. Walau tidak selalu ciri-ciri kucing hamil, tetapi kamu bisa lebih waspada apabila berbarengan dengan tanda-tanda yang lain.

  • Nafsu Makan semakin tinggi

Kucing yang hamil membutuhkan asupan nutrisi jauh lebih banyak dari sebelumnya. Pemenuhan energi tambahan ini juga penting bagi kesehatan janin kucing.

  • Lebih sering muntah

Sama halnya manusia, kucing hamil juga akan menunjukkan muntah-muntah. Meskipun muntah bukan hanya indikasi kucing sedang hamil, tidak ada salahnya untuk membawanya ke dokter.

  • Perut kucing membesar

Salah satu ciri yang tampak adalah membesarnya ukuran perut kucing.

  • Perubahan pada warna puting

Biasanya perubahan warna puting pada kucing hamil cenderung menjadi lebih merah. Selain itu, puting menjadi lebih menonjol dari biasanya.

Baca Juga  Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing

Apabila kucing di rumah kamu mengalami gejala tersebut, lebih baik segera membawa ke dokter hewan untuk memastikan kondisinya lebih lanjut. Apakah benar-benar hamil atau karena sakit, sehingga kamu bisa mengambil langkah preventif.

Pada umumnya masa kehamilan kucing adalah 64 hingga 67 hari, atau 9 minggu. Saat mendekati masa melahirkan, sebaiknya kamu bersiap untuk anggota baru keluarga.

Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Detik-detik melahirkan merupakan waktu yang mendebarkan, tetapi jika kamu sudah mengetahuinya tanda-tanda kucing akan melahirkan, maka akan menjadi lebih tenang. Berikut ciri-ciri kucing mau melahirkan, seperti:

  • Membesarnya kelenjar susu

Semakin membesarnya kelenjar susu. Biasanya jika kelenjar susu mulai membesar dalam hitungan 2 sampai 4 hari kucing akan segera melahirkan.

  • Suhu tubuh berubah

Perubahan suhu tubuh pada kucing bisa jadi salah satu tanda bahwa dia akan segera melahirkan.

  • Kucing mulai terlihat gelisah mencari tempat persembunyian baru

Kucing akan mulai mencari tempat baru untuk menyendiri dan melahirkan. Mereka akan mencari tempat yang hangat dan minimum dari serangan predator. Itulah mengapa, kucing lebih sering melahirkan di dalam lemari atau kardus.

  • Lebih sering menjilati tubuhnya

Kucing kamu akan lebih sering menjilat badannya untuk membasuh diri. Juga ada tanda spesifik seperti menjilat vulva, sebelum kelahiran kucing benar-benar dimulai.

Apabila kucing mengalami semua tanda-tanda tersebut, lebih baik kamu mulai bersiap. Meski pada dasarnya kucing tidak memerlukan bantuan dari manusia ketika melahirkan. Namun Kamu tetap perlu waspada dan menyiapkan tempat ternyaman untuk melahirkan.

Proses kelahiran kucing lazimnya berlangsung setengah hari untuk melahirkan ke semua anaknya.  Anak kucing yang dilahirkan masih berkantung ketuban. Selanjutnya induk kucing akan menstimulasi anaknya untuk bernapas dengan menjilat cairan ketuban tersebut.

Baca Juga  [Ampuh] 10 Cara Hilangkan Kutu Pada Kucing

Induk kucing membutuhkan jeda waktu untuk istirahat sebelum kembali mengeluarkan anak lainnya. Kamu bisa memberi makanan kepada induk kucing di sela waktu dia beristirahat. Kunjungi dokter jika Kamu melihat tanda-tanda yang mengkhawatirkan.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Artikel Relavan : suara

Artikel yang lain :

  1. Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil
  2. Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing
  3. STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing
  4. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?
  5. Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes

About Bisril Hafiz

Check Also

Arti Posisi Tidur Kucing

Ternyata Begini Arti Posisi Tidur Kucing

bisril.info – Arti Posisi Tidur Kucing pada Binatang berbulu yang satu ini memang lucu dan …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x