Kamu Harus Tau! Ternyata Inilah Beberapa Ciri Pinjol Terpercaya

bisril.info – Di zaman modern seperti saat ini, berbagai hal bisa diakses dengan sangat mudah. Salah satu hal yang dimaksud adalah pinjaman. Ada banyak sekali kondisi yang membuat seseorang harus memutuskan untuk meminjam uang. Tidak heran memang jika saat ini sudah banyak aplikasi pinjol atau pinjaman online yang bisa ditemukan.

Biasanya setiap aplikasi menawarkan kelebihannya masing-masing. Mulai dari iming-iming 0% bunga, sampai pencairan yang cepat. Namun tentu saja untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, kamu perlu tau dulu beberapa ciri dari pinjol yang terpercaya dan aman. Sebab, saat ini sudah ada banyak sekali pinjol yang ilegal dan tentunya sangat merugikan banyak orang.

Berikut ini ada beberapa ciri pinjol legal yang harus kamu ketahui. Penasaran apa saja? Yuk, baca selengkapnya di sini

Beberapa Ciri Pinjol Legal

Sudah Terdaftar di OJK

Ciri pertama yang harus kamu tau adalah aplikasi pinjam online tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum. OJK sendiri merupakan singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan yang memberikan izin kepada pihak pinjaman online. Terhitung sejak 27 Juli 2021 ada sekitar 121 perusahaan pinjaman online yang mengantongi izin.

Artinya, untuk perusahaan pinjaman online lain yang tidak termasuk di sini adalah ilegal. Nah, untuk meyakinkan apakah perusahaan yang dipilih aman atau tidak, maka kamu bisa melihat list 121 perusahaan ini. Untuk mengetahui apakah pinjol yang dipilih berizin atau tidak, kamu bisa menghubungi kontak OJK.

Memiliki Besaran dan Bunga yang Wajar

Beberapa orang sering tergiur dengan jumlah yang besar saja dan proses cepat. Mereka cenderung melupakan bahwa bunga merupakan hal penting yang harus diperhatikan juga. Jangan sampai, karena pinjaman yang ditawarkan besar, tidak memperhatikan bunga. Bunga pinjaman sendiri memang bervariasi. Hanya saja, range-nya tidak berbeda jauh antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Hati-hati saja, sebab pinjaman online yang ilegal kerap memberikan bunga yang sangat besar. Bahkan, ada yang sampai menyentuh 40%.

Baca Juga  Apk Penambah Ruang Penyimpanan Ponsel Agar Terasa Lega

Tata Cara Penggunaan yang Mudah

Saat ini, perusahaan pinjaman online beralih memanfaatkan teknologi dengan membuat sebuah aplikasi. Sehingga akan memudahkan semua pihak yang terlibat dalam pinjaman ini. Biasanya, ciri pinjol legal memiliki tata cara penggunaan yang mudah. Untuk mengunduh aplikasi pinjaman online yang legal dan terpercaya biasanya melalui playstore atau akses https.

Jika memang kamu mendapatkan link pengunduhan melalui pesan whatsapp atau sms, maka patut dicurigai. Aplikasi tersebut tentu tidak akan ditemukan di playstore. Nah, hal ini membuatmu harus lebih berhati-hati lagi.

Kantornya Jelas

Meskipun namanya pinjaman online, bukan berarti perusahaannya tidak memiliki kantor yang jelas. Kebanyakan dari mereka memiliki kantor yang jelas. Bahkan, memiliki karyawan. Kamu bisa mencari tau terlebih dahulu mengenai perusahaan pinjol yang akan dipilih. Pastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki kantor yang jelas keberadaannya.

Perhatikan Review dari Pengguna Lain

Review merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Jika sebuah perusahaan pinjaman online memiliki review yang baik, maka bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut legal dan kamu bisa memilihnya. Ciri ini bisa dikatakan sebagai ciri ampuh ketiga setelah mengetahui izin dan besaran bunga yang diberikan.

Itulah beberapa ciri dari perusahaan atau aplikasi pinjol legal yang bisa kamu ketahui. Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online, lebih baik mencari tau dulu perusahaan terbaik dalam bidang ini.

Artikel yang lain :

  1. Ternyata Mudah! Beginilah Cara Melacak HP Hilang
  2. Bisakah Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK? Simak Ulasannya
  3. Mudah! Tenyata Begini Cara Daftar Gofood Tanpa NPWP!
  4. Mau Banjir Orderan? Coba Cara Bikin Akun Gojek Jadi Gacor, Yuk!
  5. Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
  6. Aplikasi Edit Video Terbaik di HP
  7. 6 Cara Menaikkan Subscriber Youtube
  8. Cek 5 Cara Menaikkan Jam Tayang Youtube
  9. Ingin Menaikkan Traffic Website? Coba 10 Cara Berikut Ini
  10. Daftar CPNS? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini Agar Lulus
  11. Daftar P3K Guru Kembali Dibuka Tahun 2022! Honorer Dihapuskan
Baca Juga  Rekomendasi Apk Pengecil Ukuran Foto Di Android

About Bisril Hafiz

Check Also

Apk Penguat Sinyal Telkomsel Anti Lelet, Bebas Berselancar

Apk Penguat Sinyal Telkomsel Anti Lelet, Bebas Berselancar

bisril.info – Kini Anda bisa menggunakan apk penguat sinyal Telkomsel agar koneksi internet lancar tanpa …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x