.
Cara Hilangkan Kutu Pada Kucing
Kutu pada kucing bukan hanya mengganggu tetapi juga bisa berakibat fatal bagi kucing sendiri maupun manusia. Kutu kucing atau ctenocephalides felis dapat membawa bakteri bartonella henselae yang menyebabkan penyakit pes pada manusia. Oleh sebab itu, kutu kucing perlu dibasmi demi kebaikan kucing maupun pemiliknya.

[Ampuh] 10 Cara Hilangkan Kutu Pada Kucing

bisril.info – Cara Hilangkan Kutu Pada Kucing Kutu pada kucing bukan hanya mengganggu tetapi juga bisa berakibat fatal bagi kucing sendiri maupun manusia. Kutu kucing atau ctenocephalides felis dapat membawa bakteri bartonella henselae yang menyebabkan penyakit pes pada manusia. Oleh sebab itu, kutu kucing perlu dibasmi demi kebaikan kucing maupun pemiliknya.

Saat ini untuk menghilangkan kutu kucing tidak perlu mengunjungi dokter dan mengeluarkan uang berlebih. Sebab, sudah banyak cara alami yang ampuh untuk menghilangkan kutu pada kucing. Apa saja? Berikut 10 cara basmi kutu kucing yang bisa dicoba

Menggunakan shampo kucing

Cara pertama untuk membasmi kutu pada kucing adalah memandikan kucing menggunakan shampo yang diformulasikan khusus anti kutu. Ada berbagai merk shampo yang ada di pasaran dengan harga terjangkau.

Shampo anti kutu, selain dapat menghilangkan kutu juga membuat bulu kucing harum. Agar hasil maksimal, Kamu harus memandikan kucing setidaknya 1 x seminggu.

Menggunakan Obat Tetes Kutu

Untuk menghilangkan kutu kucing juga bisa menggunakan obat tetes kutu. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, kamu cukup meneteskan obat di area tengkuk kucing. Mengapa harus di tengkuk? Alasannya, karena kucing suka menjilat tubuh, dan area tengkuk adalah bagian yang  tidak dapat diraih.

Obat tetes kutu diklaim cukup efektif untuk menghilangkan kutu beserta larva/ telurnya. Karena cara pemakaian cukup mudah, kamu bisa melakukan sendiri dari rumah. Ingat! Kucing yang sudah diintervensi dengan obat kutu tidak boleh dimandikan minimal dua minggu setelah diberi obat.

Dioles Dengan Minyak telon Bayi

Ternyata minyak telon bukan hanya berfungsi menghangatkan tubuh bayi, tetapi juga dapat menghilangkan kutu kucing,lho. Kamu cukup mengoles minyak telon ke seluruh tubuh kucing.

Baca Juga  Berbagai Jenis Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara

Semprot Dengan Air Cuka

Cuka selain digunakan memasak, dapat pula dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu pada kucing kesayanganmu. Caranya pun mudah, campurkan cuka dengan air biasa menggunakan perbandingan 1:1. Kemudian didihkan di atas kompor dengan api sedang. Semprotkan air cuka hangat pada seluruh tubuh kucing.

Membilas Kucing Dengan Air Garam

Garam dapur juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu pada kucing, bahkan larva akan mati setelah dibilas dengan air garam. Caranya, campur garam dengan air hangat kemudian gunakan untuk membilas kucing pada saat mandi.

Rajin Menyisir Rambut Kucing

Bulu kucing perlu disisir agar tidak kusut. Selain  itu  menyisir bulu kucing juga dapat membantu hilangkan kutu. Gunakan sisir bulu yang rapat untuk membasmi kutu. Kamu bisa melakukannya setiap dua hari sekali.

Cairan Jus Lidah Buaya

Banyak orang mencoba jus lidah buaya yang dicampur dengan cabe rawit  sebagai pembasmi kutu kucing. Cara membuat cairan ini sama seperti membuat minuman jus, yaitu lidah buaya ditambah cabe rawit lalu diblender jadi satu.  Kemudian disaring untuk mendapatkan ekstraknya. Ekstrak lidah buaya inilah yang dipercaya ampuh membasmi kutu kucing. Semprot pada bagian tubuh kucing, hindari area mata dan telinga.

Air lemon

Tips  menghilangkan kutu kucing yang lain adalah dengan menggunakan air lemon. Cara ini cukup mudah untuk dicoba. Kamu hanya perlu menyiapkan lemon yang berukuran sedang, kemudian membelahnya menjadi 4 bagian dan dicampurkan ke dalam air mendidih. Selanjutnya cairan air lemon perlu didiamkan hingga 1×24 jam dan disaring sebelumnya.  Cairan ini bisa disemprotkan ke badan kucing.

 

Minyak Zaitun

Kandungan minyak zaitun yang 100% asli ternyata dapat membantu menghilangkan kutu kucing. Kamu cukup mengoleskan minyak ke seluruh badan kucing. Biarkan kurang lebih 15 menit agar minyak meresap. Kemudian Kamu bisa membilasnya menggunakan air hangat.

Baca Juga  8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing

Jika ingin hasil maksimal, lakukan 2 x seminggu selama tiga minggu berturut-turut.

Sabun Cuci Piring

Kandungan yang terdapat di dalam sabun cuci piring, dipercaya banyak orang dapat membasmi kutu kucing. Kamu hanya perlu memandikan kucing dengan sabun cuci piring. Cara ini banyak dipilih karena cukup mudah dan praktis.

 

Itulah 10 cara ampuh yang bisa dicoba untuk menghilangkan kutu kucing. Semoga berhasil usir kutu kucing, ya!

Artikel Relavan : ruparupa

Artikel yang lain :

  1. [Ampuh] 10 Cara Hilangkan Kutu Pada Kucing
  2. Cara Ternak Ikan Lele Tidak Sulit lho, Begini Caranya
  3. Berbagai Jenis Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara
  4. Jangan Asal! Inilah Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat
  5. 8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing

About Bisril Hafiz

Check Also

Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

bisril.info – Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga memiliki indera …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x