Cara Uninstall Aplikasi dari Laptop: Panduan Lengkap dan Praktis

bisril.info – Cara Uninstall Aplikasi dari Laptop dan Mengelola aplikasi di laptop adalah keterampilan yang harus dimiliki setiap pengguna komputer. Seiring waktu, kita sering menginstal berbagai aplikasi yang mungkin tidak lagi kita butuhkan atau justru memperlambat kinerja laptop kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara-cara efektif untuk meng-uninstall aplikasi dari laptop Anda, baik menggunakan sistem operasi Windows maupun macOS.

Mengapa Meng-uninstall Aplikasi Penting?

Sebelum masuk ke langkah-langkah spesifik, penting untuk memahami mengapa meng-uninstall aplikasi yang tidak digunakan itu penting:

  1. Mengosongkan Ruang Penyimpanan: Aplikasi yang tidak terpakai dapat memakan banyak ruang di hard drive Anda, yang dapat digunakan untuk data atau aplikasi yang lebih penting.
  2. Meningkatkan Performa: Banyak aplikasi berjalan di latar belakang dan memakan sumber daya sistem. Menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan dapat mempercepat kinerja laptop Anda.
  3. Keamanan: Beberapa aplikasi yang tidak diperbarui atau tidak dikenal dapat menjadi risiko keamanan. Menghapus aplikasi tersebut membantu menjaga laptop Anda aman dari ancaman.

Cara Meng-uninstall Aplikasi di Windows

Menggunakan Control Panel

  1. Buka Control Panel: Klik tombol Start dan ketik “Control Panel” di kotak pencarian, kemudian tekan Enter.
  2. Akses Fitur Program: Di dalam Control Panel, pilih Programs dan kemudian klik Programs and Features.
  3. Pilih Aplikasi yang Ingin Dihapus: Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di laptop Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda uninstall.
  4. Uninstall Aplikasi: Klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Uninstall. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses penghapusan.

Menggunakan Settings App (Windows 10 dan 11)

  1. Buka Settings: Klik tombol Start dan pilih ikon Settings (ikon roda gigi).
  2. Akses Aplikasi: Di dalam Settings, pilih Apps.
  3. Pilih dan Hapus Aplikasi: Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal. Pilih aplikasi yang ingin dihapus dan klik Uninstall. Ikuti petunjuk yang muncul untuk menyelesaikan penghapusan.

Menggunakan Uninstaller Bawaan Aplikasi

Beberapa aplikasi memiliki uninstaller bawaan yang bisa diakses melalui folder instalasinya:

  1. Cari Folder Instalasi: Buka File Explorer dan navigasikan ke direktori di mana aplikasi diinstal (biasanya di Program Files atau Program Files (x86)).
  2. Jalankan Uninstaller: Cari file bernama uninstall.exe atau unins000.exe di dalam folder aplikasi, dan jalankan file tersebut untuk memulai proses uninstall.

Cara Meng-uninstall Aplikasi di macOS

Menggunakan Finder

  1. Buka Finder: Klik ikon Finder di dock Anda.
  2. Akses Aplikasi: Di sidebar Finder, pilih Applications.
  3. Hapus Aplikasi: Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu seret aplikasi tersebut ke Trash. Alternatifnya, klik kanan pada aplikasi dan pilih Move to Trash.
  4. Empty Trash: Klik kanan ikon Trash di dock dan pilih Empty Trash untuk menghapus aplikasi secara permanen.

Menggunakan Launchpad

  1. Buka Launchpad: Klik ikon Launchpad di dock.
  2. Hapus Aplikasi: Tahan ikon aplikasi yang ingin Anda hapus hingga semua ikon aplikasi mulai bergoyang. Klik ikon X yang muncul di sudut aplikasi dan konfirmasi penghapusan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga seperti AppCleaner dapat membantu menghapus aplikasi beserta semua file terkaitnya yang tersembunyi:

  1. Download dan Install AppCleaner: Unduh AppCleaner dari situs resmi dan instal di laptop Anda.
  2. Jalankan AppCleaner: Buka AppCleaner dan seret aplikasi yang ingin Anda hapus ke jendela AppCleaner.
  3. Hapus Aplikasi: AppCleaner akan menampilkan semua file terkait aplikasi tersebut. Klik Remove untuk menghapus semuanya.

Tips Tambahan

  1. Backup Data Penting: Sebelum menghapus aplikasi, pastikan Anda telah mencadangkan data penting yang mungkin terkait dengan aplikasi tersebut.
  2. Periksa Aplikasi Startup: Setelah meng-uninstall aplikasi, periksa apakah aplikasi tersebut meninggalkan item startup yang mungkin masih mempengaruhi performa sistem. Di Windows, Anda bisa mengakses ini melalui Task Manager, sedangkan di macOS melalui System Preferences > Users & Groups > Login Items.
  3. Bersihkan Sisa-Sisa Aplikasi: Kadang-kadang, meng-uninstall aplikasi tidak sepenuhnya menghapus semua file yang terkait. Gunakan alat pembersih sistem seperti CCleaner untuk Windows atau CleanMyMac untuk macOS guna menghapus sisa-sisa file yang tertinggal.

Kesimpulan

Meng-uninstall aplikasi yang tidak diperlukan dari laptop Anda adalah langkah penting untuk menjaga performa dan keamanan sistem. Dengan mengikuti panduan yang telah dijelaskan, Anda dapat dengan mudah menghapus aplikasi dari laptop baik itu menggunakan Windows atau macOS. Selalu pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan periksa ulang apakah ada data yang perlu diselamatkan sebelum menghapus aplikasi. Dengan demikian, laptop Anda akan tetap berjalan lancar dan efisien.

Artikel yang lain :

  1. Ternyata Mudah! Beginilah Cara Melacak HP Hilang
  2. Bisakah Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK? Simak Ulasannya
  3. Mudah! Tenyata Begini Cara Daftar Gofood Tanpa NPWP!
  4. Mau Banjir Orderan? Coba Cara Bikin Akun Gojek Jadi Gacor, Yuk!
  5. Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
  6. Aplikasi Edit Video Terbaik di HP
  7. 6 Cara Menaikkan Subscriber Youtube
  8. Cek 5 Cara Menaikkan Jam Tayang Youtube
  9. Ingin Menaikkan Traffic Website? Coba 10 Cara Berikut Ini
  10. Daftar CPNS? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini Agar Lulus
  11. Daftar P3K Guru Kembali Dibuka Tahun 2022! Honorer Dihapuskan

About Bisril Hafiz

Check Also

Cara Daftar Tokopedia Affiliated, dan Tips Cepat di Aproved

bisril.info – Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dari …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x