Inilah Fakta Unik Kucing Odd Eyes

bisril.info – Pernah melihat atau memelihara kucing dengan warna mata berbeda? Tidak perlu heran jika melihat kucing dengan warna mata berbeda. Terkadang ada beberapa kucing yang terlahir unik. Misalnya saja Kucing Odd Eyes yang memiliki keunikan di bagian matanya. Bagaimana tidak? Kucing Odd Eyes mempunyai dua warna mata yang berbeda.  Warna biru dan kuning / cokelat di sisi yang lain menjadi salah satu ciri khas kucing ini.

Bukan sekadar menarik, tetapi perbedaan warna mata ini termasuk langka serta menjadi daya tarik tersendiri dari Kucing Odd Eyes.  Di samping itu, Kucing Odd Eyes mempunyai beberapa fakta yang berhubungan dengan perbedaan warna matanya. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

6 Fakta Menarik Tentang Kucing Odd Eye

Berikut ini beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang kucing odd eye, antara lain :

1. Disebabkan Kelainan Heterochromia

Penyebab perbedaan warna mata Kucing Odd Eyes adalah kelainan genetik, atau yang dikenal dengan heterochromia. Hal ini terjadi karena terdapat ketidakseimbangan  lapisan melanin di bagian mata kucing. Melanin merupakan zat yang memberi warna pada mata, kulit dan rambut.

Tahukah kamu? Ternyata kucing terlahir dengan mata buta dengan warna mata biru,  lho. Proses pigmentasi  mata kucing berjalan seiring bertambahnya usia mereka. Pada kucing odd eyes, proses pigmentasi tidak berjalan dengan seimbang, sehingga menyebabkan terjadinya perbedaan warna mata .

2. Keunikan Mata Kucing Odd Eyes Dianggap Keturunan Setan

Kucing odd eyes seringkali dianggap sebagai keturunan setan. Tentu saja, ini hanya mitos. Selayaknya mitos yang menempel pada kucing hitam solid.

3. Odd Eyes Tidak Hanya Dimiliki Kucing Berbulu Putih

Dulu, kebanyakan fenomena Odd Eyes hanya dialami oleh kucing berbulu putih polos. Sehingga, berkembang anggapan  bahwa kucing odd eyes pasti berbulu putih. Namun anggapan ini dibantah oleh sain modern. Karena kucing berbulu hitam atau lainnya  juga ada yang memiliki mata berbeda warna (Odd eye).

Baca Juga  Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing

 

4. Sangat Istimewa Di Negara Turki

Karena keunikan dan jumlahnya langka, di negara Turki jenis kucing Odd Eye dilestarikan serta diistimewakan.  Bahkan sempat didaulat menjadi maskot saat ajang kejuaraan Bola Basket Internasional 2010 silam.

5. Dianggap Kucing Tuli

Banyak beredar kabar bahwa kucing Odd eyes memiliki gangguan pendengaran alias tuli pada salah satu telinganya. Sebaliknya, sekitar 70% Kucing Odd Eyes  mempunyai pendengaran yang cukup baik.

6. Akan Bereaksi Setiap Kali Mendengar Suara Adzan

Ada yang mengisahkan bahwa kucing peliharaan Nabi Muhammad SAW, Muezza merupakan kucing odd eye. Warna mata kucing Muezza adalah biru dan hijau, menariknya dia akan mengeong setiap kali mendengar suara adzan. Seolah menjawab atau menirukan adzan. Nabi Muhammad SAW begitu sayang kepada Muezza hingga rela menggunting jubahnya yang dipakai sebagai alas tidur Muezza.

Tips Perawatan Kucing Odd Eye

Kucing Odd Eye membutuhkan perawatan extra karena keunikannya. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memeliharanya:

  1. Berikan makanan yang tidak banyak kandungan garam, dan cenderung kering.  Mereka juga membutuhkan makanan yang banyak mengandung vitamin E dan A. Perlu diketahui, pencernaan kucing Odd eye sangat sensitif terhadap karbohidrat, jangan sekalipun memberinya nasi agar mereka  selamat dan berumur panjang.
  2. Seperti halnya manusia, Kucing Odd Eye juga minum dari air yang telah dididihkan terlebih dahulu. Sebab, air matang dapat meminimalisir kucing dari gangguan pencernaan akibat kuman atau bakteri yang terdapat dalam air mentah.
  3. Kebersihan kucing odd eye harus diperhatikan dengan seksama. Mereka harus grooming dengan teratur.

 

Demikian fakta unik tentang kucing Odd Eye. Kucing yang penuh kharisma ini memang layak untuk dimiliki. Semoga menambah wawasanmu tentang kucing, ya!

Baca Juga  Cara Ternak Ikan Lele Tidak Sulit lho, Begini Caranya

 

Artikel Relavan : idntimes

Artikel yang lain :

  1. Ini Dia 7 Cara Mengobati Scabies Pada Kucing
  2. Kenali Ciri Kucing Stress Dan Cara Menanganinya
  3. Tips Cara Merawat Dan Membuat Bulu Kucing Halus
  4. 8 Cara Mudah Menjinakkan Kucing
  5. Jangan Asal! Inilah Tips Memilih Makanan Kucing Yang Tepat

About Bisril Hafiz

Check Also

Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

Ini Dia 8 Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing

bisril.info – Bau-Bauan Yang Tidak Disukai Kucing Tidak hanya anjing, ternyata kucing juga memiliki indera …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x