.
Arti Posisi Tidur Kucing
Binatang berbulu yang satu ini memang lucu dan juga manja. Setiap gerak-geriknya selalu berhasil menghibur pemiliknya, bahkan dalam kondisi tertidur pun masih saja terlihat menggemaskan. Berbicara soal tidur, ternyata kucing menghabiskan 83% waktunya hanya untuk tidur dan beristirahat.  Total dalam sehari, rata-rata tidurnya mencapai 15-20 jam. Tanpa disadari, setiap posisi tidur kucing memiliki arti dan tujuan yang berbeda, bahkan dapat menunjukkan suasana hati mereka.

Ternyata Begini Arti Posisi Tidur Kucing

bisril.info – Arti Posisi Tidur Kucing pada Binatang berbulu yang satu ini memang lucu dan juga manja. Setiap gerak-geriknya selalu berhasil menghibur pemiliknya, bahkan dalam kondisi tertidur pun masih saja terlihat menggemaskan.

Berbicara soal tidur, ternyata kucing menghabiskan 83% waktunya hanya untuk tidur dan beristirahat.  Total dalam sehari, rata-rata tidurnya mencapai 15-20 jam. Tanpa disadari, setiap posisi tidur kucing memiliki arti dan tujuan yang berbeda, bahkan dapat menunjukkan suasana hati mereka.

Yuk, simak ulasan berikut  untuk mengenali makna dan suasana hati hewan peliharaanmu!

8 Makna Posisi Tidur pada Kucing

1.   Tidur Meringkuk

Posisi meringkuk merupakan salah satu kesukaan kucing. Biasanya tubuh kucing akan menelungkup, kepala mendekat ke dada sedangkan ekor menekuk dan melingkari badan. Posisi ini dapat menghangatkan diri ketika cuaca dingin sekaligus posisi paling aman untuk melindungi organ dalam yang rapuh.

Jika Kamu melihat kucing tidur dengan posisi meringkuk, sebaiknya jangan mengganggu. Karena tidur meringkuk juga merupakan sebuah tanda bahwa kucing tidak ingin diganggu.

2.   Posisi Tidur Seperti Roti

Pernahkah Kamu melihat kucing menekuk kaki hingga ke bawah bagian, sementara badan tetap tegak dan mata terpejam, persis seperti roti? Jangan salah mengira, ternyata kucing tidak benar-benar tertidur, mereka hanya beristirahat/ relaksasi untuk mengumpulkan kembali energi.

Itulah sebabnya, kucing yang berpose seperti ini menunjukkan kesan siaga akan ancaman yang datang.

3.   Tidur Dengan Posisi Telentang

Bagian perut adalah area yang paling rentan dan sangat dilindungi oleh kucing, sehingga mereka jarang memperlihatkannya. Oleh karena itu, posisi telentang sangat jarang dilakukan oleh kucing.

Namun, jika Kamu menemukan kucing tidur dengan posisi telentang, kaki dan perut yang terbuka artinya mereka sedang merasa nyaman dan aman. Sehingga tidak perlu lagi melindungi area vitalnya. Biasanya kucing akan tertidur dengan posisi terlentang ketika berada di sofa tau di dalam ruangan.

Baca Juga  Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

4.   Tidur Dengan Posisi Mata Mengarah Padamu dan Tertutup Sebagian

Posisi seperti ini merupakan tanda bahwa kucing masih setengah sadar atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Posisi ini terlihat nyaman, ternyata tidak bagi kucing.

Dengan posisi tidur seperti ini, menunjukkan bahwa mereka sedang siaga dan waspada.

Kucing dapat menghabiskan waktu hingga berjam-jam dengan pose seperti ini. Meskipun merasa sangat mengantuk, namun mereka tetap memperhatikan sekitar hingga menemukan kenyamanan.

5.   Posisi Menyembunyikan Muka

Jangan sekali-kali mengganggu jika Kamu melihat kucing yang tertidur dengan menyembunyikan wajah. Posisi ini menandakan bahwa dia sedang tidak ingin disentuh atau diganggu.

Seperti halnya manusia, kucing pun membutuhkan ketenangan dan kedamaian, dengan menyembunyikan wajah ke bawah bantal atau menutupi dengan tangan mereka.

6.   Posisi Tidur Yang Miring

Posisi selanjutnya adalah tidur miring, yang menandakan kucing merasa nyaman, atau damai berada di sekitarmu. Ketika tidur miring, tandanya dia benar-benar terlelap hingga tidak mengkhawatirkan hal-hal sekitar.

7.   Tidur Di Atas Tubuh Pemiliknya

Ketika kucing tertidur di atas tubuhmu pertanda dia ingin bermanja-manja. Jika kucing memilih tidur di antara kaki pemiliknya pertanda mereka ingin selalu berdekatan.

Jika kucing memilih tidur dekat dengan pemiliknya artinya mereka sedang mencari kehangatan. Mereka juga senang memeluk pemiliknya ketika tertidur untuk menemukan kenyamanan.

8.   Tidur dengan tubuh meregang

Jika kucing tidur dengan tubuh meregang, artinya mereka sedang berada di kondisi yang benar-benar rileks. Ketika kondisi ini mereka akan susah dibangunkan. Jadi biarkan mereka tidur terlelap.

 

Itulah 8 posisi tidur kucing yang paling umum dilakukan beserta artinya. Jadi, posisi manakah yang menjadi favorit kucing peliharaan Kamu?

Baca Juga  Berbagai Jenis Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara

Artikel Relavan : kompas

Artikel yang lain :

  1. Tips Sukses Kawinkan Kucing, Dijamin Berhasil
  2. Amati Gejalanya, Begini Cara Mengobati Flu Pada Kucing
  3. STOP Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Merawat Kucing
  4. Seberapa Penting Vaksin Pada Kucing?
  5. Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes

About Bisril Hafiz

Check Also

Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

bisril.info – Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga memiliki indera …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x