iPhone tidak bisa dicharge? Begini cara mengatasinya

bisril.info – Rasanya pasti kesal ketika iPhone kesayangan tidak dapat mengisi daya padahal sudah terhubung dengan charger.  Apakah hal tersebut indikasi iPhone rusak? Yuk, cari tahu cara mengatasi iPhone tidak bisa dicharge sebelum mengganti dengan yang baru.

Melakukan Restart iPhone

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan adalah melakukan restart ponsel. Cara ini dianggap dapat mengatasi masalah iPhone yang rewel saat pengisian daya.

Kamu cukup menekan tombol home bersamaan dengan power, kemudian tunggulah beberapa saat hingga layar mati dan muncul logo Apple.

Setelah ponsel menyala, cobalah kembali memasang iPhone dengan colokan charge.

Mengecek Kondisi Kabel Data Pada Charger

Cara lain mengatasi iPhone yang tidak bisa mengisi daya yaitu mengecek kabel data pada charger. Penyebab utama iPhone daya tidak dapat terisi karena masalah pada kabel charger.

Kamu bisa mencoba charger milik orang lain untuk memastikan milikmu rusak. Apabila ponsel dapat terisi , itu berarti Kamu perlu membeli charger yang baru.

Kerusakan pada kabel data charger seringkali terjadi karena salah saat menggulungnya. Kesalahan saat menggulung dapat menyebabkan kabel data tertekuk, atau putus. Oleh karena itulah, gulung kabel data charger secara perlahan sebanyak 3 atau 4 lilitan, kemudian selipkan ujungnya ke loop.

Cek Adaptor Pada Charger

Selain kedua hal di atas, penyebab iPhone tidak dapat mengisi daya adalah adaptor charger yang rusak. Salah satu penyebab adaptor rusak adalah tidak melepas/mencabut charger dari stop kontak setelah menggunakannya.

Tanpa Kamu sadari, hal ini dapat mempengaruhi keawetan kabel maupun adaptor charger Kamu.

Melakukan Reset Factory

Saat beberapa cara di atas tidak berhasil, maka langkah terakhir untuk mengatasi iPhone tidak mau menyala adalah melakukan reset factory. Pastikan Kamu telah menyalin keseluruhan data yang terdapat di dalam ponsel.

Baca Juga  Mengenal APK Download Happymod yang Ada Tanda Petir

Bersihkan Port Charging Yang Terdapat Pada iPhone

Berikutnya adalah membersihkan port charging. Apabila cara-cara di atas belum berhasil, maka Kamu harus mengecek port charging. Besar kemungkinan ada debu yang menempel di dalam port, sehingga menghalangi masuknya arus listrik.

Namun, Kamu perlu berhati-hati saat membersihkannya. Ikuti panduan berikut agar tidak terjadi kesalahan yang lebih fatal.

  1. Ambil senter dan gunakan untuk memeriksa port charging
  2. Siapkan benda yang tajam, misalnya tusuk gigi atau jarum pentul
  3. Masukkan jarum pentul ke dalam port charging secara perlahan dan mulailah membersihkan kotoran yang menempel
  4. Cek kembali menggunakan senter, pastikan tidak ada sisa debu yang masih tertinggal

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Men-charger

Perlu Kamu ketahui, iPhone merupakan perangkat gadget dengan fitur canggih namun sulit mempertahankan keawetan baterai. Ada beberapa poin penting yang perlu Kamu perhatikan agar tidak terjadi kesalahan mencharge iPhone, seperti :

  • Hindari mencharge baterai sampai 100%. Ternyata mengisi daya hingga penuh tidak baik untuk ketahanan baterai iPhone Kamu. beberapa ahli menyarankan untuk mengisi daya ketika baterai 30% dan menghentikan pengisian saat mencapai 80%. Dengan cara ini iPhone menjadi lebih efisien.
  • Jangan membiarkan iPhone low baterai hingga kosong. Baterai iPhone yang dibiarkan sampai kosong akan membuat kualitas baterai menurun.
  • Kurangi penggunaan charger nirkabel / powerbank. Menggunakan powerbank dapat merusak perangkat iPhone Kamu dalam jangka panjang. Selain itu, iPhone juga menjadi lebih panas saat menggunakan powerbank.

 

Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara mengatasi iPhone tidak bisa dicharger. Kabu bisa menerapkan trik di atas sebelum memutuskan membeli iPhone yang baru. Patikan Kamu menggunakan iOs terbaru yang mendukung fitur pengisian daya optimal, sehingga baterai dapat lebih awet. Bagaimana? Semoga artikel ini membantu, ya.

Baca Juga  Ternyata Inilah Deretan Aplikasi Boros Baterai yang Harus Kamu Hindari

 

Artikel yang lain :

  1. Ternyata Mudah! Beginilah Cara Melacak HP Hilang
  2. Bisakah Cara Daftar Gojek Tanpa SKCK? Simak Ulasannya
  3. Mudah! Tenyata Begini Cara Daftar Gofood Tanpa NPWP!
  4. Mau Banjir Orderan? Coba Cara Bikin Akun Gojek Jadi Gacor, Yuk!
  5. Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
  6. Aplikasi Edit Video Terbaik di HP
  7. 6 Cara Menaikkan Subscriber Youtube
  8. Cek 5 Cara Menaikkan Jam Tayang Youtube
  9. Ingin Menaikkan Traffic Website? Coba 10 Cara Berikut Ini
  10. Daftar CPNS? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini Agar Lulus
  11. Daftar P3K Guru Kembali Dibuka Tahun 2022! Honorer Dihapuskan

About Bisril Hafiz

Check Also

Apk Penguat Sinyal Telkomsel Anti Lelet, Bebas Berselancar

Apk Penguat Sinyal Telkomsel Anti Lelet, Bebas Berselancar

bisril.info – Kini Anda bisa menggunakan apk penguat sinyal Telkomsel agar koneksi internet lancar tanpa …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x