.
Daftar P3K Guru Kembali Dibuka Tahun 2022
Kabar menggembirakan bagi para honorer khususnya guru bahwa daftar p3k akan dibuka kembali tahun 2022 ini. Kabarnya formasi tersedia dalam jumlah cukup besar dengan target tidak ada lagi honorer tersisa.

Daftar P3K Guru Kembali Dibuka Tahun 2022! Honorer Dihapuskan

bisril.info – Kabar menggembirakan bagi para honorer khususnya guru bahwa daftar p3k akan dibuka kembali tahun 2022 ini. Kabarnya formasi tersedia dalam jumlah cukup besar dengan target tidak ada lagi honorer tersisa.

Kesempatan ini sangat menguntungkan untuk tenaga pendidik yang sudah mengabdikan diri mencerdaskan anak bangsa meski dengan bayaran seadanya. Semua guru berhak mendapatkan kehidupan dengan gajih lebih layak.

Tahun 2021 kemarin formasi 1 juta guru belum terpenuhi karena belum terlaksananya tes tahap 3. Meski demikian tahap 3 dikabarkan masih akan tetap berlangsung serta formasi untuk tahun 2022 formasi lebih banyak.

Sebelum pembukaan daftar p3k tahun 2020 maka Anda wajib mempersiapkan diri terutama syarat pendaftaran hingga mempersiapkan diri menjalani tes. Perhatikan apa saja syarat dan kebijakan tes p3k 2022 berikut ini.

Syarat Daftar P3k Guru Tahun 2022

Syarat resmi untuk pendaftaran pppk tahun 2022 secara resmi memang belum rilis namun dapat dipastikan tidak akan jauh berbeda dengan tahun 2021. Hal yang perlu disiapkan juga tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Pendaftar adalah guru yang sudah terdata dalam dapodik (data pokok pendidik) baik dari sekolah negeri ataupun swasta. Pendaftar harus memiliki kualifikasi pendidikan strata 1 (S1) atau diploma IV (D4).

Usia maksimal 59 tahun pada tahun 2022 ini bagi semua guru baik honorer negeri atau swasta. Sedangkan honorer kategori 2 dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) juga berhak daftar p3k tahun ini.

Sedangkan untuk berkas yang perlu disiapkan hanya data diri pelamar serta foto terbaru dengan latar belakang warna merah. Tidak kalah penting harus menyiapkan scan ijazah terakhir serta sertifikat pendidik jika memiliki.

Pendaftar juga diwajibkan membuat surat lamaran yang ditulis tangan sesuai dengan formasi sekolah tujuan. Anda hanya bisa memilih formasi sesuai dengan kualifikasi ijazah yang Anda miliki.

Baca Juga  Daftar CPNS? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini Agar Lulus

Kebijakan Pendaftaran P3k Guru Tahun 2022

Pada tahun 2022 ini kebijakan yang sedang digadangkan adalah menghapuskan semua honorer. Hal ini bisa diartikan bahwa semua honorer akan diangkat menjadi pegawai negeri lewat pendaftaran p3k.

Khusus untuk tenaga pendidik yang daftar p3k ada banyak kebijakan dibuat untuk meringankan para peserta. Diantaranya adalah afirmasi penambahan nilai untuk beberapa katagori dengan syarat tertentu.

Sebagai contoh guru dengan usia diatas 35 tahun atau pun guru honorer katagori 2 juga bisa mendapatkan afirmasi penurunan passing grade. Tidak hanya itu peserta yang sudah memiliki sertifikat pendidik juga bisa mendapatkan afirmasi.

Peserta khususnya honorer disekolah negeri memiliki 3 kesempatan untuk mengikuti tes p3k hingga lulus. Sedangkan untuk honorer swasta atau pemilik sertifikat pendidik (PPG) memiliki 2 kali kesempatan mengikuti tes.

Jadi bagi Anda yang gagal pada percobaan pertama masih bisa mengulang pada kesempatan berikutnya. Peserta yang gagal pada tahun 2021 lalu juga tidak perlu khawatir karena masih ada banyak kesempatan di depan mata.

Kebijakan lain pada tahun 2021 lalu adalah pemerintah menyediakan materi dan juga tryout yang bisa diakses gratis oleh semua guru honorer melalui akun SIMPKB guru masing-masing.

Tidak hanya itu pemerintah juga menanggung semua biaya pelaksanaan tes hingga menjanjikan dana khusus untuk gaji setiap PPPK yang dinyatakan lulus.

Tunggu apalagi kebijakan honorer dihapuskan tahun 2022 ini menjadi kesempatan emas yang mungkin tidak terulang lagi tahun depan. Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk daftar p3k pada tahun 2022 ini.

Artikel yang lain :

  1. Bisakah Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK? Simak Ulasannya
  2. Mudah! Tenyata Begini Cara Daftar Gofood Tanpa NPWP!
  3. Mau Banjir Orderan? Coba Cara Bikin Akun Gojek Jadi Gacor, Yuk!
  4. Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
  5. Aplikasi Edit Video Terbaik di HP
  6. 6 Cara Menaikkan Subscriber Youtube
  7. Cek 5 Cara Menaikkan Jam Tayang Youtube
  8. Tutorial Mudah Mendaftar Google AdSense
  9. Ingin Menaikkan Traffic Website? Coba 10 Cara Berikut Ini
  10. Daftar CPNS? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini Agar Lulus
Baca Juga  Bisakah Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK? Simak Ulasannya

About Bisril Hafiz

Check Also

Bisakah Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK? Simak Ulasannya

Bisakah Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK? Simak Ulasannya

bisril.info – Cara daftar gojek tanpa SKCK merupakan pernyataan umum yang cukup banyak dicari para …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x