Tips Atasi Rambut Rontok

bisril.info – Seiring dengan pertambahan usia, jumlah rambut akan turut menipis akibat rontok hingga 100 helai per hari. Secara normal, rambut mempunyai siklus, mulai dari pertumbuhan, siklus istirahat dan siklus peralihan. Jadi, cukup wajar apabila rambut mengalami kerontok.  Namun, perlu Anda garis bawahi bahwa permasalahan ini dapat menjadi serius ketika jumlah helai rambut rontok lebih dari  normal.

Penyebab Rambut Rontok

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rambut rontok berlebihan, misalnya :

Peradangan Pada Kulit Kepala

Secara tidak Anda sadari, pemilihan shampo yang tidak cocok dapat menyebabkan kulit kepala tidak sehat atau mengalami peradangan. Hal ini dapat memicu terjadinya kerontokan rambut secara berlebihan karena kulit kepala kekurangan nutrisi.

Faktor Genetik

Faktor keturunan atau genetik merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut yang sudah umum. Pada beberapa kasus kerontokan rambut karena genetik, maka setiap rambut baru yang tumbuh bertekstur lebih halus serta tipis dari sebelumnya. Sehingga lambat laun, rambut akan terlihat menipis.

Kelebihan Vitamin A

Merujuk pada American Academy of Dermatology, dapat Anda ketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A atau obat-obatan tertentu memicu kerontokan. Sebaiknya, jika mengonsumsi suplemen jangan memilih yang mengandung vitamin A 5000 IU / 1500 mikrogram.

Kemoterapi

Kerontokan rambut berlebihan dapat terjadi pada pasien penderita kanker yang menjalani kemoterapi. Bahkan, efek radiasi menyebabkan pertumbuhan rambut baru menjadi tipis.

Kebiasaan Salah Ketika Mengikat Rambut

Berikut beberapa kebiasaan salah ketika sedang mengikat rambut yang tanpa Anda sadari dapat menyebabkan kerontokan.

  1. Kebiasaan mengikat rambut terlalu kuat  dapat menyebabkan rambut rontok. Sebab, helaian rambut akan rapuh karena terlalu mengikat kuat akar-akarnya.
  2. Selain itu, terlalu lama mengikat rambut juga dapat menyebabkan rambut rontok. Karena rambut sulit bernapas sehingga rentan rontok.
  3. Menguncir rambut menggunakan karet gelang biasa juga dapat menyebabkan rambut rontok. Karena tekstur karet gelang yang keras dapat menyebabkan tekanan sehingga menyebabkan rambut patah. Apalagi jika Anda melepas rambut dengan kasar.
  4. Kebiasaan tidur dengan rambut masih terikat dapat menyebabkan rambutkan kesulitan bernapas dan tidak mendapatkan nutrisi dengan maksimal.
Baca Juga  Hati-Hati, Bahaya Konsumsi Vitamin C Berlebihan

Stress

Stress memang dapat memicu gangguan kesehatan, tidak terkecuali dengan kesehatan rambut. Semakin stress maka semakin banyak hormon testoteron yang Anda produksi dan berpengaruh pada pertumbuhan rambut serta kemampuannya menyerap nutrisi.

Tips Mengatasi Rambut Rontok

Cukupi Asupan Nutrisi

Memenuhi kebutuhan nutrisi baik guna menjaga kesehatan rambut dari dalam tubuh. Beberapa jenis nutrisi yang penting bagi kesehatan rambut seperti :

  • Protein
  • Zinc
  • Zat Besi
  • Omega 3

Kurangi mengonsumsi makanan seperti olahan susu, roti, atau kentang karena dapat mengubah pH tubuh. Dan jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Manfaatkan Bahan-Bahan alami

Untuk mengatasi rambut rontok berlebihan, Anda dapat menggunakan bahan alami seperti lidah buaya atau minyak kelapa. Kandungan kedua bahan tersebut mampu mengatasi rambut rontok serta merawat kulit kepala.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lemon untuk merangsang pertumbuhan rambut, dan kuning telur untuk melembapkan rambut kering.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Untuk mencegah kerontokan rambut, maka ubahlah gaya hidup Anda. Terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang dapat memicu kerontokan rambut.

Luangkan waktu untuk berolahraga sejenak atau mengikuti yoga dan meditasi. Agar pikiran tenang dan tubuh pun menjadi rileks.

Rawat Rambut Menggunakan Kondisioner

Carilah produk shampo yang khusus rambut rontok agar membantu kembali menutrisi rambut. Jangan lupa menggunakan kondisioner agar memperkuat rambut dan mencegah kerontokan bertambah parah.

Nah, itulah beberapa penyebab dan tips mengatasi rambut rontok yang mudah Anda coba. Dengan mengikuti tips di atas, maka Anda mendapatkan kembali rambut yang lebih kuat dan sehat. Selamat mencoba!

Artikel yang lain :

  1. Tips Cara Hilangkan Jerawat Secara Alami
  2. 4 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Obat-obatan
  3. Badan Terlalu Kurus? Begini Cara Menambah Berat Badan Secara Alami
  4. Atasi Gangguan Ereksi, Lakukan 6 Cara Ini
  5. Waspadai Jenis Keputihan Yang Berbahaya

About Bisril Hafiz

Check Also

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19

bisril.info – Seiring dengan melonjaknya kasus penyebaran Covid-19 belakangan ini, dan berita kematian yang seolah …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x